BRI Perbankan

Syarat Membuat ATM BRI Berdasarkan Jenis Tabungannya

Agustus 17, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Syarat Membuat ATM BRI Berdasarkan Jenis Tabungannya

BRI merupakan salah satu bank Indonesia yang banyak digunakan, walaupun begitu masih ada nasabah yang tidak mengetahui syarat membuat ATM BRI. Padahal ATM merupakan fasilitas dari Bank yang bisa mempermudah transaksi dan semakin dibutuhkan di zaman sekarang. 

Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh fasilitas ATM. Mungkin, karena sekarang sudah ada fasilitas e-banking atau jarang juga melakukan transaksi dengan kartu ATM. Padahal, fitur ATM tidak hanya sebatas pada penarikan tunai atau akses saja. 

Dengan banyaknya jenis tabungan yang diluncurkan bank BRI, maka syarat untuk setiap jenis tabungan pun berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai ATM BRI, syarat pembuatannya, dan pentingnya membuat kartu ATM. 

Apa Itu Kartu ATM BRI ? 

Sebelum mengetahui syarat membuat ATM BRI, Anda perlu cari tahu dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan kartu ATM BRI itu sendiri. Kartu ATM BRI merupakan kartu ATM yang dikeluarkan oleh pihak Bank BRI untuk para pemilik rekening. 

Bagi, para pemilik rekening bisa menggunakan kartu tersebut untuk mengakses rekeningnya melalui mesin ATM Bank BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. Sama seperti kartu ATM dari bank lainnya, kartu ATM ini bisa diakses dengan kode pin yang harus dirahasiakan oleh para pemilik rekening. 

Fungsi kartu ATM BRI sekaligus yang paling sering digunakan oleh nasabahnya adalah untuk mengambil uang tunai di mesin ATM. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa fungsi dari kartu ATM tidak hanya itu saja. 

Bank BRI mengusung mesin ATM-nya sebagai One Stop Service. Artinya, mesin ATM sudah dilengkapi dengan berbagai fitur. Tidak hanya tarik tunai saja, namun juga untuk membayar tagihan, transfer, bahkan untuk membayar tagihan di e-commerce ketika sedang berbelanja online. 

Syarat Membuat ATM BRI Sesuai dengan Jenis Tabungannya 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Bank BRI memiliki berbagai jenis tabungan. Tentu saja, karena target nasabahnya berbeda, syarat untuk membuat ATM setiap jenis tabungannya pun berbeda. Bagi Anda yang ingin membuka rekening BRI dengan jenis tertentu. 

Tentu saja, Anda harus menyesuaikan persyaratan dengan jenis tabungan yang akan dipilih. Agar Anda tidak salah dalam menyiapkan persyaratan. Berikut adalah persyaratan membuat ATM BRI jika dilihat dari jenis tabungan yang dipilih. 

Baca juga: Cara Mengambil Uang 5 Juta di ATM BRI

1. Membuat ATM BRI Reguler

Untuk tabungan BRI reguler yang merupakan tabungan standar dari BRI. Maka, persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Membawa data diri yang menunjukkan bahwa Anda adalah WNI resmi berupa KTP. 
  • Jika merupakan warga negara asing, maka harus membawa dokumen berupa paspor atau KITAS. 
  • Usia pengurusan ATM minimal 17 tahun.
  • Setoran awal adalah Rp100.000. 
  • Minimal harus menyetorkan dan mempertahankan saldo dengan nominal Rp10.000. 

2. Membuat ATM BRI Simpedes

Simpedes adalah jenis tabungan BRI yang bisa dijangkau dengan BRI Unit. Frekuensi pengambilan saldonya tidak terbatas asalkan dana yang ada di dalam rekening mencukupi. Simpedes juga memiliki fasilitas kartu ATM dengan syarat pembuatannya sebagai berikut: 

  • Menyiapkan data diri resmi berupa KTP dan NPWP. Jika belum memiliki NPWP bisa digantikan dengan mengisi form pernyataan. 
  • Usia kepemilikan rekening dan ATM minimal 17 tahun.
  • Setoran awal adalah Rp250.000 untuk jenis kartu ATM Classic. 
  • Setoran awal adalah Rp10.000.000 untuk jenis kartu ATM Gold. 
  • Setoran selanjutnya harus dengan minimal Rp100.000. 

3. Membuat ATM Tabungan Haji BRI

Sesuai dengan nama tabungannya, Tabungan Haji BRI dikhususkan bagi Anda yang ingin mengumpulkan dana untuk pergi berhaji. Karena memiliki tujuan khusus, dana di rekening ini tidak bisa diambil begitu saja. Untuk pembuatan kartu ATMnya sendiri harus memenuhi syarat di bawah ini: 

  • Memiliki kartu identitas asli berupa KTP. 
  • Melakukan pendaftaran untuk pemberangkatan haji. 
  • Usia kepemilikan rekening dan ATM minimal 17 tahun.
  • Setoran awal untuk pembuatan ATM adalah Rp50.000. 
  • Setoran selanjutnya harus dengan nominal minimal Rp25.000.

4. Membuat ATM BRI Junio di Bawah 17 Tahun

BRI Junio merupakan jenis tabungan yang diluncurkan oleh Bank BRI untuk anak-anak. Jadi, bagi Anda yang usianya masih di bawah 17 tahun bisa memiliki rekening dan ATM sendiri dengan menggunakan jenis tabungan ini. Untuk mengurus ATMnya harus memenuhi syarat di bawah ini: 

  • Orang tua perlu memiliki tabungan di Bank BRI lebih dulu.
  • Mengisi form pembukaan rekening dengan lengkap. 
  • Dokumen identitas diri berupa kartu keluarga atau akte lahir. 
  • Setoran awal tabungan sebesar Rp250.000. 

5. Membuat ATM BRI Junio di Atas 17 Tahun 

Bagi Anda yang usianya di atas 17 tahun tapi masih berstatus pelajar. Tetap bisa mengurus ATM BRI Junio, syarat membuat ATM BRI jenis ini sebagai berikut:

  • Mengisi form pembukaan rekening dengan lengkap. 
  • Dokumen identitas diri berupa KTP atau kartu pelajar. 
  • Setoran awal tabungan sebesar Rp150.000. 

Pentingnya Memiliki Kartu ATM BRI 

Setelah mengetahui syarat membuat ATM BRI yang harus Anda penuhi. Anda mungkin sanksi sebenarnya apa urgensinya memiliki kartu ATM terutama dari Bank BRI. Apalagi, dengan adanya lebih banyak akses yang lebih praktis untuk transaksi. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memiliki kartu ATM BRI sangat penting. Terutama, untuk Anda yang seringkali melakukan transaksi. 

1. Membuktikan Kepemilikan Rekening 

Memegang kartu ATM adalah bukti valid bahwa Anda sudah memiliki rekening aktif di Bank BRI. Kartu ATM sendiri merupakan fasilitas dasar yang diberikan oleh Bank BRI pada nasabah. Setiap Anda membuka rekening baru di Bank BRI pasti akan langsung mendapatkan kartu ATM ini. 

Bank BRI sendiri seringkali mengidentifikasi kepemilikan rekening dengan kepemilikan ATM. Jadi, kartu ATM cukup penting untuk membuktikan kepemilikan Anda atas rekening yang terdaftar di Bank.

Baca juga: Berapa Saldo Minimal BRI Setelah Penarikan? 

2. Transaksi Jadi Lebih Mudah 

Dengan menggunakan kartu ATM, transaksi seperti menarik uang, mengirim uang atau transfer, pembayaran tagihan, tidak perlu Anda lakukan di teller bank. Anda cukup menghampiri salah satu mesin ATM Bank BRI terdekat dan memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya. 

Setiap transaksi yang dilakukan ATM sekarang sudah valid. Jadi, Anda tidak perlu khawatir soal keresmian transaksinya. 

3. Menghindari Tindak Kejahatan 

Membawa kartu ATM alih-alih uang tunai bisa melindungi Anda dari incaran tindak kejahatan. Dengan kartu ATM BRI, Anda bisa membawa uang dalam jumlah banyak tanpa perlu repot. Bayangkan, jika Anda membawa banyak uang tunai dalam dompet atau tas Anda. 

Pastinya, Anda akan menjadi sasaran empuk pencuri atau pencopet. Selain itu, jika kartu ATM BRI hilang atau dicuri. Sistem keamanan dari Bank BRI akan mengunci dan mencegah pencuri untuk mengakses rekening Anda melalui kartu ATM. 

Itulah berbagai syarat membuat ATM BRI beserta dengan pentingnya membuat kartu ATM itu sendiri. Pembuatan kartu ATM di BRI memang harus disesuaikan dengan jenis rekeningnya. Persyaratannya sebenarnya tidak jauh berbeda, namun memang ada syarat yang spesifik pada setiap jenisnya.

Tidak ada komentar