Maybank Perbankan

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Maybank yang Terkena Skimming

Agustus 28, 2023
0 Komentar
Beranda
Maybank
Perbankan
Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Maybank yang Terkena Skimming

ATM Maybank, sebagaimana bank lain pada umumnya, kadang kala tak luput dari kasus uang hilang. Saldo uang maupun kartu ATM Maybank hilang oleh sebab beberapa hal. Namun, Anda bisa tetap tenang saja, karena cara mengurus uang hilang di ATM Maybank tidaklah sukar.

Modus skimming adalah salah satu penyebab kenapa uang di ATM bisa hilang sendiri. Karena praktiknya kerap menyasar mesin-mesin ATM dan EDC, lalu menyerang strip magnetik pada kartu yang menyimpan data-data nasabah. Urus segera agar uang Anda bisa lekas kembali.

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Maybank

Pada dasarnya, tidak banyak perbedaan signifikan antara proses pengurusan uang hilang dan ATM hilang. Berkas-berkas, tindakan, langkah-langkah, dan persyaratannya kurang lebih serupa. Mulai dengan jangan panik, tahapan tindakan selanjutnya yaitu:

1. Melapor ke Customer Service (CS)

Kehilangan uang maupun kartu ATM sama-sama merepotkan dan membebani pikiran. Anda jadi perlu meluangkan waktu untuk mengurusnya. Langkah pertama sebagai cara mengurus uang hilang di ATM Maybank maupun kartunya adalah dengan menghubungi customer service (CS) bank itu.

2. Blokir Kartu

Nomor telepon Maybank yang dapat Anda hubungi pun bisa Anda temukan dengan mudah. Selama menghubungi CS, sampaikan juga bahwa Anda ingin segera memblokir kartu ATM Anda. Jadi tidak akan ada pihak tak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kartu tersebut.

3. Lengkapi Data-Data

Selama proses pemblokiran tengah berlangsung oleh petugas CS, Anda akan mendapat sejumlah pertanyaan penting perihal ATM Anda. Misalnya, nomor rekening Anda, perkiraan sisa saldo yang masih ada, serta transaksi terakhir yang baru Anda lakukan.

Jika ada transaksi yang mencurigakan, Anda harus lekas melaporkannya juga. Boleh jadi itu merupakan waktu-waktu serangan skimming berlangsung. Bank kemudian pada akhir masa penanganan keluhan akan mengembalikan dana Anda yang hilang. Tergantung hasil penelusuran.

Baca juga: ATM Maybank Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

M2U ID App

Jika terjadi masalah pada kartu-kartu bank Anda seperti hilang, patah, rusak, atau masa berlakunya habis, maka lakukan beberapa tindakan. Anda bisa memanfaatkan M2U ID App. Bisa juga dengan datang ke kantor Maybank terdekat tempat Anda tinggal.

Nomor customer care Maybank yang dapat Anda hubungi yaitu 1500611. Bisa juga menggunakan +6221 78869811 bila yang menghubungi dari luar negeri, dengan tujuan meminta kartu baru. Sementara itu, masa berlaku setiap kartu ATM tertera pada bagian depan kartu.

Keterangannya adalah Valid Thru. Penggunaan M2U ID App untuk melakukan pemblokiran kartu akan menghindarkan Anda dari hal-hal yang lain tak diinginkan. Kemudian pengganti atas kartu ATM Maybank hilang atau bermasalah akan Anda terima, sesuai catatan alamat dalam sistem Maybank.

Penggantian Kartu ATM/Debit Maybank

Jika Anda memanfaatkan M2U ID App untuk melakukan penggantian kartu, maka langkah-langkahnya adalah:

  • Klik simbol yang ada pada sisi kiri atas layar yang menampilkan Rekening Kamu.
  • Pilih menu Manajemen Kartu.
  • Pilihlah menu Kartu Debit/Kartu Kredit, lalu tekan tombol kuning yang ada pada kartu aktif dan pilih Ganti Kartu.
  • Tekan pada Kirim Kartu ATM.
  • Lakukan pemeriksaan kembali terhadap alamat tujuan pengiriman kartu Anda. Jika semua informasinya sudah benar, maka klik Lanjut.
  • Tampilan pun akan beralih dan mengarahkan Anda ke layar konfirmasi penggantian kartu. Lanjutkan dengan mengklik YA.
  • Tentukan rekening mana yang hendak Anda gunakan untuk melakukan pendebitan biaya atas pembuatan kartu.
  • Masukkan TAC yang sudah terkirim ke nomor telepon Anda.
  • Penggantian kartu Anda sudah selesai, dan tunggu saja untuk pengirimannya.

Keamanan Maybank

Sebetulnya, Maybank memiliki standar keamanan yang tinggi pada sistem digital perbankannya guna memastikan setiap transaksi yang nasabah lakukan tetap aman. Standar keamanan oleh bank tersebut bahkan sudah memperoleh ulasan serta izin dari pengawas bank.

Kendati demikian, nasabah sendiri juga harus selalu menjaga kerahasiaan informasi tentang User ID serta password-nya. Bagaimanapun, kedua data tersebut bersifat pribadi. Jadi hanya nasabah sebagai pemiliknya yang boleh mengetahuinya.

Sebagai nasabah, jaga pula Transaction Authorization Code (TAC) Anda tetap dirahasiakan. Pihak bank hanya mengirimkannya ke nomor telepon yang telah terdaftar dalam sistem. Adapun transaksi macam mobile banking sudah sesuai dengan mekanisme dan fitur keamanan yang berlaku.

Baca juga: ATM Bank CIMB Niaga Terdekat

Pencegahan Skimming

Cara mengurus uang di ATM hilang gara-gara skimming memang tidak terlalu rumit. Cara mengembalikan saldo ATM yang hilang juga ada langkah-langkahnya. Namun, akan lebih baik bila Anda melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari musibah uang hilang, seperti:

  • Menutupkan tangan ke atas tombol-tombol PIN. Biasakan untuk selalu melakukan ini saat Anda memasukkan PIN, sekalipun kondisinya sedang sepi. Karena ada pula kasus pencurian dengan memanfaatkan kamera pengintai. Ini berlaku pada ATM maupun mesin EDC.
  • Cek mesin ATM sebelum Anda menggunakannya. Apakah ada yang ganjil pada bagian keluarnya uang, atau tempat memasukkan kartu.
  • Jika Anda tahu terdapat benda atau alat yang sekiranya aneh atau mencurigakan, maka sebaiknya jangan menggunakan mesin ATM-nya. Kalau bisa, laporkan sekalian ke pihak bank melalui nomor telepon yang biasanya tertera pada mesin atau sekitarnya.
  • Perhatikan lokasi tempat ATM tersebut berdiri. Biasanya, pelaku skimming mengincar ATM yang berada dalam area yang gampang sepi dan kurang pengawasan.
  • Gantilah PIN Anda dengan teratur. Bisa dua minggu atau sebulan sekali.
  • Lakukan upgrade terhadap kartu ATM Anda menjadi kartu yang sudah menggunakan chip. Kartu berbasis chip lebih aman dari modus skimming, karena data-datanya terenkripsi.

Ada banyak jalan untuk berbuat jahat dan mengambil uang yang tersimpan dalam rekening Anda melalui ATM. Lakukan tindakan pencegahannya. Namun, bila masih terkena musibah, cara mengurus uang hilang di ATM Maybank tidak sulit untuk Anda lakukan.

Tidak ada komentar