BRI Perbankan

Minimal Saldo BRI untuk Tarik Tunai Berapa? Ini Jawabannya!

November 22, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Minimal Saldo BRI untuk Tarik Tunai Berapa? Ini Jawabannya!

Tarik tunai dari ATM adalah salah satu hal yang sangat biasa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi jika Anda memiliki rekening di BRI yang tersebar di mana-mana. Lantas, berapakah minimal saldo BRI untuk tarik tunai yang bisa Anda lakukan?

Berikut adalah beberapa informasi tentang BRI yang Anda harus ketahui.

Mengenal Bank Rakyat Indonesia (BRI)

BRI adalah salah satu bank dengan pengguna paling banyak di Indonesia. Siapa yang tidak mengenal BRI?

BRI adalah salah satu badan usaha milik negara Indonesia yang memiliki kepanjangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. BRI merupakan salah satu lembaga keuangan milik negara dengan pengguna paling banyak di Indonesia.

Saat ini BRI sudah memiliki hampir 450 unit cabang dan hampir 14.000 unit ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, BRI juga memiliki beberapa kantor cabang di kota di negara lain seperti New York, Hongkong, Singapura, Taiwan, dan beberapa kota lain.

Sebagai salah satu bank yang sudah berdiri sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, BRI berkomitmen untuk memberikan berbagai layanan perbankan kepada masyarakat mulai dari deposito, kredit, layanan investasi, layanan digital dan tentunya tabungan.

Baca juga: Agen BRILink Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

Cara Tarik Tunai

Bagi Anda yang sudah memiliki rekening di suatu bank, tarik tunai adalah suatu kegiatan yang mungkin sangat sering Anda lakukan.

Tarik tunai adalah transaksi yang dilakukan oleh nasabah suatu bank di mana melakukan pengambilan atau penarikan sejumlah uang dari rekening tabungan maupun giro melalui suatu mesin yang dinamakan ATM.

Mesin ATM ini bisa memberikan layanan untuk nasabah satu ataupun beberapa bank agar transaksi menjadi lebih mudah. Berikut adalah cara tarik tunai dari ATM BRI.

  1. Masukkan kartu ATM. Anda bisa menyesuaikan untuk menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.
  2. Masukkan 6 digit PIN rahasia yang sudah dimiliki.
  3. Pastikan Anda memiliki saldo di rekening lebih dari saldo minimal yang sudah ditentukan dari pihak bank.
  4. Anda bisa langsung memilih jumlah uang yang akan ditarik. Jumlah ini bervariasi tergantung dengan jenis ATM. Mulai dari rp50.000 hingga jutaan.
  5. Anda bisa memilih untuk mengambil uang dari rekening tabungan maupun giro.
  6. Pastikan semua tahapan tersebut benar-benar dilakukan dan transaksi akan diproses.
  7. Tunggu hingga uang Anda keluar dari mesin ATM.
  8. Jangan lupa untuk mengecek kembali kartu ATM yang telah ada masukan dan struk yang biasanya keluar dari mesin ATM.

Berapa jumlah maksimal uang yang bisa Anda tarik? Tentunya hal ini berkaitan dengan aturan masing-masing bank. Namun, untuk BRI limit tarik tunai di ATM itu mulai dari 10 juta hingga 20 juta per hari. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda harus memiliki sejumlah uang sebagai minimal saldo BRI untuk bisa tarik tunai agar bisa terjadi. Berikut adalah beberapa informasi terkait saldo minimal tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

Minimal Saldo BRI untuk Tarik Tunai

Setelah mengetahui tentang jumlah maksimal yang Anda bisa tarik dalam satu hari, Anda juga harus mengetahui bahwa setiap rekening itu memiliki saldo minimal. Apa itu saldo minimal? Dan berapa minimal saldo BRI untuk tarik tunai?

Saldo minimal dalam rekening adalah jumlah uang mengendap yang harus Anda letakkan dalam rekening agar rekening tersebut tetap aktif dan tidak dinonaktifkan dari pihak bank. Anda harus paham mengenai saldo minimal ini agar memiliki pedoman untuk batas maksimal pengambilan uang saat tarik tunai.

Tentunya setiap bank pasti memiliki aturan masing-masing terkait dengan saldo mengendap ini, termasuk Bank rakyat Indonesia. BRI juga merupakan salah satu bank yang menerapkan kebijakan saldo mengendap pada berbagai jenis rekening tabungan yang mereka tawarkan.

1. Simpedes

Yang pertama adalah Simpedes. Rekening Simpedes adalah rekening dengan biaya administrasi yang relatif murah namun dengan layanan lengkap yang difasilitasi oleh BRI. 

Anda hanya perlu memberikan setoran awal sebesar Rp100.000 dan memiliki saldo minimal Rp50.000 setiap bulannya agar rekening ini tetap aktif. Namun, Anda akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp7.000 setiap bulannya.

2. Britama

Britama adalah jenis rekening yang paling banyak digunakan oleh nasabah BRI. Dengan setoran awal Rp250.000 saja Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas yang lengkap seperti internet banking mobile banking SMS banking serta akses jaringan ATM bersama.

Britama memiliki berbagai jenis tabungan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan seperti Britama bisnis yang cocok untuk pemilik usaha, Britama X yang cocok untuk kawula muda, serta berita merencana yang cocok untuk investasi.

Untuk berbagai jenis rekening Britama ini, Anda hanya memerlukan saldo minimal Rp50.000 di rekening Anda agar rekening ini tetap aktif.

Baca juga: Apakah Saldo BRI Bisa 0? Ini Ketentuan Pengambilannya

3. TabunganKu

Tabunganku adalah jenis rekening tabungan yang paling sederhana yang memang dibuat untuk menjadi rekening tabungan. Tabungan ini bisa dibuka dengan saldo minimal Rp20.000 saja dan Anda akan mendapatkan fasilitas buku tabungan serta kartu ATM.

Sayangnya, Anda tidak dapat menggunakan fasilitas mobile banking dan internet banking untuk jenis rekening ini.

4. BRI Junio

Seperti namanya, rekening ini diperuntukkan untuk adik-adik yang ingin belajar untuk menabung atau mengatur keuangan sejak dini. BRI Junio memberikan kemudahan bagi anak-anak yang bisa digunakan hingga usia maksimal 25 tahun.

Sesuai dengan penggunaannya, rekening ini juga memberikan fasilitas seperti buku rekening dan juga ATM yang lebih colorful dan menarik perhatian. Saldo minimal untuk jenis rekening ini adalah sebesar Rp50.000 saja.

Sekali lagi, Anda harus memiliki sejumlah uang sebagai minimal saldo BRI untuk tarik tunai dan menjaga agar rekening tetap aktif. Hal ini perlu diperhatikan juga agar jumlah uang yang ingin kita tarik tunai dari rekening harus disisakan.

Tidak ada komentar