Bank BTN Perbankan

Daftar Kode Bank BTN Untuk Kepentingan Transfer Antar Bank

Agustus 19, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BTN
Perbankan
Daftar Kode Bank BTN Untuk Kepentingan Transfer Antar Bank

Bank BTN merupakan salah satu layanan penghimpun dana nasional yang cukup besar. Kode bank BTN memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi antar bank. Bukan hanya BTN, bank lainnya juga memiliki kode tersendiri untuk membedakannya dengan bank lain.

Sebelum mentransfer dana ke bank BTN, Anda perlu memasukan kode bersamaan dengan nomor rekening. Berikut informasi lain seputar kode Bank Tabungan Nasional.

Kode Bank BTN

Kode bank merupakan tiga angka unik yang menjadi identitas dari suatu layanan perbankan. Masing-masing bank memiliki kode sendiri untuk membedakannya dengan bank lain. Jadi, walaupun melakukan transfer dengan sesama Bank BUMN, Anda tetap membutuhkan kode bank.

Namun, kode bank tidak diperlukan bila melakukan transfer ke sesama rekening BTN. Kode ini hanya berfungsi saat hendak memindahkan dana ke bank lain. Biasanya, kode ini akan diperlukan ketika proses pembayaran angsuran kredit melalui auto debit rekening BTN.

BTN sendiri memiliki kode transfer 200. Jadi, saat melakukan transfer ke BTN dari bank berbeda, masukan angka 200 sebelum rekening tujuan. Transfer melalui internet banking juga membutuhkan kode bank selama nomor rekening yang dituju adalah bank lain.

Misalnya, jika ingin transfer dari rekening BRI ke BTN, BCA ke BTN, atau Mandiri ke BTN, membutuhkan kode 200. Lakukan proses transfer seperti biasa, kemudian pilih transfer antar bank. Masukan kode banknya, kemudian isi nominal dan nomor rekeningnya.

Fungsi Kode Bank

Layanan perbankan di Indonesia sendiri cukup banyak. Ini menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan keuangan yang praktis dan mudah. Maka dari itu, perlu kode khusus yang membuatnya berbeda. Apa saja fungsi kode bank?

Baca juga: Call Center Bank BTN

1. Sebagai Identitas Bank

Kode bank berperan penting sebagai identitas suatu bank. Tanpa adanya kode ini, transaksi ke rekening lain tidak akan berjalan dengan lancar. Kode bank menjadi alat identifikasi atau identitas untuk membedakan bank yang satu dengan bank lain.

Tentu kode Bank BTN berbeda dengan kode bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan lainnya. Selain itu, kode bank juga menjadi alat konfirmasi supaya nasabah terhindar dari berbagai kesalahan transaksi.

2. Memudahkan Transaksi

Fungsi selanjutnya adalah untuk memudahkan proses transaksi. Kemajuan zaman menuntut teknologi berkembang lebih cepat. Keberadaan kode bank bisa menjamin transaksi yang mudah, cepat, dan aman.

Pastikan untuk memasukkan kode yang benar supaya dana bisa berpindah. Sebab, kode yang digunakan nantinya dapat membantu pihak bank untuk memilih dan mengetahui hak serta kewajibannya ketika terjadi transaksi antara dua pihak.

3. Mengetahui Tujuan Transaksi

Perkembangan teknologi yang pesat memang membawa banyak dampak positif. Namun, ini juga sejalan dengan maraknya penipuan melalui media online atau layanan perbankan digital. Keberadaan kode bank bisa membuat pihak bank mengetahui apa tujuan transaksi Anda.

Ketika mentransfer sejumlah uang ke rekening bank lain, Anda akan dimintai keterangan terkait tujuan transaksi. Ada beberapa pilihan, seperti untuk pemindahan dana, investasi, pembelian, atau lainnya.

4. Produk Unggulan Bank BTN

Pertimbangan utama seorang nasabah memilih layanan keuangan adalah produk-produknya. BTN, sebagai bank yang cukup besar, menawarkan cukup banyak produk terbaik sesuai kebutuhan nasabah.

Baca juga: Jam Buka Bank BTN

Apa saja produk unggulan Bank BTN? Berikut daftarnya.

1. BTN Pensiunan

Pertama, ada produk BTN Pensiunan. Produk ini akan mewujudkan impian Anda untuk memiliki dana tabungan di masa tua. Dengan ini, pensiunan bisa menyalurkan dananya untuk transaksi.

Fasilitas dari tabungan ini adalah transfer rutin ke bank BTN atau lainnya setelah pensiun nanti. Lebih untungnya lagi, BTN hanya membebankan sedikit biaya administrasi, yakni cukup Rp2.000 saja.

2. BTN Payroll

Selanjutnya, ada BTN payroll. Tabungan ini memungkinkan Anda untuk membayar payroll perusahaan dengan sangat mudah. Selain itu, layanannya juga meliputi transfer dana rutin. Cara mengaktifkannya juga mudah, cukup mendatangi kantor bank BTN terdekat.

3. TabunganKu

Sesuai namanya, produk ini menyediakan tabungan bagi nasabah. Budaya menabung memang sangat minim di Indonesia, maka dari itu BTN mengeluarkan program menabung. Nantinya, hasil tabungan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari biaya pendidikan, kesehatan, ibadah, sampai tabungan pensiun.

Biaya administrasinya juga sangat terjangkau. Apalagi, setoran awalnya rendah, yakni Rp20.000 saja. Nasabah dapat melakukan transaksi secara mudah, fleksibel, dan efisien.

4. BTN Perumahan

Produk yang satu ini khusus bagi Anda yang mau mempunyai rumah impian. BTN Perumahan bisa menjadi sarana Anda untuk menabung agar dapat tercapai target membeli rumah.

Untuk cicilannya sendiri terbilang ringan dan nasabah bisa mendapatkan hak KPR istimewa. Setiap bulannya, tidak akan ada biaya administrasi yang membebani. Bagi nasabah reguler, saldo awalnya adalah Rp50 ribu dengan setoran Rp2 juta. Kemudian, sisanya tinggal menyetor Rp100.000 per bulan.

Baca juga: Bank BTN Adalah

5. BTN Juara

Bagi para remaja, sudah waktunya membiasakan diri untuk menabung. Produk BTN Juara menjadi pilihan yang tepat, karena cocok untuk usia 12 - 17 tahun. Setoran awalnya sangat terjangkau, yakni Rp50.000 saja. Biaya administrasinya juga gratis.

6. BTN Batara

Produk terakhir adalah BTN Batara. Produk ini ditujukan bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi dengan mudah, baik pembelian maupun pembayaran. Fasilitasnya adalah transaksi efektif di semua ATM BTN dan kantor POS.

Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan fasilitas mobile banking yang membuatnya semakin fleksibel. Untuk produk satu ini, biaya administrasinya adalah Rp12.500 setiap bulan.

Dengan mengetahui kode bank BTN, segala transaksi menjadi lebih mudah termasuk pembayaran cicilan. Anda bisa melakukan transfer dari bank lain ke BTN dengan memasukkan 3 kode unik yang membedakannya dari yang lain.

Tidak ada komentar