BRI Perbankan

5 Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI (2024)

Januari 01, 2024
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
5 Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI (2024)

Saat ini ada banyak fasilitas kredit usaha yang bisa dimanfaatkan warga untuk menambah modal usaha. Salah satunya yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Perhatikan contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI jika ingin mengajukan pinjaman tersebut.

Format Surat Keterangan Usaha

Mungkin, sebagian dari Anda yang berencana mengajukan pinjaman ke bank bertanya-tanya, apakah pengajuan KUR harus punya usaha? Iya, benar. Karena layanan Kredit Usaha Rakyat (KUR) memang ditujukan khusus untuk masyarakat yang telah menjalankan usaha minimal selama 6 bulan.

Berapa lama proses pencairan dana KUR BRI? Biasanya sekitar 7-14 hari setelah survei. Tentunya, hanya calon debitur yang telah memenuhi syarat yang bisa mendapatkan pinjaman tersebut. Salah satunya yaitu melampirkan surat keterangan usaha dari kelurahan atau kecamatan setempat.

Lantas, bagaimana contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI? Pada dasarnya, tidak ada ketentuan khusus tentang bagaimana format surat keterangan usaha dari kelurahan atau kecamatan. Yang terpenting, surat tersebut harus memuat beberapa informasi penting, meliputi:

1. Kop Surat

Bagian surat paling atas harus menampilkan kop surat resmi dari instansi yang mengeluarkannya. Misalnya, yang membuat surat tersebut adalah pihak pemerintah desa, maka suratnya harus menampilkan kop surat resmi miliki pemerintah desa. Biasanya terdiri dari logo dan nama instansi.

2. Judul dan Nomor Surat

Di bawah kop surat menampilkan judul surat, yaitu "Surat Keterangan Usaha" yang biasanya ditulis menggunakan huruf kapital. Lalu tepat di bawahnya menampilkan nomor surat sesuai sistem penomoran yang digunakan oleh instansi pembuatnya.

3. Pembuka Surat

Isi surat diawali dengan kalimat pembuka yang menjelaskan siapa pihak pembuat surat. Biasanya atas nama kepala desa atau camat (tergantung dari instansi yang menerbitkan surat tersebut).

4. Identitas Pemilik Usaha

Bagian surat ini menampilkan identitas pemilik usaha yang ingin dibuatkan surat keterangan usaha. Tidak ada ketentuan khusus tentang identitas apa saja yang perlu dimasukkan. Anda dapat memasukkan informasi nama, alamat, jenis kelamin, pekerjaan, hingga tempat dan tanggal lahir.

Baca juga: Cara Mengisi Slip Penyetoran Bank BRI

5. Identitas Usaha

Contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI juga harus menampilkan identitas usaha. Cantumkan nama usaha dan kategori bidang usaha yang dijalankan. Anda juga dapat menambahkan informasi tentang jenis produk atau jasa, tahun berdiri, serta alamat tempat usaha tersebut.

6. Tujuan Surat Dibuat

Pihak pembuat surat juga dapat menambahkan informasi tujuan surat keterangan usaha itu dibuat. Misalnya, surat ini dibuat untuk mengajukan permohonan KUR BRI.

7. Penutup Surat

Setelah tadi diawali dengan kalimat pembuka, maka akhiri juga suratnya dengan kalimat penutup. Pada bagian ini, Anda juga dapat menambahkan peringatan khusus agar surat tersebut digunakan secara tepat. Contoh: " Demikian surat ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya "

8. Nama dan Tanda Tangan Pembuat Surat

Pada bagian akhir surat harus memuat nama terang pembuat surat beserta tanda tangannya. Biasanya juga perlu ditambah dengan stempel instansi yang menerbitkan surat tersebut. Jika yang membuatnya adalah kantor kelurahan, maka cantumkan stempel kantor pemerintah desa.

Contoh Surat Keterangan Usaha untuk KUR BRI

Setelah mengetahui format dan isi surat keterangan usaha, langsung saja simak beberapa contohnya berikut ini. Mulai dari contoh surat keterangan usaha untuk pemilik usaha perdagangan, jasa, hingga pertanian. Contek seperlunya sesuai kebutuhan Anda.

1. Contoh Surat Keterangan Usaha Perdagangan

- KOP SURAT -

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 10.418/004/2023

Saya yang bertanda tangan di bawah adalah ini Kepala Desa Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                        : Ahmad Syaiful Anam

No. KTP                    : 035121053.00000078

Jenis Kelamin            : Laki-laki

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 5 Mei 1985

Alamat                      : Jalan Merpati Nomor 26, RT 06/ RW 02, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung

Pekerjaan                  : PNS

merupakan penduduk yang berdomisili di Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung, dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                        : Nurmala Falisha Putri

Jenis Kelamin            : Perempuan

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 17 Juli 1993

Alamat                      : Jalan Anggrek Nomor 37, RT 01/ RW 01, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung.

Pekerjaan                  : Wiraswasta

Yang bersangkutan merupakan warga Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung dan benar-benar memiliki usaha bernama "Sari Rasa". Usaha tersebut bergerak di bidang perdagangan makanan makanan ringan, yaitu keripik buah-buahan. Lokasi usahanya berada di wilayah Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung

Surat ini diterbitkan guna melengkapi persyaratan permohonan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Demikian Surat Keterangan Usaha ini saya buat dengan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 10 April 2023

Kepala Kelurahan Sukajaya

TTD dan Stempel

(Ahmad Syaiful Anam)

Baca juga: Cara Cek Transferan Masuk di ATM BRI

2. Contoh Surat Keterangan Usaha Jasa

- KOP SURAT -

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 06/25/BE/IV/2023

Dengan ini yang bertanda tangan di bawah adalah Kepala Desa Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung, menerangkan bahwa :

Nama                        : Nurmala Falisha Putri

Jenis Kelamin            : Perempuan

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 17 Juli 1993

Alamat                      : Jalan Anggrek Nomor 37, RT 01/ RW 01, Kelurahan Sukajaya,

Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung.

Pekerjaan                  : Wiraswasta

Adalah benar pemilik usaha berikut ini:

1. Nama Usaha: Nurmala Organizer

2. Bidang Usaha : Jasa

3. Jenis Jasa: Usaha penyewaan sound system dan kebutuhan hajatan

4. Tahun Berdiri: 2019

Demikian Surat Keterangan Usaha ini kami buat untuk ditujukan untuk melengkapi syarat permohonan Kredit Umum Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI). Harap digunakan sesuai tujuan sebagaimana mestinya.

Bandung, 10 April 2023

Kepala Kelurahan Sukajaya

TTD dan Stempel

(Ahmad Syaiful Anam)

3. Contoh Surat Keterangan Usaha Pertanian

- KOP SURAT -

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor: 05/21/AE/IV/2023

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Ahmad Syaiful Anam, selaku Kepala Desa Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung. Dengan ini menerangkan bahwa :

Nama                        : Nurmala Falisha Putri

Jenis Kelamin            : Perempuan

Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 17 Juli 1993

Alamat                      : Jalan Anggrek Nomor 37, RT 01/ RW 01, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung.

Pekerjaan                  : Wiraswasta

Adalah warga Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung yang memiliki Usaha sebagai berikut:

1. Nama Usaha: Sari Tiram Alami

2. Bidang Usaha: Pertanian

3. Jenis Produk Usaha: Usaha Budidaya Jamur Tiram

4. Tahun Berdiri: 2020

5. Alamat Usaha: Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukamaju, Kota Bandung.

Demikian Surat Keterangan Usaha ini saya buat dengan sebenarnya untuk dapat digunakan sebagai syarat administratif pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kantor Cabang Sukamaju, Kota Bandung.

Bandung, 10 April 2023

Kepala Kelurahan Sukajaya

TTD dan Stempel

(Ahmad Syaiful Anam)

Baca juga: Apa itu Nomor Referensi BRI?

4. Gambar Contoh Surat Keterangan Usaha KUR BRI

5. Gambar KOP Surat Keterangan Usaha KUR BRI

Perhatikan contoh surat keterangan usaha untuk KUR BRI jika berencana mengajukan kredit usaha dari BRI. Biasanya surat tersebut bisa Anda dapatkan dari kantor kelurahan/ kecamatan setempat. Pastikan juga Anda telah memenuhi semua syarat di atas agar pengajuan kredit Anda disetujui.

Tidak ada komentar