BSI Perbankan

Cara Cek BSI Error Hari Ini di Twitter dan Sampai Kapan BSI Gangguan

Oktober 13, 2023
0 Komentar
Beranda
BSI
Perbankan
Cara Cek BSI Error Hari Ini di Twitter dan Sampai Kapan BSI Gangguan

Bank Syariah Indonesia atau kini BSI sempat mengalami error selama berhari-hari sejak Senin pagi pada tanggal 5 Agustus lalu. Telah ada banyak nasabah yang mengeluhkannya, termasuk lewat Twitter. Anda pun bisa menggunakan cara cek BSI error hari ini di Twitter, misalnya dengan menyampaikan via DM.

Twitter account BSI menjadi ramai setelah sejumlah nasabah mengaku gagal bertransaksi dengan rekening mereka. Bahkan layanan lain macam m-banking BSI error juga. Pun demikian kondisinya walau melalui teller pada beberapa kantor cabangnya. Tak ayal topik ini sampai menjadi trending kemarin.

BSI Error Hari Ini

Sepanjang lebih dari dua pekan lalu, Bank Syariah Indonesia (BSI) telah menjadi sorotan dan bahan perbincangan masyarakat tanah air. Terutama para nasabahnya. Gara-gara terjadinya gangguan layanan yang menurut dugaan saat itu, merupakan serangan siber berupa ransomware.

Akibatnya, BSI terancam mengalami kebocoran data hingga sebesar 1,5 Tb yang berisi sekitar 15 juta data para nasabah dan karyawan. Hampir semua orang tahu, bahwa kebocoran data adalah salah satu bahaya mengerikan yang dapat mengancam para pengguna layanan digital.

Masalah bermula pada saat nasabah menyadari adanya kegagalan dalam bertransaksi melalui ATM. Selain itu, pada saat yang hampir bersamaan ada pula yang mengalami m-banking BSI error. Beragam keluhan –termasuk dari Twitter account—pun segera mendapat respons perbaikan dari pihak BSI.

Cara Cek BSI Error Hari Ini di Twitter

Untuk bisa mengetahui perkembangan eror atau sampai kapan BSI gangguan, salah satunya Anda bisa menggunakan Twitter. Jikapun tanpa melalui DM langsung ke pihak BSI atau membuat tweet ke halaman profilnya, Anda bisa memeriksa dari keluhan-keluhan nasabah lainnya, seperti:

Baca juga: BSI Mobile Error Permintaan Kehabisan Waktu

1. Error Connection Timeout

Connection timeout adalah salah satu tanda bahwa sedang terjadi m-banking BSI error. Masalahnya adalah ketika kemudian bahkan ambil tunai ke bank pun tidak bisa karena belum online. Nasabah yang butuh tarik tunai dadakan untuk keadaan darurat bakal kesulitan.

Nasabah pun tidak tahu sampai kapan BSI gangguan. Jadi kondisi ketidakpastian tersebut memperburuk situasi dan mengganggu aktivitas para nasabah yang mempercayakan uang mereka untuk tersimpan dalam BSI.

2. Tidak Bisa Bayar Cicilan

Masalah lainnya sebagai akibat dari BSI error hari ini yakni tertundanya pembayaran cicilan. Menjadi masalah kemudian saat tanggal jatuh temponya sudah dekat, atau bahkan pada hari yang sama. Karena tidak ada yang tahu sampai kapan BSI gangguan, alhasil para nasabah pun khawatir.

3. Tidak Ada Simpanan Uang Cash

Tidak ada satu pun dari para nasabah yang bisa menebak, bahwa bakal ada masalah dalam layanan BSI. Jadi tentu saja sedikit yang siap dengan simpanan uang cash dalam dompet. Bahkan boleh jadi kebetulan ada yang baru berencana tarik tunai pada hari yang sama dengan gangguan layanan BSI.

Baca juga: Nomor Call Center BSI

4. Kabar BSI Bisa Tarik Tunai

Melakukan pengecekan secara berkala, salah satunya melalui Twitter, dapat memperbarui info BSI hari ini yang bisa Anda ketahui. Minimal menghilangkan kekhawatiran Anda, apakah uang yang Anda simpan masih aman dan baik-baik saja dalam rekening ataukah tidak.

Cara cek BSI error hari ini di Twitter pun kemudian memberi kabar terbaru dari sejumlah nasabah, bahwa telah mulai BSI bisa tarik tunai. Pertama-tama adalah ambil uang lewat teller bank langsung. Pada saat yang sama, tarik tunai melalui ATM BSI sudah normal.

4. Info BSI Hari Ini dari Pihak Bank

Merespons beragam masalah dan banyaknya keluhan akibat error, pihak bank pun memberikan pernyataannya melalui media sosial. Bahwa penyebab berbagai layanan BSI mengalami error adalah adanya maintenance atau perawatan sistem. Sekaligus meminta maaf pula atas ketidaknyamanannya.

Dalam pernyataan tersebut pula pihak bank menjanjikan bahwa uang para nasabah pasti akan tetap aman dalam rekening simpanan masing-masing. Namun, pihak bank pun mengingatkan kepada para nasabah, agar tetap mewaspadai segala bentuk modus penipuan.

Paling penting yakni menjaga betul-betul kerahasiaan PIN enam angka, kode OTP yang masuk lewat pesan teks, maupun kata sandi (biasanya aplikasi). Meski mengatasnamakan BSI sekalipun. Kendati bisa melalui Twitter, keluhan pun sebetulnya bisa pula Anda sampaikan melalui call center BSI.

Baca juga: Kantor Cabang Bank BSI Terdekat

Cara Menghubungi Perbaikan BSI

Ketika tengah terjadi masalah pada layanan BSI, Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk terhubung dengan bagian perbaikan dari BSI, antara lain:

  • BSI Call Center dengan nomor 14040 untuk nasabah dalam negeri. Sementara itu, untuk nasabah luar negeri menghubungi nomor 021-8063-9999.
  • Anda juga bisa menghubungi lewat WhatsApp BSI dengan nomor 081-5841-14040. Ada tanda centang hijaunya, atau sudah verified.
  • Alamat surelnya yakni Contactus@bankbsi.co.id. Tulis dalam huruf kecil semua, bila password ini mengalami kegagalan loading.
  • Informasi yang lebih lengkap bisa Anda dapatkan pada akun resmi BSI www.bankbsi.co.id 

Berangsur Kian Pulih

Setelah berlalunya waktu, secara bertahap layanan perbankan BSI mulai pulih. Begitu layanan BSI sudah normal, para nasabah pun mulai bisa melakukan transaksi, baik lewat kantor cabang maupun ATM. Menyusul kemudian tak berselang lama adalah selesainya perbaikan m-banking BSI error.

Karena tidak langsung serentak, maka yang terlebih dulu pulih kurang lebih 1.200 unit ATM. Begitu pula kantor-kantor BSI yang juga mulai beroperasi kembali. Perkembangan selanjutnya ke depannya juga dalam pantauan. Selama fitur security-nya bagus, maka tidak akan ada lagi kasus-kasus serupa lainnya.

Cara cek BSI error hari ini di Twitter sebetulnya sangatlah mudah. Biasanya bahkan responnya cepat, baik bila Anda menghubungi langsung lewat DM, atau menanyakannya lewat profil BSI. Jangan lupa untuk menambahkan tagar pula dalam pencarian.

Tidak ada komentar