BWS Perbankan

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BWS dengan Mudah

Oktober 15, 2023
0 Komentar
Beranda
BWS
Perbankan
Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BWS dengan Mudah

Uang hilang dari rekening saat menggunakan ATM adalah salah satu momok paling tidak menyenangkan dalam perbankan. Begitu pula jika itu terjadi kepada nasabah BWS lewat ATM. Kendati demikian, cara mengurus uang hilang di ATM BWS tidaklah sulit.

Selama Anda mengikuti langkah-langkahnya, masalah Anda bisa lekas teratasi. Jangan pula menjadi panik, walau nominal yang hilang besar. Minimal, Anda mendapatkan respons dari pihak untuk menangani masalah kehilangan uang Anda, sehingga ada kemungkinan penggantian dari bank.

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BWS

Pertama-tama sebelum Anda mulai mengikuti tiap-tiap langkahnya, hindari bereaksi panik karena tidak akan mendatangkan manfaat apapun kepada Anda. Tetap tenang, dan ikuti satu per satu prosesnya berikut:

1. Melaporkan Masalah ke Bank

Langkah pertama adalah laporkan masalah yang baru saja Anda alami terkait uang yang hilang ke pihak bank. Anda bisa menelepon Call Center terlebih dulu agar cepat mendapat penanganan pertama, sebelum kemudian datang ke kantor cabang terdekat.

Namun, sebelum mendatangi kantor, siapkan dulu berkas-berkas untuk memenuhi persyaratannya, agar Anda tidak perlu sampai bolak-balik hanya untuk ambil dokumen. Syarat-syarat yang bakal pihak bank minta tersebut biasanya terdiri dari:

  • Kartu identitas, bisa KTP, SIM, paspor, atau semacamnya.
  • Kartu ATM.
  • Buku tabungan atau buku rekening sebagai bukti kepemilikan rekening yang kehilangan uang.
  • Beberapa persyaratan lain biasanya juga termasuk surat bukti kehilangan. Meski tidak semua bank akan meminta itu.
  • Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sejumlah uang Anda telah hilang.

Setelah semuanya lengkap Anda siapkan, maka langsung datang ke kantor cabang BWS terdekat dari rumah Anda.

  • Ketika sudah sampai, Anda ikut antrean untuk ke customer service (CS).
  • Jika sudah berhadapan dengan petugas CS, sampaikan keluhan Anda. Laporkan seluruh kronologi masalah Anda. Jangan ada yang Anda tutup-tutupi atau sembunyikan. Bahkan termasuk waktu kejadiannya, lokasi ATM tersebut, hingga besaran nominal yang hilang.
  • Petugas CS juga akan meminta beberapa dokumen seperti yang sudah Anda bawa. Mulai dari identitas pribadi, bukti kepemilikan rekening, hingga bukti-bukti kehilangan uang.
  • Ikuti keseluruhan prosesnya sesuai instruksi pihak bank.
  • Pihak bank juga akan meminta Anda untuk mengisi formulir permohonan penggantian kartu ATM atau debit.
  • Dalam proses ini, kartu ATM Anda yang lama akan pihak bank blokir. Hal serupa juga bila yang hilang adalah kartu ATM Anda, alih-alih uangnya.
  • Petugas CS pun akan menyelesaikan proses penggantian kartu Anda. Kartu ATM baru bisa Anda terima hari itu juga, tetapi bisa juga beberapa hari kemudian pada hari dan jam kerja.
  • Untuk penggantian kartu ke yang baru, biasanya biayanya sejumlah Rp20.000,00.

2. Menelpon Call Center

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menghubungi Call Center adalah tindakan awal paling cepat yang bisa Anda lakukan. Sesegera mungkin setelah Anda menyadari raibnya uang Anda dari rekening BWS lewat ATM. Apalagi bila sebenarnya Anda tak punya cukup banyak waktu.

Biasanya, data-data yang kemudian pihak bank minta tak berbeda dengan bila Anda datang ke kantor cabang bank. Tujuannya adalah untuk memverifikasi kebenaran data-data Anda dengan yang sudah tersimpan dalam sistem BWS.

Sampaikan juga untuk memblokir kartu ATM Anda, karena data-data dalam strip magnetik dalam kartu tersebut sudah terbajak pelaku skimming. Daripada terjadi hal-hal yang lebih buruk atau sisa saldo Anda berkurang lagi.

Untuk itu, sebutkan pula melalui telepon, nomor rekening dan nama pemiliknya agar pihak bank bisa lekas melakukan tindakan. Setelah menanyakan semua data yang pihak bank perlukan, petugas Call Center pun akan mengarahkan Anda untuk datang ke kantor cabang BWS setempat.

Baca juga: Saldo Minimal ATM BWS

3. Menyediakan Barang Bukti

Mempersiapkan bukti-bukti kehilangan uang Anda dapat memudahkan proses dari cara mengurus uang di ATM hilang. Lebih bagus lagi bila ada rekaman CCTV. Kumpulkan juga bukti-bukti yang tertulis atau tercetak, seperti setruk. Semakin banyak buktinya, kian kuat laporan Anda.

4. Menunggu Proses Berjalan

Setelah pihak bank melalui petugas CS sudah selesai mengumpulkan semua data yang dibutuhkan, maka penelusuran dan investigasi akan berlangsung. Tunggu saja sambil terus menanyakan progres terbaru hingga uang Anda bisa kembali.

Pihak bank pada dasarnya berada dalam aturan untuk harus menangani setiap keluhan nasabah, khususnya masalah-masalah seputar kehilangan uang. Jadi kasus Anda pasti mendapat penanganan dalam jangka waktu beberapa hari kerja.

Baca juga: Cara Transfer Bank BWS ke Bank Lainnya

Pemblokiran Kartu dengan Mobile Banking BWS

Sebagai bagian dari cara mengurus uang hilang di ATM BWS, kartu ATM atau debitnya sendiri perlu Anda blokir. Pemblokiran kartu ATM atau debit BWS bisa Anda lakukan dengan menghubungi Call Center-nya, yakni 1500-012. Bisa pula lewat aplikasi Mobile Banking dari BWS. Tata caranya yaitu:

  • Silakan Anda buka aplikasi Mobile Banking BWS.
  • Pilih bagian Pengaturan yang ada pada halaman beranda, atau halaman depan m-banking.
  • Klik pada Blokir Kartu ATM.
  • Tentukan kartu ATM yang hendak Anda blokir.
  • Klik Setuju.

Anda tinggal mendatangi kantor cabang BWS terdekat untuk mengajukan penggantian kartu ke yang baru. Nantinya, ada kemungkinan akan berganti kartu ATM dengan teknologi chip yang tingkat keamanannya lebih baik. Kartu ATM hari-hari ini sudah menggunakannya.

Masalah lain berupa kartu ATM tertelan atau kartu yang rusak juga kurang lebih melalui proses yang hampir sama. Intinya, masalah apa pun terkait layanan atau fasilitas dari pihak bank, maka harus Anda laporkan ke bank juga.

Cara mengurus uang hilang di ATM BWS tidaklah sulit atau rumit. Hanya saja, Anda mesti meluangkan waktu untuk melaporkannya ke pihak bank. Masalah terkait kehilangan semacam ini bahkan bukan hanya terjadi kepada nasabah BWS lewat ATM, melainkan bisa siapa pun.

Tidak ada komentar