Bank Jatim Perbankan

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Jatim Lengkap

Agustus 10, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank Jatim
Perbankan
Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Jatim Lengkap

Adanya ATM masa kini memudahkan berbagai transaksi seperti transfer, tunai, setor, dan juga berbagai pembayaran lainnya. Nah mungkin Anda pernah mengalami hilangnya tiba-tiba uang dalam ATM? Coba simak cara mengurus uang hilang di ATM Bank Jatim agar Anda bisa melakukan langkah tepat.

Terjadinya hal yang mungkin kurang nyaman dari mesin ATM sangat mungkin terjadi dalam transaksi. Hal ini seperti karena adanya masalah pada jaringan, adanya gangguan listrik atau mungkin hal lainnya. Namun Anda harus tetap tenang dan melangkah dengan bijak agar hal tersebut tidak merugikan Anda.

Langkah Pengaduan Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Jatim

Saat Anda melakukan transaksi pada ATM Bank Jatim terdekat, dan mengalami masalah pada akun Anda seperti ATM tertelan, lupa sandi, atau lainnya, berikut ini adalah langkah yang harus Anda lakukan sebagai pengaduan ke Bank:

1. Pengaduan Lisan

Jika Anda ingin melakukan pengaduan secara langsung dengan lisan, Anda bisa langsung menuju ke Bank Jatim cabang terdekat di daerah Anda. Anda akan bertemu staff dari Bank Jatim yang memberikan pengarahan untuk masalah Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi call center Bank Jatim dengan nomor 14044 dan mengutarakan dengan detail bagaimana masalah Anda. Pastikan data yang Anda berikan sudah benar seperti nama, alamat, dan nomor telepon.

2. Pengaduan Tertulis

Jika Anda ingin pengaduan secara tertulis tanpa lisan, untuk cara mengurus uang hilang di ATM Bank Jatim, Anda bisa mengirimkan email ke info@bankjatim.co.id atau di https://www.bankjatim.co.id. 

Pengaduan Anda harus lengkap dengan tertera detail transaksi keuangan seperti fotocopy dokumen pendukung lain yakni jenis jasa sistem pembayaran yang Anda gunakan, nomor rekening, bukti transaksi, kronologi kejadian berikut detail tanggal dan waktu jam kejadian.

Baca juga: Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BTN

3. Langkah Bank 

Setelah Anda melakukan pengaduan, pihak Bank Jatim akan segera menindaklanjuti dalam waktu 2 hari kerja sejak diterimanya pengaduan. Lama atau tidaknya pengurusan tergantung pula sedetail apa masalah yang sedang Anda alami dengan paling lama 20 hari waktu kerja.

Jika dalam 20 hari belum selesai maka pihak Bank Jatim akan menghubungi Anda untuk konfirmasi. Dan selanjutnya, jika dibutuhkan mediasi perbankan untuk menyelesaikan masalah, mungkin akan dilakukan antara pihak Bank Jatim dan juga konsumen terkait.

Langkah Sigap Uang Tiba-Tiba Hilang dari ATM

Adanya kasus uang tiba-tiba hilang pada beberapa ATM bank yang belakangan terjadi merupakan salah satu kejadian kriminal yang juga dilakukan oleh pihak tertentu. Maraknya penipuan dengan berbagai perantara seperti melalui chat, aplikasi, telfon, surat, dan lain sebagainya memang benar terjadi.

Penipu masa kini semakin kreatif dalam menggunakan berbagai cara demi mendapatkan keuntungan walaupun itu akan merugikan orang lain. Anda harus berhati-hati pada setiap pesan lisan ataupun tulisan yang mencurigakan karena bisa jadi itu adalah modus penipuan untuk menyerap data Anda.

Jika data Anda telah penipu tahui, maka akan lebih mudah lagi untuk membobol ATM bank dan mengambil uang Anda. Nah jika hal ini sampai terjadi dan uang Anda tiba-tiba hilang, ini cara mengurus uang hilang di ATM Bank Jatim:

Baca juga: Pengertian KUR Bank Jatim

1. Lapor Bank

Hal pertama tanpa perlu menunggu lainnya adalah Anda segera melapor pada pihak Bank. Ceritakan kronologi Anda kehilangan uang dengan segera agar penelusuran dan investigasi lebih detail bisa segera pula pihak Bank lakukan.

Berikan bukti jika memang kesalahan bukan pada Anda. Segala bukti chat, struk transfer, dan apa yang ada sebagai bukti penguat masalah Anda bisa Anda berikan pada pihak Bank.

2. Minta Barang Bukti

Sebagai penguat dari masalah Anda, pastikan agar pihak Bank juga telah mengecek CCTV dan detail kapan, dimana transaksi dilakukan oleh pihak terduga. Tentunya untuk ini, Bank akan sangat sulit untuk memberikan dan bertele-tele.

Namun Anda harus tetap sabar dan mengikuti. Setelah Bank memberikan rekaman CCTV berikut data dari transaksi, maka akan diketahui siapa yang telah melakukan penarikan pada uang di ATM Anda.

3. Tunggu Hasil 

Bank tentunya akan membantu sebaik mungkin demi masalah Anda bisa terselesaikan. Investigasi akan dilakukan dan jika ternyata kesalahan hilangnya uang adalah dari pihak Bank, maka uang Anda akan mendapatkan ganti dari Bank.

Namun jika ternyata hasil akhir belum bisa memuaskan Anda, Anda juga bisa meminta bantuan pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan intermediasi pada masalah Anda. 

Baca juga: Kode Bank Jatim: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

4. Bantuan dari Bank Jatim

Jika Anda memerlukan sesuatu terkait informasi, produk, fasilitas, atau masalah lainnya yang Anda alami, Anda bisa memanfaatkan call center dari Bank Jatim pada dial 14044. Dapat Anda telpon baik melalui telepon rumah ataupun ponsel didalam atau diluar jam operasional Bank Jatim.

Info Bank Jatim ini buka 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu dimanapun Anda mengaksesnya. Anda bisa mengetahui informasi saldo dan juga transaksi yang Anda lakukan melalui dial ini. Anda juga bisa melakukan pengamanan diri atas rekening atau mengutarakan keluhan Anda pada dial tersebut.

Dengan Info Bank Jatim, 14044, Bank Jatim telah berupaya dalam memberikan layanan terbaik dengan respon secepat mungkin. Sehingga Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan kepuasan dalam bertransaksi. 

Nah jadi jika Anda ingin melakukan cara mengurus uang hilang di ATM Bank Jatim dengan lebih cepat, gunakan bantuan dari Info Bank Jatim untuk terhubung sewaktu-waktu ya. Lakukan pula pergantian sandi berkala untuk ATM dan ponsel Anda sebagai cara untuk mencegah tindak kriminal pada data Anda.

Tidak ada komentar