BNI Perbankan

Bukti Transfer M Banking BNI Asli, Begini Cara Membedakannya!

November 21, 2023
0 Komentar
Beranda
BNI
Perbankan
Bukti Transfer M Banking BNI Asli, Begini Cara Membedakannya!

Hampir semua bank kini menawarkan berbagai macam cara yang memudahkan transaksi para nasabahnya. Termasuk Bank BNI sebagai salah satu Bank BUMN. Selain transaksi melalui teller atau ATM para nasabahnya juga bisa menggunakan m-banking BNI. Salah satu transaksi tersebut adalah transfer. Seiring berjalannya waktu, Anda harus bisa membedakan antara bukti transfer m banking BNI asli dengan palsu. 

Pasalnya para pelaku kejahatan akan tetap bisa mencari celah. Sekarang Sedang marak bukti transfer m-banking Yang dimanipulasi atau palsu. Jadi apabila Anda tidak mengetahuinya ada kemungkinan besar akan terkena penipuan. Oleh sebab itu ketahui terlebih dahulu cara untuk mengecek bukti transfer pada Mobile Banking dan tips membedakan antara yang asli dengan palsu.

Ciri-ciri Bukti Transfer M Banking BNI Asli dan Palsu

Untuk transaksi melalui mobile banking nantinya bukti transaksi tidak menggunakan struk atau kertas. Biasanya bukti ini berupa pemberitahuan melalui aplikasi. Untuk mencegah terjadinya penipuan sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu seperti apa ciri-ciri dari bukti transfer Mobile Banking BNI asli dan  palsu. Yuk simak beberapa ulasan terkait dengan ciri-ciri khusus bukti transfer BNI Mobile yang jarang diketahui!

1. Nomor Rekening dari Pihak Pengirim

Cara keaslian yang bisa digunakan untuk membuktikan apakah bukti transfer yang diberikan oleh orang lain kepada Anda itu asli atau bukan adalah dengan melihat nomor rekeningnya. Perlu diketahui bahwasanya nomor rekening yang tertera pada bukti transfer mobile banking dengan transfer lainnya berbeda. 

Pada umumnya nomor rekening dari mentransfer akan terlihat lengkap pada bukti pembayaran. Namun hal ini ternyata justru berbeda. Bukti transfer BNI palsu biasanya cenderung menuliskan nomor rekening pengirim secara lengkap. Padahal untuk transaksi asli nomor rekening dari pengirim tidak tertulis secara lengkap. Sangat jelas terlihat bukan perbedaannya?

Baca juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

2. Tata Letak Tulisannya

Cara kedua untuk membedakan antara bukti transfer asli dengan palsu adalah melihat tata letak tulisannya. Meskipun memang bisa dengan mudah dimanipulasi menggunakan berbagai macam aplikasi edit foto atau gambar tentunya tata letak tulisan akan berbeda. Bukti transfer palsu biasanya tata letaknya tidak rapi sedangkan yang asli selalu dalam keadaan rapi dan berada di bagian tengah. 

3. Jenis Huruf dan Ukuran yang Digunakan

Cara berikutnya adalah dengan melihat jenis huruf maupun ukuran yang digunakan dalam bukti transfer tersebut. Ketika dilihat secara singkat mungkin keduanya akan terlihat sama namun sebenarnya tetap ada sisi yang berbeda. Pada bukti transfer asli biasanya tulisan akan terlihat sangat jelas dan juga rapi dengan menggunakan jenis huruf maupun ukuran yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk bukti transfer palsu tulisannya ada bagian yang berbeda bahkan tidak terlihat jelas.

4. Nama Pengirim

Cara membedakan bukti transfer m banking BNI asli dan palsu adalah dengan melihat nama pengirim yang tertera. Sama halnya pada nomor rekening pengirim untuk nama pengirim pada bukti transfer yang asli akan ditulis tidak secara lengkap. Sedangkan untuk bukti transfer palsu akan ditulis lengkap. Bukti transfer asli pada nomor rekening ataupun nama biasanya akan diganti dengan simbol XXX  

Itu dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk membedakan antara bukti transfer pada Mobile Banking BNI yang asli dengan palsu. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut Anda akan terhindar dari penipuan. Sebab tidak dipungkiri saat ini banyak dilakukan berbagai macam transaksi secara online sehingga Anda harus selalu waspada. 

Baca juga: Pinjam Uang di Bank BRI Jaminan BPKB Motor

Cara Melihat Bukti Transfer M Banking BNI Asli dengan Mudah dan Cepat

Selain melihat dari beberapa ciri antara bukti transfer asli dan palsu yang ada di atas Anda juga bisa melakukan pengecekan bukti transfer tersebut melalui mutasi. Apabila ada mutasi masuk maka hal tersebut bisa dipastikan merupakan transfer asli. Namun apabila tidak ada maka perlu dicurigai. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk cek bukti transfer M Banking BNI. 

1. Cek Bukti Transfer Lewat BNI Mobile Banking

Siapapun nasabah yang menggunakan aplikasi layanan BNI mobile banking bisa dengan mudah melakukan pengecekan bukti transfer melalui aplikasi tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu datang jauh-jauh ke ATM hanya untuk mengecek transferan dari pengirim. Langsung saja berikut beberapa langkah-langkahnya: 

  • Membuka aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone 
  • Login dengan akun ada di aplikasi BNI Mobile Banking dengan cara memasukkan User ID serta mPIN BNI.
  • Jika sudah berhasil login, Anda bisa klik opsi menu ‘Pengaturan’ yang letaknya ada di bagian  bawah aplikasi.
  • Agar bisa melihat bukti transfer, pilih dan klik opsi menu ‘Bukti Transaksi’.
  • Akan ada beberapa kategori jenis transaksi yang akan seperti halnya Transfer, Blokir Saldo, Pembayaran, BNI Debit Online, dan Pembelian. Dikarenakan Anda ingin melihat bukti transfer, maka klik ops menui ‘Transfer’.
  • Pilih menu ‘Jangka Waktu atau Periode’. Apabila sudah memilih jangka waktu, maka selanjutnya Anda bisa melihat bukti transaksi yang ada maksimal selama 31 hari terakhir. Sedangkan, pada menu periode tersedia akan tersedia opsi pilihan mulai dari jangka waktu 1 bulan terakhir, 1 minggu, dan hari ini. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Klik ‘Lanjut’ lalu muncul Daftar Transaksi. Jika Anda ingin melihat rincian dari bukti transfer m banking maka  bisa klik salah satu transaksi.
  • Selesai, Anda bisa mengunduh bukti transfer dengan cepat yakni  tekan opsi ‘Download’, ‘Share’ maupun melakukan screenshot.

2. Cek Bukti Transfer BNI Mobile Lewat Email

Cara mudah lain untuk cek bukti transfer mobile banking yang dilakukan oleh pengirim adalah melalui bantuan email. Hanya saja opsi cara ini hanya dapat dilakukan apabila Anda atau para nasabah lain menautkan notifikasi aplikasi ke email pribadi. Cara mudah untuk melakukan cek bukti transfer melalui email ada di bawah ini: 

  • Buka email yang sudah terdaftar dengan layanan BNI Mobile.
  • Klik di kolom pencarian bagian atas.
  • Cari menggunakan kata kunci ‘transaksi BNI Mobile’, atau cari secara manual dari  tanggal transaksi.
  • Jika sudah, maka bisa screenshot bukti transfer.

3. Cek Bukti Transfer BNI Mobile Lewat ATM

Apabila Anda tidak menggunakan layanan mobile banking maka cara yang bisa dilakukan untuk mengecek Apakah sudah terjadi transaksi transfer ke rekening atau belum adalah dengan pergi ke ATM. Cara cek bukti transfer BNI adalah dengan munjungi ATM terdekat yang ada di lokasi Anda. Kemudian lakukan cek mutasi rekening seperti biasanya. Apabila ada transferan masuk maka bukti transfer yang dikirimkan oleh pengirim tidaklah palsu. Begitu juga sebaliknya. 

Di era yang semakin canggih seperti saat ini tentunya celah untuk melakukan penipuan juga akan semakin terbuka lebar. Hal ini termasuk juga dengan melakukan penipuan melalui pemalsuan bukti transfer m banking BNI. Oleh sebab itu gunakan beberapa penjelasan di atas untuk membedakan antara bukti transfer m banking BNI asli dengan palsu. 

Tidak ada komentar