Perbankan Seabank

Cara Melihat Nomor Rekening Seabank Yang Mudah dan Praktis

November 06, 2023
0 Komentar
Beranda
Perbankan
Seabank
Cara Melihat Nomor Rekening Seabank Yang Mudah dan Praktis

Nomor rekening adalah salah satu informasi paling penting yang ada di dunia perbankan. Seperti halnya bank lain, Seabank tentunya juga memberikan serangkaian nomor penting sebagai identitas nasabahnya. Cara melihat nomor rekening Seabank dapat dilakukan dengan mudah.

Sebelum itu, ada beberapa informasi terkait Seabank dan nomor rekening yang harus Anda ketahui.

Seabank, Aplikasi Keuangan Saudara Shopee

PT Bank Seabank Indonesia atau yang biasa kita sebut dengan Seabank adalah sebuah lembaga penyedia jasa keuangan yang berbasis digital. Jadi seluruh kegiatannya dilakukan melalui sebuah aplikasi online.

Berdasarkan fakta tersebut, Seabank tidak memiliki banyak kantor cabang seperti bank konvensional lain. Namun, seluruh kegiatan perbankan bisa dilakukan secara daring dan 24 jam tanpa henti. Tentunya jenis kegiatan perbankan yang bisa dilakukan oleh nasabah juga terbatas dan tidak selengkap bank lain.

Seabank dulunya adalah BKE atau Bank Kesejahteraan Ekonomi. Bank ini telah berdiri pada 4 Oktober 1991 yang selanjutnya diakuisisi oleh anak perusahaan Sea Group yang merupakan perusahaan induk dari sebuah aplikasi belanja terkenal Shopee.

Oleh karena itu, Shopee dan Seabank adalah dua aplikasi yang bersaudara. Untuk meningkatkan jangkauan nasabah, Seabank bekerjasama dengan Shopee memberikan berbagai kemudahan dalam hal pendanaan belanja.

Cara Melihat Nomor Rekening Seabank

Sekali lagi, Seabank adalah bank digital yang seluruh kegiatannya berbasis pada suatu aplikasi. Sebagian besar kegiatan perbankan dilakukan secara daring dan memerlukan jaringan internet. Oleh karena itu, cara melihat nomor rekening Seabank juga sangat terbatas. 

Anda hanya bisa melihat nomor rekening Seabank dengan membuka aplikasi Seabank itu sendiri. 

  • Tidak seperti aplikasi mobile banking, Seabank adalah aplikasi digital yang mana Anda pasti membutuhkan aplikasi untuk segala transaksi. Jadi, pastikan diri anda terdaftar sebagai nasabah di Bank Seabank dan memiliki aplikasinya.
  • Masuk ke dalam aplikasi dengan cara menggunakan PIN atau nomor telepon
  • Setelah memasuki aplikasi, nomor rekening Anda akan tertera di bagian pojok kiri atas beranda

Nomor Rekening Bank

Saat Anda mendaftarkan diri untuk membuka rekening di suatu bank kita akan mendapatkan beberapa fasilitas dan pelayanan keuangan. Salah satunya adalah nomor rekening.

Nomor rekening adalah serangkaian nomor unik yang dimiliki oleh setiap nasabah di suatu bank. Nomor ini memiliki kombinasi dan kode yang berbeda pada tiap orangnya.

Serangkaian nomor ini digunakan dalam berbagai transaksi. Umumnya, nomor rekening digunakan untuk menarik dan memasukkan uang. Biasanya, nomor rekening juga dianggap sebagai nomor identitas pada bank tempat Anda menyimpan uang.

Nomor rekening memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai media transaksi, sebagai nomor identitas, digunakan sebagai syarat untuk mengajukan dan menerima beasiswa bagi pelajar, untuk syarat kredit, untuk menerima dan mengirim uang, dan sebagai syarat pengajuan program perbankan yang lain.

Biasanya, nomor rekening akan Anda dapatkan sesaat setelah membuka rekening pada suatu bank. Anda bisa mengetahui nomor rekening yang menjadi identitas dengan beberapa cara berikut.

1. Melalui Buku Rekening

Buku rekening adalah salah satu hal pertama yang akan Anda dapatkan setelah membuka rekening pada suatu bank. Buku rekening ini akan dilengkapi dengan informasi dasar pemilik rekening. Informasi ini meliputi lokasi, nama, dan juga nomor rekening.

Informasi dasar ini biasanya berada di bagian awal buku. Selain itu, buku rekening juga berisi informasi terkait mutasi dana yang keluar masuk melalui rekening tersebut. Dengan begini, buku rekening adalah benda yang sangat penting dan krusial yang harus dijaga dengan baik.

Baca juga: Cara Menabung di Seabank

2. Melalui ATM

Cara yang kedua adalah melalui mesin ATM. Mesin ATM adalah suatu mesin yang biasa digunakan oleh nasabah untuk bertransaksi tanpa harus datang ke kantor cabang.

Setelah mendapatkan buku rekening, Anda biasanya akan ditawarkan untuk memiliki kartu ATM. Dengan membayar sejumlah kecil uang, Anda bisa mendapatkan kartu akses yang akan mempermudah transaksi perbankan.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa kartu ATM memiliki nomor yang tertera di atas kartu. Nomor ini berbeda dengan nomor rekening. Apabila nomor rekening adalah nomor identitas, nomor akun, dan nomor yang sangat penting, nomor ATM adalah sebuah tanda penerbitan kartu saja.

Jadi, keduanya memiliki fungsi yang berbeda dan tingkat urgensi yang sangat berbeda pula. Anda bisa menggunakan kartu ini untuk melihat nomor rekening. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Cari mesin ATM terdekat
  • Masukkan kartu ATM
  • Masukkan PIN ATM
  • Pilih menu mutasi rekening
  • Nomor rekening akan terlihat di layar ATM

3. Melalui Mobile Banking

Cara selanjutnya adalah melalui mobile banking. Mobile banking adalah salah satu inovasi perkembangan cara transaksi dalam dunia perbankan. Hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi yang sudah diunduh, seluruh transaksi bisa dilakukan dengan mudah.

Nomor rekening bisa diketahui melalui aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh masing-masing bank. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan Anda memiliki jaringan internet dan PC yang memadai
  • Unduh aplikasi mobile banking sesuai dengan bank tempat Anda menabung
  • Daftarkan diri Anda atau langsung masuk ke dalam aplikasi dengan menggunakan username dan password 
  • Biasanya, informasi terkait dengan nomor rekening akan tertera di bagian beranda. Namun, ada pula mobile banking yang menyediakan bagian tersendiri untuk informasi dasar nasabah. 

4. Melalui Internet Banking

Cara yang ketiga adalah melalui internet banking. Sama seperti mobile banking, internet banking adalah salah satu inovasi dalam dunia perbankan yang mempermudah segala transaksi keuangan.

Cara untuk melihat nomor rekening melalui internet banking juga sangat mudah.

  • Pastikan Anda memiliki jaringan internet dan PC yang memadai
  • Buka bagian mesin pencari yang ada di PC 
  • Buka website resmi milik bank tempat Anda membuka rekening
  • Daftarkan diri Anda atau langsung masuk ke dalam aplikasi dengan menggunakan username dan password
  • Tampilan internet banking untuk masing-masing bank memanglah berbeda. Namun, nomor rekening biasanya terdapat di bagian informasi dasar nasabah.

5. Melalui Call Center

Cara terakhir yang paling mudah adalah melalui call center. Call center adalah sebuah layanan yang diberikan oleh bank untuk memberikan informasi kepada nasabah dengan cepat. 

Call center memberikan kemudahan terkait mendapatkan informasi produk perbankan, informasi dasar nasabah, transaksi keuangan, informasi suku bunga, dan lain-lain. Akan ada petugas yang menjawab panggilan Anda dalam kondisi apapun.

Call center biasanya memiliki layanan 24 jam tanpa hari libur. Biasanya, call center juga tidak mensyaratkan adanya biaya tambahan. Namun, Anda dikenakan biaya telepon yang disesuaikan dengan masing-masing provider yang digunakan.

Anda bisa memanfaatkan layanan call center untuk melihat nomor rekening. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pastikan telepon Anda memiliki sejumlah pulsa untuk melakukan panggilan 
  • Ketik nomor call center sesuai bank yang Anda gunakan
  • Melakukan panggilan telepon
  • Tunggu hingga panggilan Anda direspon oleh petugas
  • Anda akan ditanyai beberapa hal terkait informasi dasar. Selanjutnya, Anda bisa mengungkapkan keinginan Anda untuk mengetahui nomor rekening
  • Dengarkan dengan seksama, catat jika perlu

Sayangnya, karena keterbatasan bank, cara melihat nomor rekening Seabank sangat terbatas yaitu hanya melalui aplikasinya saja. Walaupun begitu, Anda tetap bisa selalu mengetahui nomor rekening meskipun tanpa cara lain seperti bank konvensional lainnya.

Tidak ada komentar