Perbankan Seabank

SeaBank Termasuk Bank Apa? Ini Dia Profil Lengkapnya

November 20, 2023
0 Komentar
Beranda
Perbankan
Seabank
SeaBank Termasuk Bank Apa? Ini Dia Profil Lengkapnya

Pendanaan online saat ini semakin ramai dilakukan. Shopee selaku aplikasi belanja terbesar se-Asia Tenggara mulai juga memperkenalkan saudaranya yang bergerak di bidang pendanaan belanja yaitu SeaBank. Sebenarnya, SeaBank termasuk bank apa, sih?

Berikut adalah beberapa informasi terkait SeaBank yang perlu Anda tahu sebelum mulai menggunakan beberapa produk layanan yang sangat mudah dijangkau.

Mengenal Sedikit Tentang SeaBank

SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi serta mengatur keuangan hanya melalui telepon genggam. Transaksi jual beli sekaligus produk perbankan ditawarkan dalam satu aplikasi yang bisa diakses dengan mudah.

Sejarah SeaBank

PT Bank SeaBank Indonesia adalah salah satu lembaga keuangan berbasis aplikasi yang ada di Indonesia. SeaBank sebelumnya memiliki nama PT Bank Kesejahteraan Ekonomi yang berdiri pada tanggal 4 Oktober 1991 dan beroperasi hingga tahun 2020.

Pada awal tahun 2020, BKE lalu diakuisisi oleh Danadipa. Danadipa adalah suatu perusahaan yang mana mendapatkan pendanaan dari Turbocash yang juga merupakan anak usaha dari Sea Group. Secara tidak langsung, BKE sudah menjadi bagian dari Sea Group.

Kemudian, BKE mengumumkan perubahan nama menjadi PT Bank SeaBank Indonesia yang juga diikuti dengan perubahan logo baru pada tahun 2021. Sejak saat itu, SeaBank resmi berdiri dan menjadi salah satu aplikasi lembaga keuangan yang cukup populer karena merupakan saudara dari Shopee. 

SeaBank juga melakukan berbagai kerjasama dengan Shopee untuk menambah nasabah dengan cara memberikan banyak penawaran dan kemudahan dalam berbelanja. Mulai dari kemudahan untuk membuka rekening, hingga pembayaran belanja secara kredit jangka pendek.

Dari kegiatannya yang berbasis pada aplikasi, SeaBank memang dikategorikan sebagai bank digital. Namun, apakah ada kategori jenis bank lain? Lalu, SeaBank termasuk bank apa lagi? Sebelum beranjak kesana, berikut adalah beberapa informasi terkait produk perbankan SeaBank yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Cara Membayar Shopee Lewat SeaBank

Produk Perbankan SeaBank

Walaupun merupakan bank digital yang tidak memiliki banyak Kantor pelayanan seperti bank lain, SeaBank mampu menawarkan banyak produk perbankan kepada para penggunanya. Berikut adalah beberapa produk perbankan SeaBank yang bisa Anda gunakan:

  • Produk Dana Individu berupa Tabungan SeaBank, deposito SeaBank, tabunganKu, dan tabungan simpel
  • Kredit Konsumer berupa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan kredit multiguna
  • Produk untuk bisnis dan koperasi berupa giro, kredit modal kerja (KMK), dan kredit investasi.

Seluruh produk perbankan ini bisa Anda gunakan hanya dengan melalui satu aplikasi saja dengan kecenderungan syarat yang relatif mudah jika dibandingkan dengan bank konvensional yang lain.

Penawaran Menarik SeaBank

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila menggunakan SeaBank.

  • Tabungan yang fleksibel tanpa adanya saldo minimum serta biaya penalti
  • Bunga deposito yang relatif tinggi yaitu kurang lebih 7% tiap tahunnya yang bisa dicairkan pada setiap bulan
  • Tidak adanya beberapa biaya yang disyaratkan oleh bank konvensional lain seperti gratis biaya admin, gratis biaya transfer, gratis biaya penarikan saldo, dan lain-lain.
  • Pinjaman untuk modal usaha sampai dengan milyaran dengan bunga cicilan yang relatif murah.

Terlihat menggiurkan, bukan? Namun, bagaimana dengan keamanan bank ini? Apakah dengan penawaran sebagus ini, bank bisa menjadi keamanan dana nasabah?

Legalitas dan Keamanan SeaBank

Saat ini SeaBank merupakan lembaga keuangan yang legal atau diawasi oleh hukum. SeaBank secara resmi diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Selain itu, aplikasi SeaBank menjamin keamanan dengan adanya verifikasi dua langkah dan end-to-end encryption untuk seluruh akses dan transaksi yang akan dilakukan oleh nasabah.

Juga nasabah harus memasukkan kode verifikasi dan atau pin agar transaksi dapat diproses. Jadi, dapat disimpulkan bahwa SeaBank merupakan lembaga keuangan yang aman dan legal secara hukum.

Baca juga: Cara Melihat Nomor Rekening Seabank

Lalu, SeaBank Termasuk Bank Apa?

Sebuah lembaga keuangan biasanya dikategorikan berdasarkan beberapa hal. Mulai dari kategori kepemilikan, jenis kegiatan, hingga bentuk kegiatan. 

SeaBank merupakan salah satu lembaga keuangan yang agak berbeda dengan lembaga keuangan lain. Lembaga keuangan ini termasuk dalam tiga jenis bank dalam kategori yang berbeda.

Termasuk dalam kategori Bank Digital

SeaBank termasuk dalam kategori bank digital. Yang mana, merupakan suatu lembaga perbankan yang melaksanakan sebagian besar kegiatannya melalui saluran elektronik ataupun tanpa adanya kantor fisik. 

Dengan begini, seluruh kegiatan nasabah yang biasanya dilakukan melalui kantor, dialihkan melalui suatu jaringan yang sudah didesain sedemikian rupa agar lebih mudah dilakukan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara nasabah dan juga bank.

Bank digital ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan. Seluruh pelayanan bisa dilakukan selama 24 jam atau tanpa waktu libur. Biaya admin yang dikeluarkan hanya sedikit jika dibandingkan bank konvensional. Dan tentunya, bisa menjangkau lebih banyak nasabah.

Termasuk dalam kategori Bank Konvensional

SeaBank termasuk dalam kategori bank konvensional, dan bukan bagian dari bank syariah. 

Bank konvensional pada dasarnya adalah suatu lembaga keuangan yang menjalankan aktivitas secara konvensional yang tentunya mengacu pada kesepakatan perbankan nasional maupun internasional yang didasarkan pada hukum negara.

Maksudnya di sini, SeaBank bukan merupakan bagian dari bank syariah yang didasarkan pada hukum Islam. SeaBank adalah bank yang masih menggunakan akad hukum konvensional yang mana menggunakan sistem bunga bukan bagi hasil.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa SeaBank nantinya akan memberikan layanan Syariah apabila dilihat dari peluang perbankan syariah yang semakin dikenal saat ini.

Baca juga: Kode Bank SeaBank Untuk Transfer Antar Bank

Termasuk dalam kategori Bank Swasta

Kemudian, SeaBank termasuk bank apa lagi, sih? SeaBank termasuk dalam kategori bank swasta yang mana tidak dibiayai oleh pemerintah. Mungkin sudah Anda tahu, contoh bank yang dimiliki oleh pemerintah yaitu BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

Jika kita lihat dari kepemilikannya, SeaBank merupakan bank swasta yang dimiliki oleh suatu perusahaan sendiri. Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, SeaBank merupakan bank digital yang dimiliki oleh Sea Group, perusahaan raksasa yang juga menaungi Shopee. 

Karena masuk dalam kategori bank swasta, nasabah tidak bisa menggunakan layanan seperti kredit KUR yang hanya disediakan oleh bank milik pemerintah. Namun dari segi pembiayaan dan juga keamanan, bank swasta lebih unggul.

Dari beberapa penjelasan di atas, kini Anda sudah dapat menjawab pertanyaan SeaBank termasuk bank apa? Dapat disimpulkan bahwa SeaBank adalah lembaga keuangan perbankan berbasis aplikasi yang dapat dikategorikan sebagai bank digital, bank konvensional, dan bank swasta. 

Tidak ada komentar