BRI Perbankan

3 Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Lewat ATM, HP dan Bank

Oktober 04, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
3 Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI Lewat ATM, HP dan Bank

Sebagai salah satu Bank BUMN terpercaya Bank BRI selalu memprioritaskan loyalitas para nasabahnya. Termasuk untuk kemudahan dalam berbagai macam transaksi. Selain bisa bertransaksi dengan aplikasi Brimo transfer uang juga dapat dilakukan dengan mudah melalui SMS Banking. Namun kadang nomor sudah tidak aktif lagi sehingga butuh cara menonaktifkan SMS Banking BRI. 

Nomor yang tidak aktif apabila tidak segera diperbaharui lebih rentan keamanannya. Sehingga apabila Anda mengalami masalah yang sama maka bisa segera mengganti nomor tersebut. Baik lewat CS dengan datang langsung ke Kantor BRI terdekat atau cara lainnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, banyak juga yang keberatan dengan biaya per sms sehingga menonaktifkannya. 

Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya meskipun SMS banking mendukung berbagai macam layanan serta kemudahan. Ada beberapa orang yang merasa keberatan dengan biaya SMS tersebut. Oleh sebab itu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkan layanan SMS untuk Banking BRI. Caranya juga cukup simpel berikut ada beberapa tutorial atau panduannya!

1. Menonaktifkan SMS Banking BRI lewat ATM

Siapa sangka ternyata menonaktifkan SMS banking BRI bisa dilakukan melalui ATM terdekat. Selain proses registrasi SMS banking melalui ATM Anda juga bisa dengan mudah menonaktifkan layanan tersebut. Caranya sangat mudah anda hanya perlu mengganti nomor ponsel melalui ATM. 

Daripada harus pergi ke kantor BRI terdekat cara ini tentu akan terasa lebih mudah. Sebagai panduan lengkapnya Anda bisa mengikuti beberapa tahapan cara menonaktifkan SMS Banking BRI di ATM yang ada di bawah ini:

  • Pergi ke ATM BRI yang terdekat dengan lokasi anda
  • Masukkan kartu ATM BRI yang hendak dinonaktifkan SMS bankingnya ke mesin ATM
  • Pilih bahasa yang digunakan bisa dengan bahasa Indonesia
  • Lanjutkan dengan memasukkan pin dari ATM BRI Anda
  • Pada menu halaman pertama Anda bisa memilih opsi transaksi lain
  • Lanjut dengan klik lainnya
  • Kemudian pilih menu registrasi
  • Pilih opsi SMS banking atau Mobile Banking
  • Pilih opsi hentikan
  • Segera masukkan PIN SMS banking yang Anda miliki

Penonaktifan fitur SMS banking akan segera diproses apabila sudah selesai maka akan muncul informasi pada layar mesin ATM.

Baca juga: Saldo Minimal BRI

2. Menonaktifkan SMS Banking BRI Melalui HP

Sesuai dengan namanya, cara menonaktifkan sms banking yang kedua ini bisa dengan mudah dilakukan dengan HP atau ponsel. Bahkan cara tersebut termasuk mudah dan sangat praktis, karena bisa dilakukan kapan saja serta di mana saja Anda berada. Anda hanya perlu menghubungi pihak call center, lalu sampaikan maksud untuk menonaktifkan layanan SMS banking BRI 

Anda jadi lebih efisien karena tidak perlu repot-repot pergi ke Kantor Bank BRI terdekat atau ke lokasi ATM hanya untuk menghentikan layanan SMS Banking saja. Terlebih lagi jika lokasi Anda dengan Bank BRI atau ATM tergolong cukup jauh atau ada beberapa halangan yang tidak memungkinkan. Di bawah ini ada beberapa langkah mudah dan  lengkap cara menonaktifkan SMS Banking BRI di HP.

  • Menyiapkan nomor rekening BRI yang Anda miliki untuk dimatikan layanan SMS Bankingnya
  • Membuka menu panggilan atau telepon pada ponsel
  • Menghubungi pihak call center BRI di nomor 14017 atau 1500017
  • Tunggu beberapa saat lalu ikuti instruksi yang diberikan oleh mesin penjawab untuk panggilan secara otomatis.
  • Memilih opsi berbicara secara  langsung dengan pihak CS
  • Menjelaskan keperluan atau keinginan Anda untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BRI kepada CS.
  • Berikan data yang diminta seperti nomor rekening, nomor ponsel terdaftar, dan beberapa syarat lainnya
  • Mengikuti arahan selanjutnya hingga pihak CS mengonfirmasi proses penonaktifan layanan

Walaupun pada dasarnya memang terkesan sangat praktis, ternyata cara ini memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah Anda harus menyediakan pulsa untuk layanan telepon call center. Bahkan jumlahnya bisa dibilang cukup lumayan yakni berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 untuk telepon CS. 

Namun sebenarnya hal tersebut sebanding dengan ongkos apabila Anda harus keluar rumah untuk mengurusnya. JIka memang Anda tidak memiliki pulsa maka pastikan terlebih dulu sebelum telepon call center BRI pulsa pada ponsel sudah terisi. Selain itu pastikan juga jika jumlahnya lebih dari kisaran yang telah disebutkan tadi. 

Jadi, kalau kamu rela mengeluarkan pulsa karena tidak ingin ke luar rumah, cara ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, kalau kamu sedang tidak punya pulsa, Jaka sarankan kamu menggunakan cara-cara selanjutnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Mengetahui User ID Brimo

3. Stop Layanan SMS Banking Lewat Bagian CS di Bank

Cara yang ketiga ini akan menjawab pertanyaan Anda yaitu bagaimana cara menonaktifkan SMS Banking BRI ke CS langsung? Mendatangi Kantor BRI terdekat dan meminta bantuan dari CS adalah opsi terbaik bagi Anda yang tidak ingin ribet dan mendapatkan solusi praktis. Selain itu bagi Anda yang punya cukup banyak waktu, tepat juga jika memilih opsi tersebut. 

Cara ini termasuk yang disarankan untuk mendapatkan jawaban resmi dari pihak BRI. Tidak dipungkiri kadang ada banyak nasabah yang tidak begitu paham teknologi sehingga memilih datang langsung memenuhi CS BRI di kantor terdekat. 

Apabila ingin melakukan pemberhentian atau menonaktifkan fitur layanan SMS Banking BRI dengan CS dan mendatangi kantor bank BRI terdekat, maka ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Seperti menyiapkan beberapa macam jenis dokumen sebagai persyaratan yang akan diminta oleh CS Bank BRI. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan antara lain adalah: 

  • Buku tabungan yang mana sudah terdaftar untuk layanan SMS Banking BRI
  • Kartu ATM yang mana sudah terdaftar dengan layanan SMS Banking BRI
  • Kartu Tanda penduduk atau KTP Asli pemilik rekening

Apabila semua dokumen persyaratan sudah siap, maka selanjutnya Anda bisa berkunjung ke Kantor Unit atau Cabang Bank BRI terdekat. Sesampainya di Kantor Bank BRI Anda bisa mengikuti beberapa cara atau tahapan yang akan dijelaskan di bawah ini: 

  • Pergi ke kantor Unit atau Cabang Bank BRI terdekat
  • Mengambil nomor antrian untuk customer service (CS), jangan sampai Anda mengambil antrian teller ya
  • Antre serta tunggu hingga nomor CS yang Anda dapatkan dipanggil.
  • Jelaskan maksud tujuan datang ke Kantor Bank BRI adalah untuk menonaktifkan fitur layanan SMS Banking BRI ke bagian CS.
  • Mengisi form yang telah diberikan oleh petugas CS.
  • Menyerahkan form yang sudah Anda isi ke petugas CS Bank BRI
  • Tunggu sebentar bagian CS BRI selanjutnya akan memproses permintaan 

Itu dia beberapa cara menonaktifkan SMS Banking BRI yang bisa Anda gunakan sebagai opsi terbaik. Anda juga sudah mendapatkan jawaban dari pertanyaan, bagaimana cara menonaktifkan SMS Banking BRI lewat HP bukan? Silahkan pilih opsi cara yang dirasa paling mudah dan efisien sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar