Bank Jatim Perbankan

Kode Bank Jatim: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya Lengkap

Agustus 24, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank Jatim
Perbankan
Kode Bank Jatim: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya Lengkap

Setiap bank yang beroperasi di Indonesia pasti memiliki kode bank. Termasuk juga dengan Kode Bank Jatim yang penting untuk bertransaksi. Kode bank merupakan informasi yang vital dan penting. Terdiri atas rangkaian nomor yang berperan sebagai identitas bank. 

Dengan banyaknya bank yang beroperasi di Indonesia dan lalu lintas keuangan serta transaksi yang padat. Akan sulit membedakan transaksi yang dilakukan dari bank tertentu dengan bank lainnya. Dengan adanya kode bank ini, dapat mempermudah untuk mengenali transaksi yang berlangsung. 

Anda sebagai nasabah mungkin familiar dengan penggunaan kode bank dari Bank Jatim ini. Namun, mungkin tidak terlalu mengenali fungsi apalagi manfaat kode banknya. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai kode bank mulai dari pengertian, sampai dengan fungsi dan manfaatnya. 

Kode Transfer Bank Jatim

Kode bank Jatim adalah 114, itu artinya setiap bank lain yang ingin bertransaksi dan berkomunikasi dengan Bank Jatim harus memasukkan nomor ini. Biasanya, nomor ini diletakkan di awal nomor rekening Bank Jatim. 

Penggunaan dari kode bank ini sebenarnya cukup luas dan mencakup berbagai aspek lalu lintas keuangan antar bank. Namun, untuk Anda sebagai nasabah sendiri kode ini sangat berpengaruh ketika ingin melakukan transaksi antar bank yang berbeda.

Pengertian Kode Bank

Ada banyak bank yang beroperasi di Negara Indonesia, lajur transaksi dan keuangan pasti sangat ramai di negara ini. Transaksi pun tidak selalu dilakukan oleh bank yang sama, transaksi juga bisa dilakukan antara dua bank atau lebih yang berbeda. 

Dalam transaksi ini, maka perlu identitas sebagai tanda pengenal dari bank yang digunakan. Karena itu, diciptakan sistem kode bank untuk memperlancar transaksi ini. Secara sederhana, pengertian dari kode bank sendiri adalah serangkaian kode yang menjadi identitas dari bank. 

Kode ini terdiri dari tiga digit angka yang ditentukan secara khusus. Dengan ini, maka komunikasi transaksi antar bank akan lebih mudah. Karena setiap bank memiliki kode yang berbeda, sebagai bank BUMD di wilayah Jawa Timur, sudah pasti Bank Jatim memiliki rangkaian kodenya sendiri.

Baca juga: ATM Bank Jatim Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

Manfaat Adanya Kode Bank Jatim

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kode bank merupakan identitas dari bank yang beroperasi di Indonesia. Tentu saja, kode ini bukan hanya sekedar rangkaian nomor saja. Namun memiliki fungsi yang penting dalam transaksi antar bank. 

Anda sebagai nasabah mungkin mengetahui sekedar untuk mengakses transfer antar bank saja. Karena itu, berikut adalah pembahasan lebih jelasnya mengenai manfaat kode bank:

1. Menghindari Kesalahan Transaksi 

Manfaat utama adanya kode bank termasuk untuk Bank Jatim adalah menghindari terjadinya kesalahan transaksi. Bayangkan saja, jika Anda hanya menggunakan nomor rekening untuk melakukan transfer antar bank. 

Misalnya saja dari Bank BCA ke Bank Jatim, namun ternyata di Bank BCA terdapat nasabah yang memiliki kombinasi nomor rekening yang mirip. Ada kemungkinan bahwa dana yang Anda kirimkan tidak akan sampai di rekening Bank Jatim. 

Selain itu, sulit mengenali asal rekening dari bank mana jika hanya dari nomor rekening saja. Dengan adanya kode bank, maka pengiriman dana dan transaksi bisa dilakukan dengan lebih akurat. Kemungkinan kesalahan dalam transaksi pun semakin kecil. 

2. Melindungi Transaksi yang Dilakukan Nasabah 

Kode Bank Jatim ternyata tidak hanya berperan sebagai identitas saja, kode bank juga memiliki fungsi keamanan. Dengan adanya kode bank, maka transaksi yang dilakukan oleh nasabah Bank Jatim akan lebih terlindungi. 

Karena sistem akan lebih mudah mengenali asal rekening dan memberikan dana pada jalur yang tepat. Tanpa adanya kode bank, mungkin lebih mudah bagi seseorang untuk menyabotase transaksi yang dilakukan oleh nasabah. 

Tentunya hal tersebut akan sangat berbahaya bagi transaksi yang dilakukan. Kode bank membuat tujuan dari transaksi lebih spesifik. Dengan begitu, ada kepastian bahwa dana yang dikirimkan akan masuk ke rekening yang diinginkan. 

Baca juga: Contoh Nomor Rekening Bank Jatim

3. Memperluas Akses Bank 

Adanya kode bank dari Bank Jatim, otomatis membuat akses dari Bank Jatim menjadi lebih luas sampai ke bank lain. Transaksi yang dilakukan antar bank memang lebih mudah, karena tidak perlu kode bank atau membayar biaya administrasi. 

Namun, dengan banyaknya bank yang beroperasi di Indonesia. Akses yang terbatas di dalam satu bank saja tidak bisa diandalkan. Karena itu, kode bank diciptakan agar satu bank dengan bank lainnya bisa terhubung dan melakukan transaksi. 

Ternyata bukan hanya sekedar identitas, manfaat kode bank sangatlah penting. Sebagai nasabah, ada baiknya Anda mengetahui dan menghafal kode bank dari Bank Jatim ini. 

Fungsi Kode Bank Jatim 

Pembuatan kode bank di Indonesia tentu saja bukan tanpa alasan. Ada kebutuhan di mana kode bank ini sangat dibutuhkan untuk transaksi antar bank. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai fungsi dan penggunaan kode bank khususnya yang dimiliki oleh Bank Jatim : 

1. Identitas Bank Jatim Dalam Sistem Keuangan 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak bank yang beroperasi di Indonesia. Mungkin, Anda tidak menyadari bahwa bank yang beroperasi di negara yang sama menggunakan lajur transaksi yang sama. Karena itu, ketika dilakukan transaksi antar bank dibutuhkan identitas khusus. 

Kode 114 yang dimiliki oleh Bank Jatim merupakan identitas Bank Jatim dalam alur dan sistem keuangan yang berlaku di Indonesia. Kode ini akan digunakan dan dibawa pada setiap transaksi yang berhubungan dengan bank lain. 

Baca juga: Bank BTN Tutup Jam Berapa?

2. Membedakan Transaksi yang Dilakukan dengan Bank Lain 

Dalam penggunaan sistem keuangan yang sama, Bank Jatim terlibat dalam jalur finansial yang sama dengan bank lain. Untuk transaksi yang lebih akurat di antara jalur keuangan ini, kode bank berfungsi sebagai alamat tujuan transaksi. 

Dengan alamat yang tepat dan spesifik mengenai asal bank dengan kode ini. Maka, transaksi yang dilakukan dengan bank lain bisa mungkin dilakukan. Selain itu, penggunaan kode juga penting untuk membedakan antara transaksi yang dilakukan dengan sesama Bank Jatim dan Bank lain. 

3. Mempermudah Interaksi Antar Bank 

Walaupun dalam sistem keuangan yang sama, namun setiap bank memiliki kebijakan dan prosedur pengelolaan dananya masing-masing. Tanpa adanya kode bank, kurang dimungkinkan bank satu dengan bank lainnya bisa bertransaksi dalam satu transaksi. 

Karena itu dibutuhkan kode bank untuk setiap bank termasuk dengan Bank Jatim. Adanya kode bank ini akan mempermudah bank yang berbeda untuk berkomunikasi dan bertransaksi. Namun, tanpa perlu menyesuaikan prosedur keuangan dan hal sebagainya. 

Dengan penjelasan fungsi di atas, bisa diketahui bahwa kode bank tidak hanya penting bagi Bank Jatim saja. Semua bank yang ada di Indonesia memerlukannya untuk menunjang aktivitas ekonomi. Jadi, indonesia dan dunia perbankannya bisa memiliki akses yang lebih luas. 

Dengan informasi mengenai kode Bank Jatim, sekarang para nasabah tidak perlu bingung mengenai penggunaan kode bank ini. Pastikan Anda mengingat kode bank ini sebelum melakukan transaksi. Walaupun kode bank ini membuat transaksi lebih aman, Anda sebagai nasabah juga perlu berhati-hati.

Tidak ada komentar