Bank Jatim Perbankan

KUR Bank Jatim: Pengertian, Syarat dan Cara Mengajukannya

Agustus 12, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank Jatim
Perbankan
KUR Bank Jatim: Pengertian, Syarat dan Cara Mengajukannya

Bank Jatim menyediakan banyak produk pinjaman, salah satunya Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR Bank Jatim menawarkan syarat sederhana dengan bunga rendah. Tentu ini membuatnya mendapat perhatian nasabah yang ingin mendapat modal usaha tambahan.

Bank Jatim mampu memberikan pinjaman, mulai dari ratusan ribu sampai ratusan juta. Pinjaman ini hanya untuk nasabah dengan usaha UMKM. Usaha harus produktif dan aktif supaya layak mendapat bantuan. Simak informasi lainnya pada artikel ini.

Pengertian KUR Bank Jatim

Sesuai namanya, Kredit Usaha Rakyat merupakan program dari bank yang memberikan fasilitas pembiayaan bagi UMKM. Pembiayaan ini memiliki pola tertentu dengan jaminan yang sesuai tenor pinjaman.

Tujuan dari program ini adalah untuk memberi dukungan bagi pemilik UMKM produktif, namun masih membutuhkan dana tambahan agar bisa berkembang. Kredit Usaha Rakyat milik Bank Jatim memberikan pembiayaan di berbagai bidang usaha, mulai dari industri, pertanian, perikanan, kehutanan, kelautan, sampai usaha simpan pinjam.

Untungnya lagi, program ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Pemerintah akan berperan sebagai penjamin yang mengawasi jalannya aktivitas pembiayaan. UMKM yang memperoleh bantuan dana wajib melunasi KUR sesuai cicilan, bunga, dan jangka waktu.

Baca juga: Kode Bank Jatim

Syarat KUR Bank Jatim

Bank Jatim memberikan kemudahan bagi para nasabahnya melalui kredit usaha. Ini bisa membantu UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Pemerintah memberi subsidi berupa bunga, sehingga bunga yang ditawarkan Bank Jatim sangat rendah.

Dengan tawaran menarik dan bunga rendah, masyarakat akan terbantu. Namun, KUR ini hanya diberikan kepada nasabah yang mempunyai usaha aktif. Selain itu, bank juga akan melihat produktivitas dan tingkat probabilitasnya.

Layanan Bank Jatim ini tidak bisa Anda dapatkan jika tidak mempunyai usaha sama sekali. Bukan hanya itu, Bank Jatim juga menetapkan persyaratan tersendiri. Apa saja syaratnya?

  • Membawa fotokopi KTP 
  • Sudah berumur 21 tahun paling minimal atau sudah menikah
  • Mempunyai rekening Bank Jatim
  • Memiliki fotokopi surat nikah yang sah dari lembaga peradilan agama
  • Membawa fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi jaminan akta tanah, SHM, atau BPKB
  • PBB untuk tahun terakhir
  • Laporan penjualan atau berbagai nota yang mendukung
  • Surat keterangan usaha
  • Fotokopi NPWP untuk pengajuan nominal pinjaman lebih dari Rp50 juta

Nominal pinjaman untuk kredit usaha memang cukup tinggi. Maka dari itu, tak heran jika Anda harus memiliki jaminan. Pastikan jaminannya juga senilai dengan jumlah uang yang dipinjam.

Baca juga: Cara Transfer BRI ke Bank Jatim

Cara Mengajukan KUR Bank Jatim

Keunggulan yang ditawarkan Bank Jatim tentu saja membuatnya begitu disukai masyarakat. Keberadaan fasilitas ini tidak akan memberatkan nasabah yang butuh modal usaha. Lantas, bagaimana cara mengajukan KUR supaya cepat disetujui?

  • Pastikan Anda sudah memenuhi seluruh persyaratan
  • Kunjungi kantor cabang terdekat dengan membawa sejumlah syarat dokumen
  • Masuklah ke dalam kantor, lalu ambil momor antrean
  • Tunggu sampai Anda dipanggil dan sampaikan jika tujuan Anda adalah untuk mengajukan KUR
  • Petugas bank akan memverifikasi data Anda
  • Bila pengajuannya sudah selesai, pihak bank akan survey lokasi usaha untuk memastikan apakah usaha layak menerima KUR atau tidak
  • Tunggu kabar dari pihak bank terkait pengajuan diterima atau tidak

Proses pengajuan KUR akan memakan waktu sekitar 1 minggu. Pihak Bank Jatim perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu dan menganalisa data-data nasabah.

Bila ternyata pengajuan ditolak, Anda berhak menanyakan alasannya kepada pihak bank. Biasa, penyebab yang paling umum adalah karena riwayat kredit buruk. Selain itu, bisa jadi karena ada kredit perbankan yang masih belum terselesaikan.

Namun, jika masalah penolakan pengajuan karena persyaratan kurang lengkap, Anda bisa segera melengkapinya. Lunasi semua kredit perbankan agar nama Anda kembali bersih ketika BI checking. 

Keunggulan KUR Bank Jatim

Bank Jatim tentu saja menawarkan keunggulan yang membuatnya lebih populer daripada layanan KUR bank lain. Keunggulannya terbilang cukup banyak, apa saja?

Baca juga: Bank Jatim Buka Jam Berapa?

1. Proses Pengajuan Mudah

Nasabah sangat menyukai kemudahan. Kebanyakan nasabah tidak akan mau repot dengan syarat yang sulit. Bank Jatim sendiri hanya mematif persyaratan dasar yang tidak akan memberatkan nasabah.

Proses pengajuannya mudah dan tergolong cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing memikirkan modal untuk mengembangkan usaha.

2. Bunga Rendah 

Keunggulan yang kedua adalah tawaran bunga rendah. Ketika mengajukan kredit apapun, nasabah perlu memperhatikan bunganya. Bunga adalah beban yang harus nasabah bayarkan kepada bank yang timbul karena adanya kredit tertentu.

Pembayaran bunga bisa Anda lakukan setiap bulan. Maka dari itu, sebaiknya pilih bunga yang kecil agar tidak memberatkan Anda. Bank Jatim menawarkan bunga 6% per tahun dengan angsuran setiap bulan supaya tidak membebani.

Namun, bunga bisa berubah sesuai peraturan pemerintah. Jika ada perubahan, nasabah akan mendapat informasi terlebih dahulu agar tidak kaget.

3. Limit Pinjaman Banyak

Kelebihan yang terakhir adalah limit pinjaman yang sangat banyak. Limit merupakan batasan pinjaman yang ditetapkan bank agar debitur tidak meminjam dana melebihi kapasitas atau kemampuannya.

Bank Jatim akan memberikan pinjaman dengan limit ratusan juta. Namun, ini bergantung pada jaminan yang bisa Anda berikan serta riwayat kredit. Bukan hanya limit pinjaman yang besar, Bank Jatim juga menawarkan tenor lama. Anda bisa mengembalikan uang pinjaman dalam jangka waktu 6 bulan sampai 2 tahun.

KUR Bank Jatim akan sangat membantu pengembangan bisnis UMKM di Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika pemerintah turut memberikan dukungannya. Apalagi, syarat pengajuan mudah dan memiliki banyak keunggulan.

Tidak ada komentar