BRI Perbankan

Cara Mengisi Slip Penyetoran Bank BRI dari Awal Hingga Selesai Transaksi

Mei 07, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Cara Mengisi Slip Penyetoran Bank BRI dari Awal Hingga Selesai Transaksi

Apakah Anda berencana melakukan setoran di BRI? Jika ya, Anda perlu tahu bagaimana cara mengisi slip penyetoran bank BRI. Mengisi slip bank BRI dengan lengkap dan benar adalah tahapan wajib sebelum Anda melakukan transaksi. 

Seperti mengisi nomor rekening, nominal transaksi, data penyetor dan lain sebagainya. Setiap transaksi yang terjadi di Bank membutuhkan dokumentasi, tidak hanya pada transaksi penyetoran, tetapi juga transaksi lainnya, seperti penarikan, kliring, dan lain-lain. 

Persiapan dan Cara Mengisi Slip Penyetoran Bank BRI Hingga Selesai

Sebenarnya melakukan setoran terbaru BRI sudah bisa melalui ATM. Tanpa datang ke bank dan mengisi slip, Anda sudah bisa setor sejumlah uang dengan cepat dan mudah. Namun, tidak semua tempat dekat dengan akses ATM setor tunai dan tidak semua orang mampu setor menggunakan ATM. 

Biasanya masuk bank, Anda akan langsung disambut oleh satpam. Apabila keperluan Anda berkaitan dengan penarikan atau penyetoran, maka Anda akan diarahkan menuju meja tempat menyimpan dan mengisi slip. Simak persiapan dan cara mengisi slip setoran BRI berikut.

1. Persiapan Sebelum Melakukan Setoran Terbaru di BRI

Sebelum datang ke BRI untuk penyetoran, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa hal penting. KTP, data rekening tujuan, seperti nomor, nama, alamat, identitas penyetor, serta uang yang akan disetorkan. Jika penyetoran ke rekening sendiri bawa juga buku tabungan Anda.

Mungkin Anda hafal dengan nomor rekening tujuan, tetapi konfirmasi juga dengan buku tabungan agar lebih aman. Pastikan data yang nantinya Anda masukkan.benar untuk menghindari proses transaksi yang lambat, terlebih uang yang Anda setor malah salah masuk ke rekening orang lain. 

Jika semua sudah siap, datang ke cabang atau unit BRI terdekat Anda. Jika dahulu sistem antrian pelayanan teller BRI menggunakan nomor antrian, kini antri hanya dengan berbaris. Jadi, langsung isi slip agar bisa segera baris antri menuju teller.

Baca juga: Cara Membuat ATM BCA TabunganKu

2. Cara Mengisi Slip Penyetoran Bank BRI

Bank menyediakan beberapa slip transaksi, dimana tiap transaksi memiliki warna slip yang berbeda. Kepentingan penyetoran bisa menggunakan slip berwarna biru. Simak cara mengisi slip penyetoran di BRI yang benar berikut ini.

  • Ambil slip setoran kosong berwarna biru dan pulpen yang tersedia
  • Siapkan buku tabungan Anda
  • Isi mulai dari bagian paling atas
  • Tepat dibawah tulisan 'Slip Penyetoran', pada bagian titik-titik yang kosong isi dengan nama cabang, tanggal, bulan, dan tahun, ketika Anda melakukan penyetoran. Contoh, Wonosari, 25-06-2023
  • Pilih jenis BRI rekening tujuan dengan memberikan tanda centang, apakah BRItama, Simpedes, atau yang lainnya.
  • Tulis nomor rekening, contoh 1234-01-123456-01-2
  • Tulis nama pemilik rekening 
  • Tulis Bagian Kanca/KCP/BRI unit/Branch 
  • Berikan tanda centang pada bagian mata uang rupiah
  • Tulis nama penyetor
  • Tulis alamat lengkap
  • Tulis nomor telepon atau HP
  • Kosongi bagian sumber dana dengan tanda strip
  • Tulis keterangan transfer 
  • Pindah ke kolom jumlah, tulis jumlah uang dalam angka, contoh Rp20.000.000
  • Tulis pada kolom total sesuai jumlah uang yang Anda setor, contoh Rp20.000.000
  • Pada bagian terbilang, tulis jumlah setoran dalam huruf, contoh 'DUA PULUH JUTA RUPIAH'
  • Tanda tangan pada bagian kotak kanan bawah sebelah kotak tanda tangan teller
  • Jika nantinya ada kendala atau tidak mengerti bagian yang diisi, Anda bisa bertanya pada satpam BRI.

3. Detail Pengisian Slip Penyetoran BRI 

Pengisian kolom kanca/KCP/BRI unit/branch berarti tempat pembuatan rekening tujuan. Lebih tepatnya data ini bisa Anda lihat pada buku rekening. Beralih ke kolom sumber dana, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kolom ini kosong. 

Kolom sumber dana diisi dengan ketentuan tertentu. Apa itu? Diisi bagi orang yang tidak memiliki rekening BRI dan melakukan setoran tunai lebih dari 100 juta rupiah berikut fotocopy identitas. Jadi, jika Anda bukan termasuk dalam ketentuan tersebut maka kosongkan saja.

Sementara itu, pada kolom keterangan transfer berarti perihal kepentingan penyetoran. Boleh diisi atau tidak, contoh jika diisi 'Laba Toko Bulan April'. Selain itu, perlu diketahui slip penyetoran hanya untuk ke rekening BRI dan tidak sama dengan slip transfer ke bank lain, begitu pula dengan data pengisiannya. 

Baca juga: Cara Cek Transferan Masuk di ATM BRI

4. Bawa Slip Menuju Teller

Mungkin ada yang masih bingung dengan proses setelah pengisian slip penyetoran. Proses penyetoran dilakukan dengan bantuan teller. Jadi, setelah mengisi slip dengan lengkap dan benar, Anda langsung antri menuju teller. Apa yang harus dilakukan ketika sampai di depan teller?

  • Sampaikan tujuan setoran pada teller
  • Ada 2 lembar slip yang menempel, yang Anda isi adalah lembar paling atas, lembar kedua nantinya untuk nasabah. Namun, berikan dahulu kedua slip penyetoran pada teller. Serahkan KTP, jika Anda setor ke nomor rekening sendiri, serahkan juga buku tabungan agar transaksi dan setoran terbaru bisa tercatat di buku tabungan 
  • Serahkan uang yang disetor
  • Tunggu proses transaksi selesai
  • Terima bukti transaksi penyetoran dan buku tabungan dari teller
  • Cek transaksi terbaru Anda
  • Selesai

Pengecekan tak sekadar bermanfaat untuk nasabah, tetapi juga untuk teller. Teller memang profesional, namun tak menutup kemungkinan terjadi kesalahan, misal setor Rp500.000 tetapi ditulis Rp5.000.000. Pengecekan bisa membantu dan mengurangi risiko terjadinya selisih plus atau minus nantinya.

Contoh Pengisian Slip Penyetoran Bank BRI

Agar lebih jelas, berikut contoh slip setoran untuk melakukan setor tunai, baik ke nomor rekening sendiri maupun ke rekening lain. Selain contoh berikut, Anda bisa download slip setoran PDF di beberapa situs lainnya.

Tanda Bukti Penyetoran BRI

Tips Penyetoran Bank BRI

Terkadang ada beberapa kendala terkait penyetoran, misal data tidak cocok sehingga proses transaksi menjadi terhambat. Simak beberapa tips berikut agar proses pengisian slip penyetoran bank BRI hingga akhir bisa cepat selesai.

Baca juga: Apa itu Nomor Referensi BRI?

1. Isi Slip Bank BRI Sesuai Data yang Tepat

Adakalanya orang memiliki dua nama, nama resmi tercantum di KTP dan nama tidak resmi. Bisa pula punya dua rekening BRI. Terlepas dari hal tersebut, data pada slip harus sesuai dengan identitas resmi, seperti KTP dan di buku tabungan baik untuk nama penyetor maupun nama pemilik rekening tujuan. 

Sama halnya dengan data pada buku tabungan anak BRI Junio. Biasanya nama pemilik rekening tertulis dengan format 'nama orang tua qq nama anak'. Maka ketika penyetoran tulis juga di slip dengan format semacam itu, jangan nama anaknya saja. 

2. Siapkan dan Hitung Uang

Hal terpenting adalah siapkan dan hitung uang. Pastikan uang yang Anda setorkan dalam jumlah yang pas. Jika lebih pasti akan dikembalikan. Namun, jika kurang maka transaksi tidak akan bisa diproses. Tak jarang juga ada kekeliruan pecahan uang, misal terselip pecahan 10 ribu pada bundel 100 ribu.

Jadi, cek uang sebelum Anda setorkan dan terapkan cara mengisi slip penyetoran bank BRI dengan benar. Proses penyetoran bisa ke rekening sendiri atau rekening lain. Oleh karena itu pastikan data yang tercantum telah sesuai agar proses transaksi selesai dengan tepat dan cepat. 

Tidak ada komentar