Bank Mayora Perbankan

2 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mayora, Mudah dan Bisa Kembali

Agustus 11, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank Mayora
Perbankan
2 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mayora, Mudah dan Bisa Kembali

Sangat penting untuk mengetahui cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mayora. Terutama, bagi Anda yang merupakan nasabah dari bank tersebut. Apalagi dengan maraknya tindak penipuan, dan semua nasabah memiliki potensi untuk menjadi korban kejahatan. 

Apalagi untuk kejahatan skimming ATM yang memang sangat berbahaya. Tindak kejahatan ini bisa membuat pelaku mengetahui informasi pribadi para nasabah. Bahkan, pelaku bisa mengakses rekening Anda dan mengambil semua dana dari rekening yang Anda miliki. 

Walaupun Anda sudah berhati-hati namun masih berpotensi untuk menjadi korban. Jika, Anda berada di posisi sebagai korban. Tidak perlu khawatir, karena Bank Mayora sudah memberikan cara bagaimana uang Anda yang ditarik oleh pelaku bisa kembali pada Anda. 

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mayora

Anda sebagai nasabah tidak perlu panik jika kehilangan uang di ATM Bank Mayora. Karena Bank Mayora telah memberikan alternatif cara untuk mengembalikan uang yang hilang. Terutama, jika memang uang Anda hilang karena adanya praktek penipuan dan kelalaian dari pihak Bank Mayora. 

Bahkan, ada dua cara yang bisa para nasabah lakukan. Pertama dengan melakukan laporan melalui aplikasi Click Mayora atau melaporkannya secara langsung pada kantor cabang Bank Mayora. Berikut adalah langkah yang bisa dilakukan oleh Anda sebagai nasabah: 

Baca juga: Saham Bank Mayora: Profil Lengkap dan Informasinya

1. Mengurus Uang Hilang Melalui Aplikasi Click Mayora 

Cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mayora yang pertama adalah dengan mengakses rekening melalui aplikasi Click Mayora. Click Mayora adalah aplikasi perbankan untuk mengakses rekening nasabah secara online dengan lebih praktis. 

Ternyata, selain akses standar seperti mengecek saldo, transfer, dan transaksi lainnya. Click Mayora juga memiliki fitur keamanan dengan akses praktis untuk Anda. Bahkan, ada akses untuk melaporkan masalah uang hilang di ATM dengan cara sebagai berikut: 

  • Buka aplikasi Click Mayora yang sudah terpasang pada smartphone.
  • Login dengan akun dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya. 
  • Pada tampilan utama aplikasi, pilih opsi ‘Pengaturan’ yang biasanya terletak di pojok kanan bawah aplikasi. 
  • Dalam opsi ini akan muncul beberapa opsi lagi, pilih opsi ‘Block/Unblock Kartu’.’ sesuai dengan tampilan opsi yang tersedia. 
  • Pada layar selanjutnya, Anda akan melihat informasi mengenai kartu ATM dan rekening Anda. Mulai dari nomor kartu, rekening, masa berlaku, limit, dan sebagainya. 
  • Scroll sampai ke bagian bawah, hingga Anda menemukan opsi ‘Block/Unblock Kartu’.
  • Verifikasi pemblokiran kartu dengan memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon. 
  • Pada notifikasi yang muncul, pilih opsi ‘Laporkan’ untuk melaporkan kehilangan uang lebih lanjut. 
  • Pada tampilan selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir dan alasan pelaporan. Isi dengan informasi yang jelas dan sesuai dengan situasi Anda. 
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk mengumpulkan dokumen-dokumen tertentu sebagai bukti. 

Jika laporan sudah dikirimkan maka laporan sudah masuk ke dalam sistem Bank Mayora dan Anda tinggal menunggu tanggapan lebih lanjut saja. Jika memang dari hasil penyelidikan, benar Anda menjadi korban penipuan akibat kelalaian dari Bank Mayora. 

Maka, proses pencairan kembali dana Anda yang hilang akan segera dimulai. Namun, jika memang kehilangan uang di ATM tidak ada hubungannya dengan sistem Bank Mayora atau mungkin dari transaksi yang memang Anda lakukan. 

Pengembalian dana mungkin tidak bisa dilakukan. Namun, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut agar bisa mengetahui pelaku dengan lebih jelas. 

2. Mengurus Uang Hilang di Kantor Cabang Bank 

Jika Anda merasa melaporkannya di aplikasi saja kurang afdol. Maka, Anda bisa langsung melaporkan kehilangan uang di ATM Bank Mayora ini di kantor cabang secara langsung. Cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mayora langsung di kantor sebenarnya cukup mudah dengan langkah di bawah ini:

  • Datangi kantor cabang Bank Mayora terdekat yang ada di area Anda. 
  • Ambil nomor antrean untuk menuju customer services. 
  • Tunggu sampai nomor antrian Anda dipanggil ke meja customer services yang dimaksud. 
  • Jelaskan situasi Anda pada customer service. 
  • Customer services akan meminta kartu identitas, buku tabungan, serta kartu ATM Anda. 
  • Sebagai langkah awal, customer service akan memblokir rekening Anda terlebih dahulu untuk menutup akses pelaku pada rekening Anda. 
  • Kemudian, customer services akan melakukan pengecekan transaksi pada rekening Anda. 
  • Jika memang kehilangan uang disebabkan oleh kelalaian oleh pihak Bank Mayora. Ada kemungkinan pengembalian dana akan segera diurus. 
  • Namun, jika pihak Bank Mayora memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Maka, pengembalian dana akan ditunda sampai hasil penyelidikan selesai dan jelas. 

Sebagai catatan, pada beberapa kantor cabang, ada customer services khusus untuk menangani keluhan dan dugaan penipuan. Karena itu, saat datang ke kantor cabang bank jelaskan situasi Anda terlebih dahulu pada satpam yang berjaga. 

Jika memang ada meja customer khusus, maka Anda akan diarahkan pada meja customer services khusus untuk keluhan tindak penipuan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengantri dalam urutan customer services reguler. Anda bisa langsung melaporkan kehilangan uang di ATM Anda. 

Jika Anda ingin segera memblokir rekening Anda agar tidak lebih banyak uang yang mungkin hilang. Daripada memblokirnya ketika berhadapan dengan customer services. Anda bisa menelepon call center Bank Mayora untuk langsung memblokir rekening dan baru datang ke kantor cabang. 

Wajar jika Anda merasa panik ketika uang hilang dari ATM. Dengan mengetahui cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mayora. Anda bisa jadi lebih tenang dan memiliki harapan untuk mengembalikan uang Anda yang hilang.

Tidak ada komentar