BRI Perbankan

Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 Ribu Apa Bisa Diambil? Simak Ketentuannya

November 12, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 Ribu Apa Bisa Diambil? Simak Ketentuannya

Anda Pengguna BRI? Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 ribu apa bisa diambil? Hal tersebut seringkali jadi pertanyaan nasabah BRI. Tak jarang, nasabah ingin mengambil uang dari ATM hingga nominal sekecil mungkin atau batas minimal.

Namun, sisa saldo yang kecil kemungkinan tidak bisa ditarik mengingat tidak ada mesin ATM yang menyediakan hingga pecahan uang dibawah 50 ribu rupiah. Selain itu, bukan hanya BRI, tetapi semua bank punya kebijakan terkait aturan dalam pembuatan rekening. 

Sejak rekening dibuka, nasabah telah menyepakati beberapa hal, seperti jumlah setoran awal, biaya administrasi per bulan, limit transaksi, termasuk saldo minimal yang tersimpan. Oleh karena itu, pada nominal tertentu, uang bisa diambil dan tidak bisa diambil, berikut penjelasan lengkapnya. 

Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 Ribu Apa Bisa Diambil?

ATM BRI memiliki beberapa jenis, yaitu BRI Simpedes, BritAma, BritAma X, BritAma Bisnis. BRI Junio, BRI Simpel, TabunganKu, dan Simpedes TKI. Masing-masing tipe ATM BRI tersebut memiliki saldo minimal yang harus tersimpan. 

Saldo minimal artinya jumlah nominal yang harus ada di dalam rekening nasabah guna mendapatkan keuntungan dan pelayanan tertentu dimana hal tersebut menjadi kebijakan bank. Saldo minimal tersebut berpengaruh pada berapa nominal yang bisa Anda ambil dari ATM. 

Sementara itu, saldo minimal yang ditetapkan BRI bermacam-macam sesuai jenisnya, yaitu antara 10 ribu hingga 50 ribu. Jadi, saldo BRI tidak bisa diambil jika kurang dari saldo minimal. Berikut rincian saldo minimal dari beberapa jenis BRI.

  • BRI Simpedes : Rp50.000
  • BRI SImpedes TKI : Rp10.000
  • BRI Bisnis : Rp50.000
  • BriTama         : Rp50.000
  • BRI Junio : Rp50.000

Jadi, khusus untuk BRI Simpedes TKI, uang tidak bisa diambil melalui ATM karena tidak ada ATM yang menyediakan pecahan uang dibawah 50 ribu, tetapi saldo tersebut masih bisa digunakan hingga mencapai saldo minimal 10 ribu rupiah, dengan cara transaksi online, misal beli pulsa.

Tips Ambil Uang Hingga Saldo Minimal di ATM

Cara mengambil uang 50 ribu di ATM BRI mungkin mustahil. Namun, Anda masih bisa mengambil untuk nominal 60, 70, 80, atau 90 ribu dari ATM. Oleh karena itu, bisa mencoba cara berikut untuk mengambil uang hingga mencapai saldo minimal.

Prinsipnya adalah Anda perlu menambah saldo di ATM hingga Anda bisa menarik sisa saldo terkecuali dari saldo minimal di ATM. Jadi, misal sisa saldo 75 ribu rupiah, maka Anda bisa pinjam uang dengan cara transfer 25 ribu rupiah dari sesama rekening BRI..

Dengan begitu, saldo Anda akan menjadi Rp100.000, kemudian Anda bisa mengambil 50 ribu rupiah pada ATM BRI yang menyediakan pecahan 50 ribu sehingga Anda berhasil mendapat uang Anda hingga saldo minimal.

JIka tidak ada ATM BRI terdekat yang menggunakan pecahan 50 ribu rupiah, maka pada contoh tersebut, Anda bisa transfer 75 ribu agar saldo bisa ditarik. Jadi, cukup pinjam dengan cara transfer dari sesama nasabah BRI ke rekening Anda, kemudian tarik saldo hingga menyisakan saldo minimal. 

Baca juga: Bank BRI Tutup Jam Berapa?

Contoh Cara Ambil Uang 90 ribu pada ATM BRI

Jika Anda ingin mengambil uang 90 ribu, maka yang bisa Anda ambil hanya 40 ribu rupiah saja karena ada saldo minimal 50 ribu. 40 ribu tersebut masih bisa Anda gunakan untuk transfer atau melakukan pembayaran online. Apabila ingin menjadi uang tunai, caranya yaitu:

  1. Transfer uang 10 ribu atau 60 ribu rupiah ke nomor rekening BRI Anda.
  2. Pilih transfer 10 ribu jika Anda hendak mengambil uang pada ATM BRI pecahan 50 ribu rupiah. Namun, jika hendak mengambil pada ATM pecahan 100 ribu, maka transfer sejumlah 60 ribu rupiah. 
  3. Proses pengambilan uang tetap sama seperti pada umumnya, yaitu memasukkan kartu ATM, memasukkan PIN dan tarik tunai sejumlah 50 atau 100 ribu rupiah sehingga tersisa saldo minimal di ATM BRI. 

Ambil Saldo ATM BRI, 60, 70, 80, 90, Melalui Orang Lain

Meminta bantuan orang lain merupakan cara kedua yang lebih praktis untuk Anda lakukan. Kini sudah banyak orang yang menggunakan pembayaran atau dompet digital, seperti Dana, ShopeePay, Gopay, Ovo, dan lain sebagainya. 

Jadi, Anda bisa melakukan pengisian saldo dompet digital orang lain, kemudian ditukar dengan uang tunai sesuai nominal yang Anda transfer. Cara ini akan ada tambahan atau potongan biaya admin, contoh dari BRI ke OVO atau ShopeePay akan ada biaya admin Rp1000 dan Rp500 untuk OVO.

Namun, dibandingkan cara pertama atau transfer uang antar BRI, cara ini lebih mudah, selain biaya adminnya relatif kecil, Anda juga tidak perlu datang ke ATM. Anda bisa transfer dan mendapat uang tunai 10, 20, 30, atau 40 ribu rupiah dengan lebih mudah dan cepat. 

Baca juga: Cara Penyelesaian Kredit Macet Bank BRI

Kaitan Saldo Minimal dengan Transfer atau Tutup Rekening

Dengan cara transfer atau tutup rekening, saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 ribu apa bisa diambil? Kini banyak e-money atau dompet digital yang bisa diisi saldo melalui transfer bank, lantas apakah saldo minimal masih bisa digunakan?

Saldo minimal tidak bisa transfer melalui ATM. Namun, bisa Anda transfer menggunakan Mobile Banking BRImo. Misal dari 70 ribu, transfer 50 ribu sehingga sisa saldo minimal 30 ribu. Namun, apabila saldo minimal dibawah  50 ribu maka ada denda Rp5000 untuk pengguna BRI Simpedes. 

Selain transfer, apabila Anda berniat tutup rekening. Namun, tutup rekening juga butuh biaya sehingga percuma, saldo minimal Anda tidak akan bisa Anda ambil. Berikut biaya untuk tutup rekening.

  • BRI Bisnis : Rp100.000
  • BRI Simpedes TKI : Rp25.000
  • BriTama             : Rp50.000

BRI Junio dan Simpedes, Minimal 25 ribu Bisa Diambil

BRI Junio dan Simpedes memiliki saldo minimal 50 ribu namun keduanya memiliki biaya penutupan 25 ribu rupiah, sehingga jika Anda memutuskan untuk menutup rekening, Anda bisa dapat saldo minimal 25 ribu Anda. 

BRI Junio merupakan salah satu tipe ATM BRI khusus anak-anak mulai usia 12 hingga 17 tahun. Jenis ATM ini juga terhubung dengan orang tua atau wali, sehingga untuk penutupan akun butuh perwakilan orang tua atau data-data tertentu. 

Baca juga: Cara Mengetahui User ID Brimo

Apa yang Terjadi Ketika Saldo Dibawah Saldo Minimal?

Saldo ATM akan terus terpotong dengan biaya admin per bulan, jadi ketika saldo Anda dibawah saldo minimal maka akan terpotong denda sekaligus admin. Jika saldo di ATM terus dibawah saldo minimal dan tidak ada transaksi dalam kurun waktu tertentu maka rekening otomatis mati. 

Sistem transaksi yang terjadi menggunakan ATM BRI sesuai dengan kebijakan BRI. Apabila ada kendala terkait penarikan menggunakan ATM BRI, segera hubungi call center BRI melalui nomor 1500 017 atau melalui email callbri@bri.co.id.


Jadi, terkait saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 ribu apa bisa diambil? Bisa, dengan catatan menambah nominal sehingga bisa diambil jumlah minimal di ATM pecahan 50 ribu atau 100 ribu rupiah, serta pada ATM masih tersisa saldo minimal. 

Tidak ada komentar