Perbankan

Cara Menabung di Bank BRI Agar Dapat Bunga Lengkap

November 08, 2023
0 Komentar
Beranda
Perbankan
Cara Menabung di Bank BRI Agar Dapat Bunga Lengkap

Cara menabung di Bank BRI agar dapat bunga sebenarnya tidak sulit. Namun, jika para nasabah ingin memperoleh bunga terutama dalam besaran yang cukup besar. Maka, dibutuhkan konsistensi dalam menyimpan dana. 

Selain itu, para nasabah juga harus bisa memperhitungkan besaran bunga yang akan didapatkan dengan menyimpan dana dalam jumlah tertentu. Sampai saat ini, bank masih menjadi lembaga terpercaya untuk menyimpan uang. 

Jika dimaksimalkan dengan baik, uang yang disimpan di bank tidak hanya berkurang karena biaya administrasi saja. Namun, bisa bertambah dengan adanya bunga bank yang bisa didapatkannya. Berikut akan dibahas agar bisa mendapatkan bunga ketika menabung di Bank BRI. 

Bunga yang Bisa Didapatkan di Bank BRI 

Sebelum mencari tahu cara menabung di Bank BRI agar dapat bunga. Seperti yang disebutkan sebelumnya, para nasabah perlu mencari tahu terlebih dahulu besaran bunga yang bisa didapatkan dari Bank BRI. 

Tidak hanya itu saja, para nasabah harus mengetahui berapa banyak uang yang harus disimpan agar bisa mendapatkan bunga dalam besaran tertentu. Berikut adalah bunga yang bisa didapatkan dari Bank BRI menurut besaran tabungan yang dimiliki oleh para nasabah. 

1. Untuk Saldo Tabungan Kurang dari Rp1.000.000

Bagi para nasabah yang saldo tabungannya kurang dari Rp1.000.000. Sayang sekali, besaran tabungan ini belum memenuhi syarat untuk mendapatkan bunga dari BRI. Karena bunga dari besaran saldo ini adalah 0% per tahunnya. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa nasabah dengan jumlah saldo yang tidak sampai Rp 1.000.000. Tidak akan mendapatkan bunga sama sekali di tahun tersebut. 

2. Untuk Saldo Tabungan Rp1.000.000-Rp50.000.000

Untuk nasabah yang memiliki saldo mulai dari Rp1.000.000 sampai dengan Rp50.000.000 baru bisa mendapatkan saldo tabungan. Saldonya sebesar 0.70% per tahun, besaran ini dihitung dari saldo terakhir dan besaran yang paling konsisten pada masa perhitungan. 

Baca juga: Cara Mengetahui User ID Brimo

3. Untuk Saldo Tabungan Rp50.000.000-Rp500.000.000

Jika nasabah memiliki saldo tabungan di atas Rp50.000.000 namun kurang dari Rp500.000.000 selama masa menabung. Maka, akan mendapatkan bunga sebesar 0.85% per tahunnya. Sama seperti besaran saldo tabungan sebelumnya. 

Besaran bunga akan dihitung dari besaran saldo terakhir serta besaran yang paling konsisten pada masa perhitungan. 

4. Untuk Saldo Tabungan Rp500.000.000-Rp1.000.000.000

Semakin besar dana yang disimpan di dalam bank maka semakin besar bunga yang bisa didapatkan. Bagi nasabah yang menyimpan dana mulai dari besaran Rp500.000.000. Namun, tidak pernah melebihi besaran Rp1.000.000.000. Maka, besaran bunga yang didapatkan adalah 1.10%.

5. Untuk Saldo Lebih dari Rp1.000.000.000 

Dalam nominal ini para nasabah bisa mendapatkan bunga tabungan paling besar yang diberikan oleh Bank BRI. Besaran bunga tersebut adalah 1.75% per tahun dan hanya berlaku jika saldo tabungan yang disimpan oleh nasabah melebihi angka Rp1.000.000.000 dan menjadi nasabah prioritas. 

Cara Menabung di Bank BRI Agar Dapat Bunga

Setelah mengetahui berapa banyak yang harus ditabung dan besaran bunga yang didapatkan. Barulah akan dibahas bagaimana cara menabung di Bank BRI yang bisa mendapatkan bunga. Walaupun tidak sulit, namun para nasabah perlu menyimpan uang secara konsisten. 

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Bank BRI Jaminan BPKB Motor

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar uang yang disimpan di Bank BRI bisa mendapatkan bunga per tahun. Jadi, saldo tabungan tidak hanya berkurang untuk membayar biaya admin saja namun juga bisa bertambah: 

1. Pastikan Saldo di Atas Rp1.000.000

Seperti yang dibahas pada bagian sebelumnya, untuk nasabah yang memiliki saldo di bawah nominal Rp1.000.000 tidak akan mendapatkan bunga. Jadi, besaran bunganya adalah 0% per tahunnya. Jika para nasabah berharap mendapatkan tambahan bunga tabungan dari Bank BRI. 

Maka, hal yang sangat penting dilakukan adalah menjaga agar saldo tabungan terus di atas Rp1.000.000. Bahkan, minimal selalu ada Rp1.000.000 di dalam saldo tabungan per tahunnya. Jadi, para nasabah bisa memastikan diri untuk mendapatkan besaran bunga yang minimal. 

2. Tambah Saldo Tabungan Secara Bertahap 

Menyimpan uang di bank dan mendiamkannya memang tidak mudah. Bagaimanapun penghasilan sehari-hari akan terpakai untuk kebutuhan hidup. Karena itu, tidak masalah jika saldo tabungan ditambah secara bertahap saja dan tidak perlu sekaligus. 

Walaupun, saldo tabungan ditambah secara bertahap dan tidak selalu dalam nominal besar. Tetap bisa dihitung bunganya asal berada di atas Rp1.000.000. 

3. Pertahankan Besaran Saldo di Periode Akhir

Periode pemberian bunga adalah masa yang sensitif dalam pembagian bunga dalam saldo tabungan. Pada masa ini, ada baiknya para nasabah untuk sebisa mungkin mempertahankan jumlah saldonya. Jangan sampai berkurang di bawah target besaran bunga yang diinginkan. 

Tahan diri sampai pembagian besaran saldo selesai. Karena pada masa ini terbilang sangat kritis untuk menentukan besaran saldo yang akan dibagikan. 

Baca juga: Daftar Kode Transfer BRI ke Mandiri

4. Tetap Ada Transaksi 

Banyak orang yang mengira, jika ingin mendapatkan bunga yang besar dari saldo tabungan. Maka, para nasabah harus mengurangi penggunaan rekening untuk transaksi. Cara pikir ini ternyata kurang tepat. 

Tidak ada transaksi berarti rekening tidak hidup dan mungkin tidak aktif. Hal ini kurang baik untuk perhitungan bunga. Karena itu, walaupun tidak terlalu sering lebih baik untuk tetap gunakan rekening tabungan untuk transaksi. 

Baik untuk berbelanja, memasukkan uang tabungan, dan berbagai aktivitas keuangan yang menunjukkan bahwa rekening masih aktif. 

Kapan Bunga Saldo Tabungan Diberikan?

Setelah mengetahui cara menabung di Bank BRI agar dapat bunga, para nasabah mungkin merasa penasaran, kira-kira kapan bunga tersebut bisa didapatkan oleh para nasabah. Pembagian bunga Bank BRI umumnya dilakukan pada akhir bulan namun dengan selang satu bulan. 

Jadi, bunga bulan ini baru akan diterima bulan berikutnya setelah bunga yang dihitung berakhir. Untuk lebih mudahnya, bisa diandaikan bahwa penerimaan bunga akan dihitung pada Bulan Maret. Penghitungan ini akan diterima oleh nasabah di Bulan April.

Sedangkan, perhitungan bunga di Bulan April, hasilnya baru akan diterima nasabah pada Bulan Mei dan seterusnya. Jika para nasabah masih merasa ragu, maka para nasabah bisa mengecek sendiri besaran bunga yang didapatkan pada akhir periode. 

Para nasabah bisa mengeceknya dengan cara mencetak butuh tabungan. Jika tidak ada cukup waktu untuk itu, maka para nasabah bisa membuka aplikasi BRImo dan langsung mengecek besaran bunga yang masuk. 

Cara menabung di Bank BRI agar dapat bunga ternyata cukup mudah bukan? Namun, walaupun begitu melakukannya jauh lebih sulit daripada yang dibayangkan. Apalagi, para nasabah harus bisa menjaga kestabilan saldo tabungan dan tetap bertransaksi.

Tidak ada komentar