BRI Perbankan

3 Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank dengan Mudah

November 17, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
3 Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank dengan Mudah

Anda pelaku nasabah Bank BRI yang mengalami kendala ATM terblokir? Jangan panik dan jangan cemas, sebab ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, bahkan tanpa harus mengunjungi kantor bank. mengenai Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank bisa disimak di bawah ini.

Apa Penyebab ATM Terblokir?

Sudah sepatutnya sebagai nasabah Bank maupun pengguna ATM untuk mengetahui perihal penyebab ATM terblokir, yang mana penyebab-penyebabnya ialah sebagai berikut:

1. Kesalahan Memasukan PIN ATM

Penyebab paling umum dari adanya ATM yang terblokir ialah kesalahan memasukan data terutama PIN ATM itu sendiri.

Saat Anda memasukan data atau PIN ATM dengan secara berulang dan salah, ini akan membuat pihak Bank untuk memblokir kartu ATM yang Anda gunakan. Setidaknya setelah melakukan 3 kali percobaan dan gagal, bank secara otomatis akan memblokir penggunaan kartu dengan sementara waktu.

2. Penggunaan ATM di Lokasi Berbeda

Penyebab yang biasanya terjadi ketika ATM Anda terblokir ialah adanya penggunaan ATM di lokasi yang berbeda. Semisalnya Anda menggunakannya di Negara Indonesia, tiba-tiba digunakan saat berada di luar negeri. Maka ini akan membuat Bank secara otomatis memblokir ATM, sebab dianggap sebagai aktivitas pencurian yang dicurigai oleh bank.

3. Kesalahan Teknis

Penyebab lain yang membuat ATM terblokir ialah adanya kesalahan teknis dari pihak Bank itu sendiri. Hal ini terjadi saat mengalami peningkatan sistem pembayaran yang canggih.

Semisalnya saat Anda melakukan transaksi belanja di tempat yang belum memperbarui sistem atau mungkin terdapat adanya kesalahan teknis dari pihak bank.

Baca juga: Pinjam Uang di Bank BRI Jaminan BPKB Motor

4. Kegiatan Pembelian yang Jarang

Ketika Anda jarang bahkan tidak pernah melakukan aktivitas transaksi belanja dengan nilai yang dianggap jarang, maka saat melakukan transaksi tersebut biasanya bank akan memblokirnya kartu Anda. hal ini karena Bank menilai adanya aktivitas yang tidak biasa.

5. Perubahan Kebijakan Bank

Seperti yang kita ketahui bahwasannya, bank selalu melakukan perubahan kebijakan mengenai syarat dan ketentuan dari waktu ke waktu. Biasanya perubahan ini akan diberitahukan kepada pengguna melalui kontaknya semisalnya email, nomor telepon atau situs web.

Salah satu perubahan yang biasa dilakukan oleh Bank ialah memblokir kartu ATM yang digunakan oleh nasabahnya, sebab adanya aturan syarat dan ketentuan ini.

Demikianlah sejumlah penyebab yang membuat ATM BRI Anda terblokir. Namun, jika ATM terlanjur telah terblokir, Anda tidak perlu khawatir sebab ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ATM BRI.

Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan ATM BRI yang terblokir tanpa harus mengantri di kantor bank. Mau tahu apa saja caranya? Berikut ini sejumlah daftar metode caranya:

1. Melalui Layanan SMS Banking BRI

Cara pertama yang dapat Anda pergunakan untuk mengatasi ATM terblokir ialah dengan SMS Banking BRI. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang belum/sudah terdaftar di M-Banking. Cara melakukannya pun sangat mudah, selayaknya melakukan SMS biasa dengan mengisi format yang ada.

Adapun langkah-langkah menggunakan layanan SMS Banking BRI untuk menyelesaikan ATM BRI yang terblokir ialah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan buka aplikasi SMS di perangkat Anda.
  • Kemudian buat pesan baru untuk dikirimkan ke 3300, yang mana isi pesan yang harus dibuat ialah format: HEL<spasi>KARTU<spasi>ON<spasi>PIN SMS BANKING.
  • Setelah mengirim pesan tersebut, Anda cukup menunggu pemberitahuan dari pihak bank.
  • Jika terdapat notif yang menyatakan ATM Anda berhasil kembali diaktifkan, maka ATOM tersebut dapat Anda pergunakan kembali.

Langkah-langkah cara mengatasi atm BRI terblokir tanpa harus ke bank di atas, sangat mudah untuk Anda lakukan bukan?

Baca juga: Cara Menonaktifkan SMS Banking BRI

2. Menggunakan Layanan Internet Banking

Selanjutnya cara atasi ATM BRI terblokir ialah dengan menggunakan layanan internet Banking. Di mana cara untuk melakukannya ialah dengan sejumlah langkah di bawah ini:

  • Pertama silahkan buka layanan internet banking BRI di perangkat Anda melalui browser atau dengan mengklik link https://ib.bri.co.id.
  •  Setelah laman beranda internet terbuka, lakukan login terlebih dahulu ke akun internet banking dengan memasukan User ID dan password yang Anda miliki.
  • Setelah berada di beranda akun Internet Banking, beralihlah ke laman menu Pelayanan Nasabah.
  • Kemudian klik opsi menu  ‘Enable/Disable Kartu’
  • Selanjutnya silahkan ketikkan password internet banking, lalu tekan OKE.
  • Silahkan tunggu hingga informasi proses blokir ATM terbuka.

Jika di atas melalui browser, maka Anda bisa melakukannya langsung di aplikasi internet banking dengan cara yang tidak jauh berbeda. namun, untuk melakukannya langsung di aplikasi, maka Anda harus mengunduh aplikasi internet banking terlebih dahulu dan barulah melakukan sejumlah langkah di atas.

Itulah sejumlah langkah cara mengatasi pin atm bri terblokir tanpa ke bank tentunya hanya bermodalkan internet Anda sudah bisa memproses unblokir ATM yang terblokir.

3. Menggunakan Layanan Mobile Banking

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ATM BRI terblokir ialah dengan menggunakan layanan Mobile Banking.  Dengan cara ini tentunya Anda harus mengaktifkan layanan BRI Mobile terlebih dahulu, ya.

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ATM terblokir dengan layanan M-Banking ialah berikut ini:

  • Silahkan buka aplikasi layanan Mobile Banking dan lakukan login ke akun Anda.
  • Kemudian lakukan login dengan mengetikkan User ID beserta password yang dimiliki.
  • Selanjutnya pilih menu Pelayanan Nasabah dan pilih opsi menu Enable/Disable
  • Kemudian proses terakhir untuk menyelesaikan ATM terblokir ialah mengetikkan PIN BRI Mobile dan tekan tombol Kirim.
  • Silahkan tunggu notifikasi atau pemberitahuan berupa SMS mengenai keberhasilan pembukaan blokir ATM Anda.

Demikianlah sejumlah langkah menyelesaikan ATM terblokir. Dengan langkah-langkah tersebut, Anda bisa mengembalikan fungsi ATM.

Demikianlah penjelasan metode dalam menyelesaikan ATM BRI yang terblokir. Dengan metode-metode di atas, Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Baca juga: Saldo Minimal BRI

Bagaimana Ciri-Ciri ATM Terblokir?

Setelah mengetahui penjelasan penyebab dan cara atasi ATM yang terblokir, Anda pun perlu tahu bagaimana ciri-ciri yang terjadi pada ATM yang terblokir, antaranya ialah sebagai berikut:

  • Segala jenis transaksi yang dilakukan tidak dapat Anda lakukan melalui mesin ATM.
  • Saat ATM terblokir, maka Anda akan ditolak saat melakukan transaksi di mesin ATM.
  • Ciri selanjutnya dari adanya ATM yang terblokir ialah layar ATM yang menampilkan tulisan penolakan yang menjelaskan ATM milik Anda terblokir, semisalnya:
  • Kartu ATM Anda Ditolak
  • Silakan Hubungi Call Center
  • Anda Telah 3X Salah PIN,
  • Salah PIN Sudah Melampaui Batas Silahkan Mengambil Kartu Kalian, atau
  • Transaksi Tidak berhasil

Demikianlah ciri-ciri dari tanda ATM BRI Anda terblokir. Setelah melihat ciri-ciri tersebut terjadi pada ATM Anda, maka segeralah lakukan perbaikan dan menyelesaikan masalah ATM terblokir tersebut. Tentunya dengan Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank di atas, Anda bisa menyelesaikannya.

Tidak ada komentar