Perbankan Seabank

Cara Membayar Shopee Lewat SeaBank dengan Mudah

November 09, 2023
0 Komentar
Beranda
Perbankan
Seabank
Cara Membayar Shopee Lewat SeaBank dengan Mudah

Jika Anda merupakan pengguna aplikasi Shopee, maka Anda perlu mencoba cara membayar Shopee lewat SeaBank. Fasilitas pembayaran ini menawarkan banyak kemudahan untuk para pengguna aplikasi Shopee. Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang diberikan pada pembayaran. 

Hal ini tidak mengejutkan, karena Shopee dan SeaBank merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh induk perusahaan yang sama. Perusahaan induk dari kedua aplikasi ini adalah Sea Limited atau Sea Group. 

Dengan adanya platform pembayaran yang terhubung, SeaBank menawarkan kemudahan untuk membayar tagihan atau transaksi pada aplikasi Shopee. Lebih menguntungkan daripada opsi pembayaran lain karena SeaBank tengah menarik banyak pelanggan baru. 

Tentang Aplikasi SeaBank 

Sebelum mengetahui cara membayar Shopee lewat SeaBank, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai SeaBank itu sendiri. Apalagi, SeaBank terbilang aplikasi baru yang beroperasi di Indonesia. 

Tidak heran, jika mungkin ada sebagian orang yang tidak mengetahui aplikasi finansial ini. Sekalipun, sudah menggunakan aplikasi Shopee untuk berbelanja online. SeaBank adalah lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia sebagai bank. 

Sebagai perusahaan, SeaBank mengambil nama PT. Bank SeaBank Indonesia. Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi ini merupakan anak perusahaan dari Sea Limited atau Sea Group. Perusahaan induk yang sama dengan perusahaan induk aplikasi Shopee. 

Selain itu, Sea Limited atau Sea Group juga merupakan perusahaan induk dari pengembang game online yaitu Garena. Sebenarnya, bank ini sudah ada cukup lama di indonesia bahkan sudah beroperasi sejak tahun 1991. 

Namun, baru-baru ini nama dari bank ini diubah menjadi Sea Bank. Sebelumnya, nama bank ini adalah Bank Kesejahteraan Ekonomi.

Baca juga: Cara Melihat Nomor Rekening Seabank

Tentang Aplikasi Shopee 

Selain mencari tahu tentang aplikasi Sea Band ada baiknya untuk Anda mengetahui tentang aplikasi Shopee juga. Walaupun, jika dibandingkan dengan Sea Bank, Shopee pasti lebih familiar untuk masyarakat Indonesia. 

Shopee didirikan oleh Sea Limited atau Sea Group pada tahun 2009 oleh founder Forest Li. Berpusat di Negara Singapura. Pada tahun 2015, aplikasi ini semakin melebarkan sayapnya dan jangkauan. Mulai dari Negara Malaysia, Taiwan, Vietnam, tidak terlewat juga Negara Indonesia. 

Bahkan, pada tahun 2019, Shopee berhasil memperluas jangkauannya dan aktif di Negara Brazil. Menjadikan negara ini, menjadi negara pertama di luar Asia yang bisa dijangkau oleh Shopee. 

Syarat Melakukan Pembayaran Shopee Melalui SeaBank 

Anda tidak bisa begitu saja memilih SeaBank sebagai fasilitas pembayaran Anda di Shopee. Anda perlu memenuhi beberapa syarat untuk dapat melakukan cara membayar Shopee lewat SeaBank. Namun, syaratnya sebenarnya mudah saja dan tidak jauh berbeda dengan fasilitas pembayaran lain. 

Berikut adalah berbagai syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan pembayaran di Shopee dengan menggunakan fasilitas pembayaran SeaBank: 

  • Memiliki akun SeaBank yang sudah diverifikasi sehingga dapat melakukan aktivitas transfer dan pembayaran. 
  • Memiliki saldo di rekening SeaBank yang cukup untuk melunasi pembayaran yang akan dilakukan. 
  • Memiliki kode virtual account yang masih aktif, karena kode bisa tidak berlaku lagi dalam waktu 24 jam. 
  • Jika Anda sudah memenuhi beberapa syarat yang disebutkan di atas. Maka, Anda tidak perlu khawatir. Anda dipastikan bisa melakukan pembayaran transaksi apapun di Shopee menggunakan Sea Bank.

Cara Membayar Shopee Lewat SeaBank

Karena merupakan layanan dengan induk perusahaan yang sama, Semua Bank bisa menjadi fasilitas pembayaran paling mudah untuk transaksi di Shopee. Namun, karena layanan yang masih terbilang baru di Shopee. 

Tidak semua pengguna Shopee yang mungkin mengetahui bagaimana cara menggunakan Sea Bank sebagai fasilitas pembayaran di aplikasi ini. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran Shopee dengan menggunakan Sea Bank: 

  • Pilih barang apa yang ingin dibeli pada aplikasi Shopee. 
  • Lakukan check out seperti biasanya. 
  • Pada opsi Metode Pembayaran pilih metode ‘Transfer Bank’. 
  • Pilih ‘Sea Bank’ sebagai bank yang akan digunakan untuk membayar. 
  • Copy Virtual Account yang muncul pada tampilan berikutnya. 
  • Selanjutnya, para pengguna bisa membuka aplikasi Sea Bank. 
  • Pilih opsi ‘Pembayaran’ pada tampilan utama. 
  • Salin kode Virtual Account yang didapatkan sebelumnya pada kolom pembayaran. 
  • Konfirmasi pembayaran yang sudah dilakukan. 

Ada kalanya, saldo di Sea Bank sudah berkurang namun belum terdeteksi di aplikasi Shopee. Para pengguna tidak perlu terlalu panik. Lebih baik untuk menunggu selama 24 jam terlebih dahulu, jika tidak ada perubahan baru mengajukan laporan pada pihak Shopee. 

Keuntungan Menggunakan SeaBank Untuk Membayar di Shopee 

Cara membayar Shopee lewat SeaBank memang memudahkan para pengguna Shopee dan memberikan akses yang lebih cepat. Namun, apa benar hanya itu keuntungan dari metode pembayaran ini?. Ternyata ada berbagai keuntungan lain yang tidak boleh dilewatkan. 

Berikut adalah berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika memilih menggunakan metode pembayaran ini: 

1. Bebas Biaya Administrasi dan Penanganan 

Ketika Anda memilih metode pembayaran lain, seperti transfer bank dengan bank lain atau cash on delivery. Maka, Anda akan dikenakan biaya administrasi dan penanganan. Memang biaya yang ditanggung tidak terlalu besar hanya Rp1.000 sampai dengan Rp2.000. 

Namun, jika Anda sering menggunakan Shopee untuk berbelanja dan berulang kali melakukan check out. Maka, uang yang harus dikeluarkan untuk biaya administrasi dan biaya penanganan bisa jadi cukup besar. 

Namun, dengan menggunakan SeaBank sebagai metode pembayaran. Anda tidak perlu membayar biaya-biaya tambahan ini lagi. Jadi, Anda benar-benar hanya membayar harga barang saja tanpa penambahan. 

Baca juga: Cara Menabung di Seabank

2. Keamanan Transaksi Lebih Terjamin 

Jangan khawatir dengan masalah keamanan ketika melakukan pembayaran dengan SeaBank. Cara membayar Shopee lewat SeaBank merupakan salah satu metode pembayaran yang paling aman. Karena setiap transaksinya dilindungi dengan metode dua faktor autentikasi. 

Dengan metode verifikasi ganda pada setiap transaksi yang dilakukan. Hal ini lebih menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan di aplikasi Shopee. Selama para pengguna tidak membagikan kode autentikasi yang dibagikan, maka transaksi bisa dipastikan aman. 

3. Konfirmasi Cepat dan Real Time 

Karena berada di satu jaringan yang sama, maka waktu yang dibutuhkan untuk konfirmasi pembayaran oleh Sea Bank pada Shopee jauh lebih cepat. Sejauh tidak ada kesalahan jaringan atau koneksi internet pada perangkat yang Anda gunakan. 

Kemungkinan kesalahan transaksi pun kecil dan konfirmasi bisa dilakukan secara real time membuat transaksi lebih cepat dan lebih aman. 

4. Layanan Pelanggan yang Baik

Khawatir ada kegagalan dalam transaksi atau masalah dalam pembayaran. Tidak perlu khawatir, karena SeaBank dan Shopee dilengkapi dengan layanan pelanggan yang baik dan terintegrasi. Jadi, selama Anda menyimpan bukti transaksi. 

Setiap transaksi bermasalah akan diberikan solusi yang tepat. Jadi, Anda tidak akan kehilangan uang karena transaksi yang sia-sia. 

Cara membayar Shopee lewat SeaBank bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk melakukan transaksi. Dengan memilih cara pembayaran ini, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak didapatkan dengan metode pembayaran yang lain.

Tidak ada komentar