BRI Perbankan

Apakah Saldo BRI Bisa 0? Ini Ketentuan Pengambilannya

November 14, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Apakah Saldo BRI Bisa 0? Ini Ketentuan Pengambilannya

Banyak nasabah Bank BRI yang mungkin bertanya-tanya, apakah saldo BRI bisa 0? Pada tahap  inipun, apakah rekening Bank BRI masih bisa digunakan untuk transaksi. Jawaban dari pertanyaan ini harus dilihat dari jenis dari tabungan BRI yang dimiliki nasabah. 

Karena ternyata, setiap jenis rekening dari Bank BRI memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Sebagai, salah satu bank yang banyak digunakan di Indonesia. Bahkan, merupakan bank yang bisa menjangkau daerah pelosok Indonesia. 

Penting bagi nasabah untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini. Selain itu, untuk mengetahui ketentuan pengambilan masing-masing jenis rekening BRI. Dengan begitu, nasabah bisa lebih lancar dan mudah bertransaksi. 

Ketentuan Endapan Saldo di Bank BRI 

Sebelum menjawab apakah saldo BRI bisa 0, penting bagi para nasabah untuk mengetahui ketentuan endapan saldo di Bank BRI. Seperti yang disebutkan sebelumnya, masing-masing jenis rekening Bank BRI memiliki ketentuan yang berbeda. 

Termasuk, ketentuan endapan saldo di Bank BRI. Berikut adalah ketentuan saldo endapan jika dilihat dari jenis rekening Bank BRI: 

  • Simpedes BRI : Rp25.000
  • Simpedes TKI : Rp10.000
  • Britama X : Rp50.000
  • Britama : Rp50.000

Para nasabah bisa menyesuaikan dengan jenis rekening BRI yang dimiliki. Maka, ketentuan itulah yang akan diikuti. 

Apakah Saldo BRI Bisa 0 ?

Jadi, apa bisa nasabah Bank BRI mengambil uang di rekeningnya sampai 0 atau akhirnya mengambil semua uang di tabungannya. Jika dilihat dari ketentuan endapan saldo yang dibahas sebelumnya. Maka, bisa dikatakan bahwa para nasabah tidak bisa membiarkan saldo BRI sampai 0. 

Jika ingin rekening yang digunakan tetap aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi. Para nasabah harus menjaga ketentuan minimal endapannya. Jika sudah mencapai batas saldo endapan, maka saldo tidak bisa diambil lagi. 

Misalnya, jika para nasabah memiliki rekening jenis Britama. Maka, jika saldo sudah Rp50.000, maka saldo tidak bisa diambil lagi. 

Baca juga: Saldo ATM BRI 50, 60, 70, 80, 90 Ribu Apa Bisa Diambil?

Cara Ambil Uang dari Bank BRI yang Mencapai Limit 

Jawaban dari pertanyaan apakah saldo BRI bisa 0, memang tidak bisa. Namun, bukan berarti para pemilik rekening tidak bisa mengambil uangnya di Bank BRI. Jika para nasabah mendapatkan saldo di rekening BRI sangat limit. 

Berikut adalah beberapa alternatif cara yang mungkin bisa dilakukan. Jadi, saldo yang ada di rekening Bank BRI tetap bisa diambil. 

1. Transfer Saldo BRI Ke Rekening BRI Teman 

Karena sudah limit para nasabah tidak bisa mengambil saldo di rekening. Namun, bukan berarti para nasabah tidak bisa melakukan transaksi yang lainnya. Para nasabah masih bisa melakukan transaksi lain seperti transfer. 

Karena itu, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mentransfer saldo yang diinginkan dengan rekening BRI teman. Pastikan rekening BRI yang menjadi tujuan transfer adalah milik teman yang terpercaya sehingga tidak ada masalah ketika mengambilnya. 

Tidak hanya itu, pastikan bahwa rekening BRI miliki teman yang menjadi tujuan itu tidak mengalami limit saldo yang sama. Rekening teman harus sama-sama rekening BRI, untuk menghindari biaya administrasi. 

2. Menutup Rekening Tabungan Bank BRI 

Jika memang para nasabah ingin mengosongkan rekening tabungan Bank BRI. Ada baiknya untuk langsung menutup rekening yang dimiliki. Jika ingin menutup rekening tabungan Bank BRI, pada nasabah bisa mengambil semua isi rekening hingga nominalnya menjadi 0. 

Namun, para nasabah akan dikenakan biaya penutupan buku tabungan sebesar Rp50.000. Biaya penutupan ini bisa dibayarkan langsung saat proses penutupan di kantor cabang. Para nasabah juga bisa memotongnya dari saldo yang tersisa. 

Baca juga: Bank BRI Tutup Jam Berapa? Simak Jadwalnya Disini

3. Isi Saldo Dana dengan Menggunakan Bank BRI 

Para nasabah juga bisa memanfaatkan aplikasi dompet digital untuk mengambil saldo BRI limit. Salah satu yang paling ideal untuk digunakan adalah aplikasi DANA. Mengisi DANA tidak dikenakan biaya administrasi tambahan. 

Jadi, lebih murah bagi para nasabah dan pengisiannya bisa dimulai dari Rp10.000 saja. Setelah mengisi saldo DANA. Para nasabah bisa mencairkannya sebagai uang atau mungkin langsung menggunakan saldo DANA tersebut untuk transaksi. 

4. Gunakan Rekening BRI dengan Endapan Paling Kecil 

Jika para nasabah ingin lebih leluasa untuk mengambil rekening, maka para nasabah bisa menggunakan rekening BRI dengan ketentuan endapan yang paling kecil. Karena limit yang kecil ini memberikan kesempatan pada para nasabah untuk bertransaksi dengan lebih leluasa. 

Walaupun, para nasabah tidak memiliki banyak saldo di dalam rekening. Namun, walaupun begitu tidak bisa sampai saldo rekening menjadi 0. Jadi, para nasabah hanya lebih leluasa saja untuk bertransaksi. 

Baca juga: Cara Penyelesaian Kredit Macet Bank BRI

Menjaga Saldo Endapan Bank BRI 

Cara-cara di atas mungkin bisa digunakan untuk memaksimalkan pengambilan uang di rekening Bank BRI. Namun, lebih baik jika para nasabah tidak terlalu menguras isi rekening BRI. Terutama, jika nasabah masih ingin menggunakan rekening ke depannya. 

Pengendapan saldo dibutuhkan agar rekening masih aktif dan bisa digunakan untuk bertransaksi. Jika memang membutuhkan semua saldo di dalam rekening Bank BRI. Lebih baik untuk menutup langsung rekening Bank BRI. 

Dengan begitu, para nasabah tidak akan terkena pemblokiran atau pengnonaktifan rekening Bank BRI karena saldo terlalu rendah. Jika membutuhkan rekening lagi, para nasabah bisa dengan bebas membuka lagi rekening BRI yang baru. 

Sekarang sudah terjawab pertanyaan apakah saldo BRI bisa 0. Bisa disimpulkan jawabannya adalah tidak bisa. Namun, para nasabah bisa memaksimalkan pengambilan saldo rekening atau menutup rekening BRI sekaligus. Karena ada ketentuan yang harus diikuti selama rekening masih aktif.

Tidak ada komentar