Mandiri Perbankan

11 Cara Mengetahui User ID Mandiri Bila Anda Melupakannya

Juni 24, 2023
0 Komentar
Beranda
Mandiri
Perbankan
11 Cara Mengetahui User ID Mandiri Bila Anda Melupakannya

Seorang nasabah bank Mandiri pasti memiliki user ID sebagai identitasnya. Hanya orang yang bersangkutan saja yang dapat melihat user ID beserta kata sandinya. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mengetahui cara mengetahui user ID Mandiri dan penjelasan lebih lanjutnya.

Penggunaan user ID Mandiri sendiri tidak terbatas pada layanan offline saja. Identitas ini juga bisa Anda gunakan bila hendak mendaftar layanan banking. Berikut informasi lanjutannya.

Mengenal User ID Mandiri

Mandiri menjadi bank yang menawarkan pelayanan memuaskan. Untuk menjaga kepuasan nasabah, Mandiri menyediakan fitur internet banking agar nasabah bisa mengaksesnya secara online. Keberadaan fitur ini tentu membuat segala akses dan transaksi menjadi lebih mudah.

Internet banking Mandiri bernama Livin. Nasabah Mandiri bisa mendapatkan layanan ini dengan mudah. Cara aktivasinya juga sangat mudah, bisa melalui ATM atau SMS. Setelah itu, lanjutkan prosesnya ke customer service Mandiri agar layanannya cepat aktif.

User ID Mandiri menjadi tanda identitas seorang nasabah yang memiliki aplikasi Livin. Biasanya, identitas ini terdiri dari 6 kombinasi angka dan huruf. Contoh user ID Mandiri adalah Ani003, Kai712, Tae197, dan lain sebagainya.

Manfaat User ID Mandiri

User ID Mandiri penting untuk keperluan login bila Anda mengunduh aplikasi Livin Mandiri pada perangkat baru. Selain kode identitas ini, proses login juga membutuhkan informasi nomor telepon, nomor kartu ATM Mandiri, dan syarat pendukung lainnya.

Bukan hanya melalui ponsel, User ID Mandiri juga akan diminta saat Anda masuk ke aplikasi ini lewat perangkat komputer atau laptop. Dengan begitu, setiap pengguna Livin wajib mengetahui user ID-nya. Nasabah memang sering mengabaikan informasi terkait kode ini karena tidak pernah dibahas bersama teller bank.

Padahal, fungsi user ID cukup penting, antara lain:

  • Sebagai alat identifikasi unik untuk masuk ke dalam aplikasi maupun sistem bagi setiap pengguna
  • User ID bisa Anda gunakan dalam proses komunikasi antar pengguna atau penerimaan pesan
  • Berfungsi sebagai kredensial pada saat proses akses atau login ke data selama terkait dengan akun pengguna
  • Bisa melacak aktivitas nasabah selama melakukan transaksi dalam aplikasi maupun sistem
  • Memberikan akses atau hal yang berbeda bagi setiap nasabah

Cara Mengetahui User ID Mandiri

Ketika hendak masuk ke aplikasi Livin Mandiri, nasabah perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Nasabah bisa mendaftarkan akun guna mendapatkan user ID beserta passwordnya. Ini berperan penting dalam menunjang keamanan transaksi.

Perlu diingat, User ID dan password adalah rahasia nasabah. Jadi, hanya nasabah bersangkutan yang mengetahuinya. Anda tidak boleh sembarangan membagikan apalagi menyebarkan User ID Anda.

Melihat betapa pentingnya User ID, maka nasabah wajib mengingatnya. Namun, terkadang sebagai manusia Anda lupa dengan password User ID Livin. Situasi akan semakin panik bila hendak melakukan transaksi penting. 

Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti cara mengetahui user ID Mandiri berikut ini. Caranya mudah dan sangat sederhana, terpenting pastikan Anda mempunyai cukup memori untuk melakukan pengunduhan.

  1. Unduh aplikasi Livin Mandiri, kemudian buka
  2. Pilih menu Lupa User ID bila memang tidak ingat kode aksesnya
  3. Masukan nomor kartu ATM berupa 16 digit angka
  4. Masukan Valid Thru beserta tanggal lahir Anda
  5. Kemudian, klik Lanjut dan Anda akan melihat halaman verifikasi SMS
  6. Tekan Lanjut lagi, lalu Anda akan beralih ke SMS dan mendapatkan kode
  7. Jangan mengubah kode, kemudian pastikan Anda memiliki pulsa minimal Rp5.000
  8. Kirim kode tersebut ke SMS 3355
  9. Bila SMS sudah berhasil terkirim, segera buka kembali aplikasi. Biasanya, sistem akan membuka secara otomatis
  10. Aplikasi Livin akan menunggu respon server, lalu Anda bisa memasukan MPIN
  11. Bila MPIN sudah terverifikasi, maka halaman akan menampilkan User ID. Agar tidak lupa lagi, Anda bisa mencatat User ID atau melakukan screenshot

Untuk mengikuti cara ini, pastikan aplikasi Livin Mandiri Anda sudah versi yang terbaru. Ini berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan update pasca berhasil masuk. Pasalnya, Livin akan logout otomatis bila ada update.

Baca juga: Nomor Referensi Mandiri Adalah

Gagal Mengetahui User ID Mandiri

Meskipun sudah mengikuti sebelas langkah di atas, terkadang masih ada nasabah yang gagal mengetahui user ID-nya. Bagaimana jika terjadi demikian? Mungkin Anda bisa memeriksa masalah pada SIM Card.

Pastikan nomor yang Anda daftarkan sama dengan nomor saat pembukaan rekening. Selain itu, pastikan kartu tidak sedang berada dalam masa tenggang dan memiliki pulsa minimal, yaitu Rp5.000. Tanpa adanya pulsa, SMS ke nomor 3355 tidak akan sampai ke pihak Mandiri.

Bila memang masih tak kunjung berhasil, Anda bisa menghubungi customer service Livin Mandiri. Pihak Mandiri tentunya akan menjawab berbagai keluhan nasabah dengan ramah dan cepat tanggap.

Bagi Anda yang memiliki waktu lebih, bisa juga datang langsung ke kantor cabang bank Mandiri terdekat. Tentunya cara mengetahui User ID Mandiri lewat bank langsung akan lebih mudah. Anda akan berkomunikasi langsung dengan teller profesional yang siap membantu masalah Anda sampai selesai.

Tips Membuat User ID Mandiri

User ID memang tampak sangat sederhana, karena hanya terdiri dari sedikit kombinasi huruf dan angka. Namun, jangan sampai Anda meremehkannya. Sebelum membuat User ID, Anda harus memikirkan beberapa hal agar keamanan dan privasi terjamin.

Berikut sejumlah tips pembuatan User ID yang kuat agar tidak mudah dibobol pihak ketiga.

1. Pilih Nama Unik dan Mudah Diingat

Memilih nama pengguna yang unik sangat penting agar tidak mudah ditebak. Jangan menggunakan kata-kata basic yang sudah sering menjadi User ID atau password orang lain.

Meskipun begitu, pastikan Anda mengingat nama ini. Jangan gunakan nama yang terlalu rumit dan berpotensi Anda lupakan. Sebaliknya, gunakan nama unik yang sulit ditebak orang lain, tapi mudah Anda ingat.

Baca juga: Nomor Rekening Mandiri Berapa Digit?

2. Gunakan Kata Sandi Kompleks

Selain User ID, nasabah Livin Mandiri juga perlu menentukan password. Untuk password, minimal terdiri dari 12 karakter dan mengandung kombinasi angka, huruf besar, huruf kecil, serta simbol.

Jangan gunakan kata sandi yang sudah umum atau mudah ditebak. Sebagai referensi, Anda bisa membuat kata sandi dari gabungan tanggal lahir Anda dan pasangan, nama hewan peliharaan, cita-cita masa kecil, atau lain sebagainya. 

3. Jangan Gunakan Informasi Pribadi

Pembuatan nama dan password memang bergantung pada nasabah, sehingga nasabah bisa menentukannya sendiri. Namun, sebagai saran, sebaiknya jangan gunakan data atau informasi pribadi. Usahakan untuk tidak menggunakan tanggal lahir, nama asli, atau potongan nomor ponsel dalam User ID.

Informasi penting ini dapat memudahkan pelaku kejahatan dalam mencuri identitas Anda. Kemudian, data pribadi ini bisa dipergunakan untuk melakukan serangan phising.

4. Jaga Kerahasiaan User ID

Tips yang terakhir adalah dengan menjaga kerahasiaan User ID beserta passwordnya. Jangan memberikan User ID dan sandinya kepada orang lain, bahkan orang terdekat sekalipun. Gunakan fitur 2FA untuk menambah lapisan keamanan akun Livin Mandiri.

Cara mengetahui User ID Mandiri ternyata sangat mudah. Bila lupa, Anda bisa langsung mengganti User ID dan sandinya. Namun, perhatikan tips pembuatan User ID di atas agar akun aman dan terhindar dari segala bentuk tindak kejahatan.

Tidak ada komentar