BRI Perbankan

Apa itu Nomor Referensi BRI? Pengertian, Fungsi dan Cara Mengeceknya

Januari 05, 2024
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Apa itu Nomor Referensi BRI? Pengertian, Fungsi dan Cara Mengeceknya

Nomor referensi dari setiap bank termasuk salah satu nomor penting yang kerap ada dalam transaksi nontunai. Ketika Anda hendak melakukan transfer ke sesama bank, ke BCA, ke BNI, ke Mandiri maupun bank lain, muncul bagian yang meminta nomor referensi. Begitu pula nomor referensi BRI.

Nomor referensi yang perlu Anda isi saat akan mentransfer sejumlah uang ke rekening BRI. Ada beberapa kegunaan dari nomor referensi ini. Namun, berapa nomor referensi Bank BRI? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk cek nomor referensi transfer BRI.

Apa Itu Nomor Referensi BRI?

Masing-masing bank yang ada dalam Indonesia punya kode atau nomor referensi bank sendiri-sendiri. Kegunaan nomor tersebut ialah memudahkan transaksi dalam setiap layanan yang tersedia seperti ATM, SMS Banking, maupun Internet Banking.

Maksud adanya nomor ini adalah sebagai sarana identifikasi atas transaksi yang berlangsung pada setiap bank. Adakalanya penggunaannya seperti kode bank, yaitu dengan memasukkannya sebelum mengetik nomor rekening tujuan pengiriman Anda. Baru kemudian mengirim uangnya.

Nomor referensi BRI maupun bank lainnya terdiri dari tiga digit angka unik yang telah berada dalam urutan bersama nomor dari bank lain. Kekeliruan no referensi nasabah BRI maupun bank lain menyebabkan kegagalan transaksi atau pengiriman Anda tidak sampai ke tujuan yang benar.

Nomor referensi juga punya kegunaan sebagai tanda yang membuktikan nasabah telah menyelesaikan transaksi dengan benar. Ada banyak cara cek nomor referensi BRI online maupun offline. Anda bisa menggunakan mobile banking dari BRI, mesin ATM, maupun internet banking.

Meski nomor referensi transaksi Bank BRI acapkali hanya sebagai fitur pilihan atau opsional, fungsinya sebenarnya terbilang cukup penting. Kendati ada atau tidak adanya nomor referensi tidak akan berdampak besar terhadap proses transaksi, tetapi ada peran yang tidak merugikan darinya.

Baca juga: Syarat Membuat ATM BRI

Fungsi dan Kegunaan Nomor Referensi BRI

Setiap fitur yang merupakan bentuk layanan dari sebuah bank tidak mungkin tidak memiliki kegunaan. Hanya saja, apakah pengaruhnya signifikan atau rupanya bisa Anda lewati. Termasuk, untuk apa nomor referensi transfer BRI dalam sebuah proses transaksi.

Nasabah BRI bisa tahu nomor referensi dari banknya saat melakukan transfer melalui ATM, internet banking, maupun mobile banking. Walau sifat opsionalnya kerap membuatnya terabaikan oleh nasabah. Nomor referensi yang berisi beberapa angka unik punya maksud penting sebagai berikut:

  • Sebagai sarana untuk membuktikan, bahwa nasabah sudah berhasil melakukan transfer dan menyelesaikan transaksi keuangan dengan bank lainnya.
  • Memberikan tambahan perlindungan atau memproteksi transaksi dari nasabah, bila tanpa sengaja kehilangan resi atau bukti pengiriman.
  • Anda dapat mengecek detail informasi terkait transaksi yang sudah Anda selesaikan sebelumnya melalui nomor referensi.

Jadi pada dasarnya, maksud daripada adanya bagian yang meminta nomor referensi tidaklah terlalu sepele untuk setiap waktu terabaikan. Coba Anda sesekali mengisinya saat sedang melakukan transaksi nontunai.

Cek Nomor Referensi Transfer BRI

Setelah mengetahui berbagai maksud dan kegunaan dari no referensi nasabah BRI, berikutnya adalah cara cek nomor tersebut. Sebagai nomor yang berfungsi untuk transfer, nomor referensi baru bisa Anda cek sesudah transaksi selesai. Jadi gunakan salah satu dari langkah-langkah berikut:

Baca juga: Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI

1. Dari Kertas Bukti Transfer atau Mutasi

Anda bisa mencari tahu detail nomor referensi dengan melihatnya dari kertas bukti mutasi rekening atau transfer. Kertas-kertas resi yang biasa keluar dari mesin ATM sesudah transaksi selesai. Bisa juga berupa resi mutasi dari BRImo atau I-Banking.

2. Bagian atas Laporan Transfer Online

Setiap laporan transaksi atau transfer online ke rekening bank lain seperti ke BCA, ke BNI, ke Mandiri, maupun yang lainnya selalu mengandung tulisan Nomor Referensi. Anda bisa melihatnya pada bagian atas dari laporan tersebut.

Nomor referensi tersebut, nasabah yang membuatnya saat dalam proses bertransaksi. Dalam halaman laporan yang sama biasanya terdapat pula informasi lain. Seperti nomor rekening tujuan, nominal uang yang Anda transfer, tanggal, serta keterangan atau maksud dari transaksi tersebut.

3. Cara Mencari No Referensi BRI yang Hilang

Lebih tepatnya adalah bukti transfer atau laporan transaksi yang hilang, sehingga nasabah tidak dapat memeriksa nomor referensinya. Anda bisa mendatangi kantor cabang BRI terdekat dari tempat Anda. Kemudian kebutuhan Anda akan mendapat bantuan melalui bagian customer service.

Petugas nantinya akan melakukan pemeriksaan berdasarkan nomor referensi dari catatan transaksi Anda yang sebelumnya. Namun, pastikan Anda juga sekalian membawa buku tabungan BRI yang Anda miliki.

Oleh karena petugas juga perlu mengecek catatan mutasi dalam buku tabungan Anda. Jika Anda ke bank, maka setelah pengecekannya selesai, Anda kemudian akan menerima detail tentang transaksi Anda dari pihak bank. Simpan hasil pemeriksaan tersebut dengan baik agar tidak hilang lagi.

Baca juga: Berapa Besar Limit Transfer BRI?

Cara Cek Nomor Referensi Internet Banking BRI

Internet banking pun bisa Anda gunakan untuk mencari tahu berapa no referensi BRI sesuai periode waktu transaksi yang Anda lakukan. Tahapan pengecekan berikut dapat Anda ikuti, yaitu:

  • Anda bisa masuk dulu ke laman internet banking milik BRI, yakni https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  • Silakan login dengan mengisi bagian user ID, kata sandi, dan nomor validation yang biasanya ada pada sisi samping.
  • Setelah mengisi semuanya, tekan Masuk.
  • Tekan pada bagian tiga garis yang ada pada sisi pojok kiri atas layar gawai Anda.
  • Klik pada menu Rekening, lalu Anda pilih Transaksi.
  • Baru Anda bisa menentukan periode waktu mana yang ingin Anda tahu informasi seputar transaksinya.
  • Ketika catatan riwayat dari transaksi Anda sudah muncul, pilih salah satu yang ingin Anda buka.
  • Detail informasi dalam transaksi Anda pada periode waktu terkait akan muncul kemudian. Termasuk nomor referensi.

Cek Nomor Rekening BRI dari Atas Nama Siapa

Cara ini boleh jadi tidak berkaitan dengan cara mengetahui nomor referensi Bank BRI. Namun, tidak kalah penting untuk Anda ketahui sebagai bentuk waspada terhadap nomor-nomor rekening yang mencurigakan. Untuk mengetahui kredibilitas dari rekening tersebut dapat Anda percaya atau tidak.

Kendati demikian, cara ini akan melibatkan bantuan dari situs pihak ketiga. Jadi bukan datang dari layanan langsung bank. Namun, bila Anda memang penasaran, maka silakan gunakan. Anda bisa gunakan situs milik Kredibel, atau berbagai situs web lainnya yang fungsinya lebih-kurang serupa.

Bagaimanapun, penting untuk memastikan keamanan nomor rekening yang Anda tuju sebelum menyelesaikan proses transaksi. Apalagi terkadang ada praktik-praktik penipuan yang menargetkan aktivitas transaksi nontunai antarbank.

Meski sebetulnya beberapa transaksi menyediakan satu halaman yang berisi konfirmasi pengiriman. Melalui halaman tersebut Anda dapat mengecek nomor rekening tujuan pengiriman atas nama siapa. Apakah sudah sesuai dengan seharusnya, atau ternyata beda nama.

Nomor referensi BRI dapat menunjukkan dua maksud. Nomor referensi buatan nasabah sendiri, ataukah nomor referensi sebagai kode unik yang tertulis sebelum nomor rekening. Apa pun itu, nomor referensi memiliki keguaan tersendiri dalam sebuah proses transaksi nontunai.

Tidak ada komentar