Maybank Perbankan

Daftar Kontak dan Call Center Maybank Indonesia Terlengkap

September 14, 2023
0 Komentar
Beranda
Maybank
Perbankan
Daftar Kontak dan Call Center Maybank Indonesia Terlengkap

Maybank termasuk salah satu bank swasta asing terkemuka di Indonesia. Menurut data pada akhir Desember 2021, Maybank telah memiliki 356 cabang di berbagai kota di indonesia. Dengan semakin banyaknya jumlah cabang dan nasabah, tentu keberadaan call center Maybank semakin diperlukan.

Kabar baiknya, bank swasta di bawah naungan PT Bank Maybank Indonesia tersebut menyediakan beragam saluran komunikasi untuk melayani kebutuhan pelanggan. Mulai dari menjawab pertanyaan hingga melayani pengaduan terkait produk dan jasa. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Kontak dan Call Center Maybank Indonesia

Ada beberapa jenis saluran komunikasi yang bisa Anda pilih untuk menghubungi customer service Maybank Indonesia. Tinggal pilih sesuai kebutuhan dan preferensi, yaitu melalui telepon, email, website, aplikasi mobile, atau media sosial. Berikut daftar nomor dan alamat kontaknya.

1. Nomor Telepon

Jenis saluran komunikasi yang pertama yaitu melalui panggilan telepon. Layanan ini paling direkomendasikan, karena memungkinkan Anda mendapatkan respon lebih cepat pada saat itu juga. Layanannya juga buka 24 jam, serta dapat diakses melalui panggilan telepon kabel maupun nirkabel.

Akan tetapi, layanan telepon Maybank tidak bebas pulsa, sehingga Anda akan dikenai tarif normal provider saat melakukan panggilan. Setidaknya siapkan pulsa telepon sekitar Rp50.000 terlebih dahulu. Kemudian, langsung hubungi customer service Maybank ke nomor 1-500-611 atau 69811.

2. Surat Elektronik (Email)

Jika ingin menyampaikan pesan secara tertulis, Anda dapat mengirimkan surat elektronik ke alamat email resmi Maybank, yaitu: customercare@maybank.co.id. Tuliskan data diri dan sampaikan pesan Anda secara jelas menggunakan bahasa yang santun.

Pihak Maybank akan memberikan balasan sekitar 1x24 jam. Respon tersebut cenderung lebih lama daripada jika melakukan panggilan telepon. Tapi Anda tidak memerlukan biaya pulsa untuk mengirim email. Cukup siapkan kuota data internet atau jaringan WiFi.

Baca juga: Kode Bank Maybank Untuk Transfer Antar Bank

3. Website

Saluran komunikasi bebas pulsa selanjutnya yaitu melalui website. Coba kunjungi website resmi Maybank Indonesia yang beralamat di: https://www.maybank.co.id/others/ContactUs. Di sana terdapat formulir online yang memungkinkan Anda mengirimkan pesan kepada pihak Maybank.

Lengkapi beberapa kolom pertanyaan yang ada di formulir, seperti memilih kategori, identitas diri, dan nomor kontak. Selanjutnya, tulis pesan pertanyaan atau pengaduan di kolom yang tersedia dan tekan tombol Kirim. Nanti pihak Maybank akan memberikan respon ke nomor kontak yang Anda kirimkan.

4. Aplikasi Mobile

Maybank punya 2 aplikasi mobile yang memungkinkan nasabah menghubungi customer service secara praktis. Nama aplikasi mobile Maybank tersebut adalah Maybank2u atau M2U ID App. Lewat aplikasi tersebut, nasabah bisa langsung menyampaikan pertanyaan atau keluhan kepada Maybank.

Aplikasi tersebut bisa diunduh di Google Play Store atau App Store. Namun, nasabah harus melakukan registrasi layanan internet banking terlebih dahulu, yaitu melalui ATM atau datang ke kantor cabang Maybank terdekat.

5. Media Sosial

Maybank memiliki beragam media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter di internet. Meskipun bukan termasuk kontak utama customer service, tapi Anda dapat memanfaatkan beberapa media sosial tersebut untuk berkomunikasi dengan pihak Maybank. Berikut daftar nama media sosial resmi Maybank:

  • Instagram: @maybankid
  • Facebook: Maybank
  • Twitter: @MaybankID

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghubungi Kontak Maybank

Di samping mengetahui daftar kontak dan call center Maybank, ketahui juga beberapa hal penting berikut ini sebelum menghubungi pihak Maybank. Khususnya terkait langkah-langkah menyampaikan aduan beserta dokumen pendukung yang diperlukan. Berikut penjelasannya. 

1. Kategori Layanan Call Center

Maybank melayani dua kategori call center, yaitu:

  • Pertanyaan. Khusus Anda yang ingin bertanya mengenai produk dan layanan Maybank. Misalnya, menanyakan syarat pembuatan kartu kredit, dan sebagainya.
  • Pengaduan. Khusus nasabah yang ingin menyampaikan keluhan seputar produk dan layanan Maybank. Misalnya, mengadukan saldo di rekening tiba-tiba berkurang.

2. Dokumen Pendukung Aduan

Jika Anda ingin melakukan pengaduan terkait produk dan layanan Maybank, maka Anda harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung, di antaranya:

  • KTP nasabah.
  • Dokumen pendukung aduan, seperti bukti setoran, mutasi rekening, statement of account, dan sebagainya.

Jika pengaduan tersebut diwakilkan oleh orang lain, maka perwakilan nasabah tetap harus menyiapkan dokumen pendukung berupa KTP. Selain itu, perwakilan nasabah juga harus menyiapkan surat kuasa dari nasabah, lengkap dengan tanda tangan nasabah.

Baca juga: Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Maybank

3. Prosedur Melakukan Pengaduan

Menyampaikan pengaduan kepada bank tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ikuti prosedur yang berlaku agar pengaduan Anda segera ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh pihak bank. Berikut prosedur dan langkah-langkah menyampaikan pengaduan kepada customer service Maybank.

  • Siapkan dokumen pengaduan yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Lakukan panggilan telepon ke nomor call center Maybank, yaitu 1-500-611.
  • Sampaikan pengaduan Anda secara jelas dan detail, lengkap dengan kronologi kejadian dan bukti-bukti dokumen yang Anda miliki.
  • Nantinya petugas akan memberitahu langkah-langkah penyelesaian, termasuk perkiraan lamanya waktu penyelesaian tersebut. Nasabah juga akan mendapatkan nomor referensi pengaduan sebagai bukti pencatatan pengaduan.
  • Tetap simpan dokumen-dokumen pendukung pengaduan Anda sebaik mungkin jika sewaktu-waktu diminta oleh pihak Maybank.
  • Jika proses penanganan pengaduan Anda belum lebih dari 20 hari kerja, maka pihak Maybank akan memberikan perpanjangan waktu.
  • Jika nasabah merasa keberatan dengan hasil penanganan pengaduan tersebut, nasabah dapat menyampaikan keberatan secara tertulis kepada Maybank.
  • Nasabah juga dapat menyampaikan pengaduan lanjutan kepada pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui telepon, email, atau saluran komunikasi lainnya.

Sekarang tidak perlu bingung lagi jika ingin menghubungi customer service Maybank Indonesia. Langsung hubungi nomor call center Maybank yang aktif selama 24 jam. Atau coba kirim pesan melalui email, website, aplikasi mobile, atau media sosial Maybank yang telah disebutkan di atas

Tidak ada komentar