Danamon Perbankan

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Danamon dengan Mudah

Agustus 23, 2023
0 Komentar
Beranda
Danamon
Perbankan
Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Danamon dengan Mudah

Memiliki rekening bank, tentu menjadi hal yang menyenangkan sebab transaksi bisa dilakukan dengan mudah. Namun, nasabah juga harus waspada terhadap kejahatan skimming yang semakin marak. Hal inilah yang menyebabkan banyak nasabah mencari cara mengurus uang hilang di ATM bank Danamon.

Apa itu Skimming?

Skimming merupakan tindak kejahatan yang menyerang perbankan, para pelaku skimming akan mengambil uang di ATM. Biasanya pelaku skimming akan meretas data nasabah, kemudian mengambil uang yang terdapat di ATM tersebut. Tindakan ini tentu sangat merugikan banyak pihak.

Apabila mengalami kondisi ini, nasabah tidak perlu khawatir sebab hal ini bisa diatasi. Namun, ada baiknya jika nasabah bisa menjaga identitas diri agar tidak mengalami kejahatan skimming. Identitas diri yang tersebar secara luas, memudahkan para penjahat skimming untuk membobol ATM.

Jika uang di ATM hilang karena adanya kejahatan skimming, nasabah harus segera mengurusnya di kantor bank terdekat. Hal ini bertujuan agar saldo di ATM dapat kembali, namun nasabah juga harus memperhatikan beberapa prosedur sebelum melakukan hal ini.

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Danamon yang Paling Mudah

Bagi nasabah Danamon yang kehilangan uang di ATM bisa melakukan beberapa cara. Dengan cara ini maka uang bisa kembali. Namun, nasabah harus melakukan beberapa langkah dengan benar. Usahakan untuk mematuhi arahan dari pihak bank. Berikut langkahnya yang harus Anda lakukan, yakni:

1. Pindahkan Saldo

Saat ini banyak sekali nasabah yang menggunakan layanan mobile banking. Layanan ini sangat bermanfaat bagi nasabah terutama saat uang di ATM tiba-tiba hilang. Dengan layanan ini, nasabah bisa memindahkan saldo yang dicurigai dibobol para pelaku skimming.

Namun, nasabah juga harus memastikan bahwa rekening yang akan digunakan untuk memindah saldo juga aman. Apabila nasabah masih takut melakukan cara ini, bisa meminta bantuan kepada orang yang ahli. Usahakan untuk melakukan cara ini dengan cepat, agar saldo di ATM dapat terselamatkan.

Baca juga: ATM Bank Danamon Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

2. Blokir Kartu

Cara mengurus uang hilang di ATM bank Danamon selanjutnya yaitu blokir Kartu. Jika nasabah belum memiliki mobile banking, bisa menggunakan layanan call center bank Danamon di 1-500-090. Sebutkan nama dan nomor rekening yang akan diblokir, agar memudahkan petugas untuk pemblokiran.

Apabila ATM sudah berhasil diblokir, Anda dapat mengunjungi kantor bank terdekat. Hal ini bertujuan agar uang yang hilang bisa kembali. Namun, pastikan bahwa Anda telah membawa sejumlah data seperti KTP dan beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengurus uang hilang di ATM.

3. Kunjungi kantor Bank Danamon Terdekat

Meskipun kartu ATM telah diblokir, nasabah harus mengunjungi kantor bank Danamon terdekat. Hal ini dilakukan untuk mengurus uang yang hilang di ATM. Dengan cara ini, saldo di ATM bisa kembali asalkan nasabah mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Bank.

Pada saat mengunjungi kantor bank Danamon, ceritakan kronologi kejadian mulai dari kapan terjadinya hingga jumlah nominal uang yang hilang. Usahakan menceritakan setiap kejadian dengan detail, agar pihak bank segera memproses pengaduan Anda.

4. Serahkan Dokumen Persyaratan

Setelah menceritakan kronologi kejadian tersebut, nasabah akan dimintai beberapa data. Oleh karena itu nasabah harus memenuhi dokumen persyaratan yang diminati oleh pihak bank. Dengan cara ini maka petugas bank akan memproses pengaduan Anda.

Namun, nasabah juga harus sabar dalam menunggu pengaduan diproses. Setelah proses pengaturan selesai, biasanya nasabah akan mendapatkan ganti sesuai dengan jumlah uang yang hilang. Oleh karena itu, nasabah harus segera mengurus uang yang hilang di ATM agar petugas bisa memprosesnya.

Baca juga: Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mandiri

Cara Mencegah Kejahatan Skimming

Meskipun transaksi menggunakan ATM cenderung lebih mudah, namun nasabah juga perlu waspada. Terlebih kejahatan skimming semakin merajalela seiring dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, nasabah juga harus melakukan pencegahan dari kejahatan skimming seperti:

1. Memilih Mesin ATM yang Aman

Saat ini banyak sekali mesin ATM yang tersebar di berbagai tempat. Namun, nasabah harus memilih mesin ATM yang tepat agar tidak mengalami kejahatan skimming. Gunakan mesin ATM yang ramai, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pilih tempat ATM yang memiliki CCTV.

2. Gunakan Kartu yang Memiliki Chip

Untuk menghindari kejahatan skimming, gunakan kartu yang memiliki chip. Hal ini disebabkan karena kartu dengan chip memiliki pengamanan yang jauh lebih kuat. Kartu ATM dengan chip memiliki informasi yang tidak bisa terbaca tanpa adanya bantuan kode. Oleh karena itu, gunakan kartu ATM dengan chip.

3. Perhatikan Mesin ATM

Pada saat akan melakukan kegiatan transaksi, perhatikan mesin ATM dengan seksama. Pastikan bahwa tidak ada benda-benda yang mencurigakan seperti kamera tersembunyi. Oleh karena itu, raba bagian atas penutup tombol PIN. Jika Anda tidak yakin, maka pergilah ke tempat ATM yang lebih aman.

Baca juga: Biaya Administrasi Bank BJB

4. Tutupi Tangan saat Memasukkan PIN

PIN menjadi salah satu kode yang harus dijaga kerahasiaannya. Oleh karena itu, gunakan tangan untuk menutupi kode PIN saat akan mengambil atau transfer uang di mesin ATM. Hal ini sangat efektif dalam mencegah kejahatan skimming yang sedang marak di Indonesia.

5. Mengganti PIN secara Berkala

Agar PIN ATM tidak mudah diketahui oleh orang lain, Anda harus rutin menggantinya. Cara ini juga efektif dalam mencegah kejahatan skimming. Bahkan banyak nasabah yang telah melakukan cara ini untuk mencegah skimming.

Berbagai macam cara mengurus uang hilang di ATM Bank Danamon tersebut dapat dilakukan nasabah jika mengalami kejahatan skimming. Namun, untuk mencegahnya nasabah juga harus melakukan beberapa tips di atas. Terlebih ATM memiliki peran besar dalam kegiatan transaksi.

Tidak ada komentar