Mandiri Perbankan

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mandiri Bila Terjadi Skimming

November 29, 2023
0 Komentar
Beranda
Mandiri
Perbankan
Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mandiri Bila Terjadi Skimming

Informasi seputar cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mandiri sangat penting untuk berjaga-jaga. Apalagi, bagi Anda yang hidup di kota besar dengan tingkat kriminalitas tinggi. Salah satu bentuk kriminalitas yang banyak terjadi di era modern ini adalah skimming ATM.

Tindakan ini bisa mengakibatkan saldo di rekening berkurang secara otomatis. Biasanya, pelaku akan menjalankan aksinya di ATM publik yang tidak dibekali CCTV. Berikut informasi lainnya seputar skimming dan cara mengurus uang yang hilang di ATM Mandiri.

Penyebab Uang Hilang di ATM Mandiri

Sebelum membahas cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mandiri, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Tentu saja uang di ATM tidak mungkin hilang dengan sendirinya. Penyebab paling umum adalah karena potongan bulanan. Namun, ini tidak akan memakan banyak saldo.

Jika saldo yang terpotong sangat banyak, bisa jadi penyebabnya karena tagihan kartu debit maupun kredit. Biasanya, bank akan melakukan potongan otomatis atas tagihan yang sudah terjadwal. Anda juga bisa mengecek mutasi untuk memastikannya.

Penyebab lain uang hilang di ATM adalah tindakan skimming. Tindakan kejahatan ini marak terjadi, apalagi seiring berkembangnya teknologi dan kemajuan zaman. Tentunya ini membuat nasabah merasa khawatir karena saldo bisa diambil tanpa tersisa dan kartu bisa digunakan untuk hal tidak bertanggung jawab.

Skimming ATM Mandiri

Sebelum mengulik lebih lanjut, tentu Anda harus mendapat informasi terkait apa itu skimming. Skimming adalah tindakan pencurian data atau informasi pada kartu ATM dengan menyalin informasi distrik magnetic kartu. Tindakan ini tentunya ilegal dan termasuk kriminal.

Skimming bisa mencuri data penting, seperti nomor kartu, nomor rekening, PIN, berbagai data kartu, dan lainnya. Pelaku biasanya mengincar kartu kredit maupun debit dengan PIN-nya. Setelah itu, pelaku akan melakukan modifikasi perangkat keras maupun lunak menggunakan alat pembaca kartu.

Bentuk alatnya persis seperti slot mesin ATM. Kemudian, alat ini akan merekam informasi dan menduplikat kartu menggunakan data yang sudah terkumpul. Ini tentu akan merugikan karena saldo ATM bisa terkuras habis atau digunakan untuk keperluan pelaku.

Baca juga: Cara Mengetahui User ID Mandiri

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank Mandiri

Mengurus uang yang hilang di ATM Mandiri tidak semudah yang dibayangkan. Namun, ini juga tidak terlalu rumit selama Anda mengurusnya dengan cepat. Prosesnya tidak membutuhkan waktu lama, bisa mengikuti langkah berikut.

  • Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
  • Sampaikan maksud dan tujuan kepada satpam, kemudian ambil nomor antrian.
  • Setelah itu, tunggu sampai nomor dipanggil petugas.
  • Bila sudah, katakan pada petugas bahwa ATM telah terkena skimming.
  • Sampaikan detail kejadian dengan jelas beserta nomor kartu, nomor rekening, dan lokasi kejadian.
  • Minta petugas untuk memblokir kartu ATM supaya saldo tidak dapat berpindah.
  • Tunggu prosesnya sampai selesai, kemudian buat kartu ATM yang baru. 

Tips Terhindar dari Skimming ATM

Cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mandiri cukup memakan waktu. Maka dari itu, sebaiknya Anda berusaha menghindari tindakan skimming ATM. Bagaimana caranya?

1. Buat PIN Rumit

Salah satu komponen utama yang mendukung tindakan skimming adalah PIN ATM yang mudah ditebak. Anda bisa memilih PIN yang rumit. Jangan menggunakan PIN dari tanggal lahir, inisial, nomor telepon, atau kombinasi serupa.

Buat PIN yang tingkat kesulitannya tinggi. Namun, pastikan Anda tetap mengingatnya supaya tidak terjadi masalah di kemudian hari. Ketika menekan PIN pada tombol, pastikan untuk menutupinya agar orang lain tidak dapat melihat.

Baca juga: Nomor Akun Bank Mandiri

2. Mengganti PIN Secara Berkala

PIN ATM adalah hal yang sifatnya rahasia. Maka dari itu, pastikan tidak ada orang lain yang mengetahui PIN Anda. Jika sudah ada yang mengetahui PIN, ubah secara berkala. 

3. Cari ATM Bank Mandiri Ramai

Tindakan kejahatan apapun tentu akan lebih mudah dilaksanakan bila tempat kejadian sepi. Maka dari itu, pilih ATM yang ramai. Anda bisa memilih tempat yang strategis, seperti di mall, minimarket, SPBU, dan lainnya.

Untuk menjamin tingkat keamanannya, pastikan di sekitar ATM ada kamera pengawas atau CCTV. Biasanya, pelaku kejahatan akan mengecek tempatnya juga. Jika terdapat CCTV, mereka tidak akan berani melakukan aksinya. 

4. Musnahkan Bukti Transaksi

Tips yang selanjutnya adalah dengan memusnahkan seluruh bukti transaksi. Nomor rekening yang tercantum pada bukti tersebut bisa digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. Maka dari itu, sebaiknya sobek bukti transaksi sebelum membuangnya supaya tidak ada jejak sedikitpun.

Baca juga: Nomor Referensi Mandiri

5. Perhatikan Kondisi ATM

Memperhatikan kondisi ATM juga penting. Biasanya, alat skimming dibuat mirip seperti mulut slot kartu ATM. Anda perlu meraba dan melihat dengan sangat detail mulut ATM. 

Bentuknya biasa tipis dan kecil supaya sulit dikenali. Maka dari itu, sebelum bertransaksi langsung perhatikan apakah ada kamera mencurigakan yang dipasang di sekitar area ATM. Supaya lebih aman, Anda bisa menutupi mesin ATM dengan tangan ketika memasukkan informasi kartu, seperti PIN.

6. Beralihlah ke Kartu Chip

Sebelum repot mencari cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mandiri, sebaiknya Anda memanfaatkan kemajuan teknologi. Saat ini, sudah banyak bank yang menyediakan kartu chip. Kartu ATM berteknologi ini mampu menjamin keamanan transaksi.

Saat ini, masyarakat masih banyak menggunakan kartu bentuk magnetic stripe. Padahal, kartu jenis itu rawan terhadap pembobolan. Maka dari itu, segera upgrade kartu dari bentuk magnetic menjadi chip.

Kartu bentuk chip juga lebih mudah digunakan dimana-mana serta memiliki fitur tambahan yang memuaskan nasabah.

Cara mengurus uang hilang di ATM Bank Mandiri memang cukup rumit. Apalagi, jika saldo sudah terlanjur diambil pelaku. Maka dari itu, sebaiknya Anda menjaga kartu ATM dari tindakan skimming. Lakukan beberapa tips di atas dan hindari penyebab uang di ATM hilang.

Tidak ada komentar