BRI Perbankan

2 Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI, Bisa Tanpa Kartu!

Juni 09, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
2 Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI, Bisa Tanpa Kartu!

Seringkali jadi kebingungan dan pertanyaan nasabah bank adalah bagaimana cara mengambil uang 5 juta di ATM BRI. Tiap bank bisa memiliki kebijakan yang berbeda terkait transaksi, seperti limit atau batas maksimal penarikan per hari. 

Sama dengan bank lainnya, bank BRI juga memiliki layanan transaksi perbankan pengambilan uang. Hingga 2023 ini, BRI memiliki 7 jenis kartu BRI, beberapa jenis bisa tarik tunai maksimal 5 juta per hari, tetapi ada juga jenis lainnya yang limitnya sampai 10 juta dan juta per hari. 

Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI, Apa Saja?

BRI menerapkan kebijakan terkait transaksi perbankan. Tiap jenis kartunya menerapkan kebijakan seperti limit penarikan, limit transfer, dan biaya administrasi yang berbeda. Hal tersebut tentunya nanti berpengaruh pada proses transaksi pengambilan uang di ATM BRI. 

Cara mengambil uang di ATM BRI ada dua yaitu, menggunakan kartu dan tanpa kartu alias cardless. Cardless berarti, tapi Anda perlu terdaftar terlebih dahulu pada aplikasi BRImo. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Berapa Besar Limit Transfer BRI?

1. Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI Menggunakan Kartu

Penarikan uang juga berpatokan pada limit penarikan di ATM. Limit mesin ATM BRI sekali ambil dibatasi 2,5 juta rupiah. Sehingga mengambil uang dalam jumlah banyak membuat proses penarikan uang perlu berulang. Berikut terperinci cara mengambil uang 5 juta menggunakan kartu di ATM BRI.

  • Datang ke ATM BRI 
  • Masukkan kartu ATM di sebelah kanan dengan posisi bagian chip lebih dulu masuk dengan menghadap ke atas.
  • Pilih bahasa
  • Ketik 6 digit PIN
  • Pilih menu tarik tunai
  • Pilih nominal 2,5 juta rupiah, jika tidak ada nominal tersebut maka klik 'Jumlah lain' dan ketik 2.500.000
  • Tekan tombol 'Tekan jika benar'
  • Tekan tombol 'Dari rekening tabungan'
  • Tunggu, ambil uang dan struk bukti transaksi

Ulangi langkah tersebut hingga Anda mendapatkan uang 5 juta rupiah. Jika Anda memilih ATM BRI dengan pecahan 100 ribu rupiah, maka per transaksi bisa 2,5 juta rupiah sehingga cukup 2 kali transaksi, Anda sudah dapat 5 juta. 

Namun, jika Anda menggunakan mesin ATM BRI dengan pecahan 50 ribu rupiah maka maksimal penarikan per transaksi adalah Rp1.250.000 saja. Jadi, Anda perlu tarik tunai hingga 4 kali untuk mengambil uang 5 juta rupiah. 

Baca juga: Berapa Saldo Minimal BRI Setelah Penarikan?

2. Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI Tanpa Menggunakan Kartu

Tidak membawa kartu ATM BRI? Tapi punya akun BRImo? Anda bisa ambil uang 5 juta melalui aplikasi BRImo. Bagaimana caranya? Simak langkah berikut. Namun, sebelumnya pastikan HP Anda memiliki akses internet.

  • Jika sudah punya akun, buka aplikasi BRImo
  • Ketik username dan password BRImo, klik login
  • Klik menu tarik tunai
  • Pilih rekening sumber dana
  • Pilih jalur tarik tunai 'ATM' dan pilih nominal 1 juta rupiah
  • Klik Konfirmasi
  • Ketik PIN BRImo 
  • Berhasil jika sudah muncul 6 digit kode penarikan. Kode ini hanya berlaku 5 menit. 
  • Lanjutkan di mesin ATM, tanpa memasukkan kartu ATM, langsung tekan tombol paling bawah sebelah kiri ATM. Biasanya ada tulisan 'Transaksi Tanpa Kartu' dengan arah panah ke tombol paling bawah sebelah kiri
  • Pilih bahasa
  • Klik tombol penarikan tunai
  • Ketik kode penarikan yang sebelumnya dapat dari aplikasi BRImo, klik tombol 'benar'
  • Ketik nomor HP yang digunakan pada Aplikasi BRImo, lalu klik tombol 'benar'
  • Tunggu, lalu ambil uang dan struk bukti transfer. 

Limit per tarik tunai BRImo adalah 1 juta rupiah sehingga jika butuh 5 juta maka Anda perlu mengulang transaksi di BRImo dan Mesin ATM sebanyak 5 kali karena kode penarikan hanya berlaku satu kali, tiap penarikan uang butuh kode penarikan yang berbeda. 

Apa Kelebihan dan Kekurangan Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu dan Menggunakan Kartu?

Kelebihan tanpa kartu adalah pas untuk Anda yang lupa membawa kartu ATM dan hanya membawa ponsel. Anda tetap bisa menarik uang 5 juta hanya dengan mengandalkan aplikasi BRImo dan akses internet.

Anda harus memiliki akun BRImo terlebih dahulu. Bagaimana jika belum terdaftar? Anda bisa daftar dengan bantuan customer service bank atau daftar sendiri secara online pada fitur 'belum punya akun', serta Anda perlu memiliki email.

Sementara itu, kekurangan cardless daripada penarikan dengan kartu ATM adalah Anda perlu mengulang proses penarikan uang yang lebih banyak untuk mengambil uang 5 juta, yaitu hingga 5 kali, kenapa? Karena limit maksimal sekali penarikan BRImo hanya 1 juta rupiah. 

Kelebihan menggunakan kartu adalah tidak perlu melakukan transaksi penarikan tunai sebanyak cardless, sehingga lebih cepat. Cukup 2-4 kali transaksi untuk mengambil uang 5 juta, sedangkan kekurangannya adalah Anda harus selalu siap dengan kartu ATM. 

Baca juga: Bunga Deposito BRI 100 Juta

Apakah Boleh dan Bisa Mengambil Uang 5 Juta dengan Pecahan Berbeda? 

Salah satu kebutuhan nasabah terkadang membutuhkan beberapa pecahan mata uang, misal 50 ribu rupiah dan 100 ribu rupiah. Lantas, apakah boleh dan bisa mengambil uang 5 juta dengan pecahan berbeda?

Jawabannya boleh dan bisa. Namun, tidak sekaligus. Pengambilan uang dengan pecahan berbeda butuh mesin ATM yang berbeda, biasanya tulisan pecahan uang tertera di mesin. Jadi, harus mengambil secara terpisah dan tetap dengan ketentuan limit tarik tunai mesin ATM.

Contoh, ambil 2,5 juta pecahan 100 ribu dan 2,5 juta pecahan 50 ribu. Berarti 2,5 juta pecahan 50 ribu perlu transaksi tarik tunai hingga 2 kali. Apakah bisa mengambil 20 ribu? Sejauh ini, ATM BRI hanya menyediakan tarik tunai dengan pecahan 50 dan 100 ribu rupiah.

Mengenal Limit Kartu ATM BRI 

Kartu ATM BRI ada 7 macam yang memiliki limit atau batas total tarik tunai per hari. Berapa jumlah maksimal penarikan per hari? Antara 5 juta sampai 20 juta per hari tergantung jenis kartu ATM BRI yang Anda punya. 

Jadi, jika limit hanya 5 juta maka setelah ambil 5 juta, Anda tidak bisa mengambil uang lagi di hari yang sama, tarik tunai bisa dilakukan esok hari lagi. Beberapa jenis ATM BRI yang memiliki limit 5 juta yaitu, limit Simpedes dan Simpedes TKI, serta beberapa jenis BRItama

Berapa maksimal penarikan BRItama? Kartu BRItama dengan limit 5 juta hanya jenis BRItama Silver. Sedangkan jenis lainnya seperti BRItama Black, BRItama Bisnis, dan BRItama X Classic memiliki limit 10 juta, serta BRItama X Gold memiliki limit penarikan 20 juta per hari. 

Jadi, semua jenis kartu ATM BRI pasti bisa tarik tunai 5 juta per hari. Ada 2 cara mengambil uang 5 juta di ATM BRI, Anda bisa ambil dengan mengulang 2-4 kali menggunakan kartu ATM, atau tarik tunai hingga 5 kali secara cardless atau melalui aplikasi BRImo. Jadi, cara mana yang Anda suka?

Tidak ada komentar