Bank BTN Perbankan

Auto Grab Fund BTN Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Juni 08, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BTN
Perbankan
Auto Grab Fund BTN Adalah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bank BTN memiliki komitmen untuk memberikan kemudahan transaksi bagi setiap nasabah. Anda sebagai nasabah BTN bisa menikmati program Auto Grab Fund BTN. Auto Grab Fund BTN adalah sebuah pilihan pembayaran yang perlu Anda pertimbangkan. 

Pilihan pembayaran ini memiliki basis digital untuk memberikan proses pembayaran dan transaksi semakin praktis. Namun, mungkin karena inovasi yang diberikan, program pembayaran ini sedikit asing bagi para nasabah Bank BTN.

Bahkan, mungkin ada nasabah Bank BTN yang tidak mengetahui mengenai program dan pembayaran ini. Anda mungkin termasuk yang tidak mengetahuinya, karena itu jangan khawatir berikut akan dijelaskan dengan lengkap mengenai inovasi dari Bank BTN satu ini. 

Pengertian Auto Grab Fund BTN Adalah?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai program ini, Anda sebagai nasabah harus memahami dari dasarnya terlebih dahulu yaitu pengertiannya. Auto Grab Fund atau AGF ini merupakan layanan mobile banking untuk melakukan berbagai transaksi yang bersifat digital. 

Sesuai dengan namanya, Auto Grab Fund memiliki sistem otomatis untuk memudahkan pembayaran. Jadi, jika Anda menggunakan sistem pembayaran ini, Anda bisa membayar berbagai cicilan, kredit, atau angsuran di Bank BTN secara otomatis. 

Jumlah cicilan akan langsung dipotong dari rekening yang dihubungan dengan sistem pembayaran Auto Grab Fund. Jadi, Anda tidak perlu lagi mentransfer sendiri pembayaran diperlukan apalagi sampai harus mengantri di loket untuk melakukan pembayaran secara langsung. 

Dengan sistem ini, Anda tidak hanya merasakan pembayaran yang lebih mudah dan cepat. Namun, lebih tepat waktu dan lebih resmi. Selain itu, pemotongan saldo dijamin akan aman. Saldo tidak akan dipotong melebihi dari kesepakatan antara nasabah dan Bank BTN. 

Jadi, bisa dikatakan AGF atau Auto Grab Fund adalah fasilitas pembayaran otomatis secara digital bagi para nasabah yang memiliki cicilan di Bank BTN. Seringkali fasilitas pembayaran ini disebut dan lebih dikenal dengan istilah autodebet oleh nasabah yang lebih luas.

Baca juga: Bank BTN Tutup Jam Berapa?

Keuntungan Menggunakan Fasilitas Pembayaran Auto Grab Fund BTN 

Jika dibandingkan dengan fasilitas pembayaran lainnya, Auto Grab Fund BTN adalah fasilitas yang dijamin menguntungkan dan lebih aman. Kira-kira apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan fasilitas pembayaran ini. 

Berikut adalah penjelasan selengkapnya, jadi Anda bisa benar-benar mempertimbangkan. Apakah perlu menggunakan sistem AGF untuk pembayaran cicilan yang Anda miliki di Bank BTN:

1. Pembayaran Bisa Dilakukan Jauh Lebih Praktis 

Keuntungan utama menggunakan fasilitas Auto Grab Fund BTN tentu saja pembayaran yang jauh lebih praktis dan lebih cepat. Dengan menggunakan fasilitas ini, tidak perlu Anda melakukan transfer manual untuk membayar cicilan. 

Baik di ATM, maupun di mobile dan internet banking. Apalagi, jika harus mengantri dan melakukan setor tunai langsung di Teller yang ada di Kantor Cabang. Anda tinggal mengisi rekening BTN Anda dengan nada yang diperlukan. Dengan begitu, dana akan terpotong secara otomatis. 

2. Bebas dari Denda Keterlambatan Pembayaran 

Karena pembayaran cicilan dilakukan secara otomatis oleh sistem, yang namanya keterlambatan pembayaran hampir tidak mungkin terjadi dengan sistem ini. Selama, dana yang ada di rekening yang dihubungkan cukup maka pemotongan akan segera dilakukan begitu waktu cicilan dibayarkan. 

Dengan begitu, bagi Anda yang seringkali lupa dengan tanggal dan waktu untuk pembayaran cicilan. Bisa menghindari denda karena keterlambatan pembayaran. Anda pun bisa menghindari penambahan biaya yang tidak diperlukan karena kelalaian pembayaran. 

3. Menghindari Penunggakan Cicilan 

Menggunakan Auto Grab Fund adalah solusi untuk menghindari penunggakan cicilan. Karena besaran cicilan akan dipotong begitu tagihan muncul pada rekening. Pendebitan akan dilakukan secara langsung begitu saldo rekening mencukupi untuk pembayaran tagihan. 

Karena itu, Anda sebagai nasabah hanya perlu fokus mengisi rekening dengan dana yang cukup saja. Sedangkan, pembayaran akan dilakukan otomatis oleh sistem. 

Baca juga: Jam Buka Bank BTN untuk Transaksi dan Lainnya

4. Dapatkan Keuntungan Cashback dan Promo  

Sebagai fasilitas pembayaran yang dipromosikan dan ditawarkan dengan gencar oleh Bank BTN. Bank BTN berusaha membuat banyak nasabah tertarik dengan sistem ini. Karena itu, pada periode-periode pengenalannya ada banyak keuntungan promo dan cashback bagi para nasabah yang memilih AGF. 

Anda sebagai nasabah bahkan bisa mendapatkan keringanan untuk cicilan jika beruntung. Anda bisa memanfaatkan periode pengenal fasilitas pembayaran ini. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa saldo cashback, potongan, voucher, dan berbagai tawaran menarik lainnya. 

Kapan Auto Grab Fund Dilaksanakan oleh Bank BTN?

Para nasabah tidak perlu khawatir dengan pemotongan yang tiba-tiba. Sistem AGF hanya bisa diterapkan oleh Bank BTN begitu ada perjanjian antara nasabah dan Bank BTN. Tanpa adanya kesepakatan penggunaan fasilitas pembayaran ini. 

Bank BTN tidak bisa begitu saja memotong rekening tabungan untuk keperluan membayar cicilan. Jika memang menggunakan sistem pembayaran AGF. Maka, pihak bank dan pihak nasabah akan menyepakati kapan AGF diterapkan pada rekening dan pemotongan dana pada rekening. 

Biasanya, Bank BTN akan menawarkan auto debit pada saldo pada tanggal 7 atau 8 setiap bulannya. Namun, ada pula beberapa program yang menyesuaikan dengan cicilan. Misalnya, pada program KPR BTN, pembayaran akan disesuaikan dengan tanggal mendapatkan rumah dan sebagainya. 

Namun, pada umumnya Bank BTN akan menyarankan tanggal 4 sampai 5 hari sebelum jatuh tempo. Hal ini penting, untuk menghindari tunggakan apalagi ada keterlambatan bayar. Selain itu, jika Anda misalnya kekurangan saldo di rekening yang digunakan. 

Para nasabah BTN memiliki waktu untuk mencukupi saldo yang ada di rekening. Jadi, bisa dipotong saat pembayaran cicilan tiba. 

Baca juga: Cara Transfer Bank BTN

Bagaimana Jika Ada Kegagalan Dalam Pembayaran dengan Auto Grab Fund? 

Walaupun terkesan modern dan minim resiko, namun masih ada kemungkinan kegagalan bayar cicilan dengan sistem Auto Grab Fund. Penyebab yang umum terjadi adalah para nasabah tidak memiliki saldo yang cukup untuk dipotong cicilan. 

Bisa juga, saldo nasabah telalu pas atau mepet untuk dipotong besaran cicilan. Jika hal itu terjadi, maka para nasabah akan dikenakan denda pembayaran pada pembayaran selanjutnya. Biayanya akan dipotong dari saldo rekening ketika rekening sudah kembali diisi. 

Namun, bagaimana jika kegagalan pembayaran berasal dari sistem AGF sendiri. Jika memang auto debet gagal dilakukan karena ada kesalahan sistem atau keterlambatan sistem pembayaran. Para nasabah tidak perlu khawatir mengenai masalah denda dan sebagainya. 

Karena Bank BTN yang akan bertanggung jawab mengenai hal tersebut. Jika Anda merasa ada kejanggalan dalam pembayaran dengan sistem AGF. Tidak perlu ragu, tinggal laporkan saja melalui call center BTN disertai dengan bukti cetak pada buku tabungan Bank BTN. 

Anda akan terbebas dari denda atau biaya tambahan. Apabila terbukti bahwa kegagalan bayar disebabkan oleh kesalahan sistem dari Bank BTN sendiri. 

Dengan pembahasan di atas, Anda semakin mengetahui Auto Grab Fund BTN adalah apa. Informasi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menggunakan sistem ini dalam pembayaran cicilan. Dapatkan berbagai keuntungan dan kemudahan yang sudah dijelaskan dalam pembahasan. 

Tidak ada komentar