BNI Perbankan

5 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BNI Anti Ribet

September 04, 2023
0 Komentar
Beranda
BNI
Perbankan
5 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BNI Anti Ribet

Uang hilang merupakan salah satu masalah yang ditakuti oleh hampir semua orang. Kehilangan uang bukan hanya berasal dari saku saja melainkan bisa juga saat ditabung di ATM. Cara mengurus uang hilang di ATM BNI tergolong sangat mudah untuk ditempuh para nasabah.

5 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BNI

Pengurusan uang hilang harus dilakukan secara cepat terlebih jika jumlahnya banyak. Sebenarnya banyak sekali penyebab uang hilang di ATM BNI salah satu yaitu pencurian. Hal ini membuat nasabah harus segera menuntaskan pencurian tersebut agar tidak berlanjut. Berikut cara mengurus uang hilang di BNI:

1. Menghubungi Call Center BNI

Langkah pertama yang bisa Anda tempuh saat kehilangan uang di ATM BNI yaitu menghubungi call center. Contact call center BNI bisa Anda dapatkan melalui situs website dari lembaga keuangan tersebut. Nantinya Anda bisa membuat pengaduan terkait uang hilang di ATM BNI.

Nantinya Anda diminta untuk menyertakan bukti kehilangan. Salah satu syarat mengurus uang hilang di ATM BNI yakni menyertakan rekening tabungan dan ATM. Setelah menyertakan bukti, nantinya pihak call center akan memberikan solusi terbaik terkait langkah yang harus Anda tempuh.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit BNI

2. Kunjungi Kantor BNI Terdekat

Sebagai salah satu bank yang menyediakan banyak layanan keuangan, Anda bisa mengunjungi kantor terdekat BNI. Hal ini bertujuan agar pengurusan uang hilang dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Pastikan datang pada pagi hari agar mendapatkan urutan terkecil dan tidak perlu antri.

Saat mengunjungi kantor bank BNI terdekat, Anda harus membawa buku tabungan dan ATM seperti yang diinformasikan oleh call center. Jika sudah mengunjungi bank BNI terdekat, Anda bisa mengurus uang hilang dengan menghubungi customer service. 

3. Buat Pengaduan Terhadap Customer Service

Cara mengurus uang hilang di ATM BNI selanjutnya yaitu membuat pengaduan. Beritahu informasi lengkap mengenai jumlah uang yang hilang, waktu kejadian dan lain sebagainya. Sertakan seluruh bukti kehilangan uang sama seperti saat menghubungi call center.

Biasanya, pihak customer service akan melihat buku tabungan yang Anda miliki. Setelah mengetahui jumlah dan waktu kejadian, Anda diminta untuk menjelaskan kronologi. Kebanyakan nasabah menyadari kehilangan uang di ATM saat akan melakukan transaksi seperti tarik tunai maupun setor.

Baca juga: Cara Beli Pulsa di SMS Banking BNI

4. Ceritakan Kronologi

Pada saat membuat pengaduan, Anda diminta untuk menjelaskan kronologi saat mendapati uang hilang di ATM BNI. Anda bisa menceritakan awal mula menyadari uan di ATM hilang, jumlah yang dan masih banyak lagi. Usahakan menceritakan kronologi dengan jelas dan sesuai kejadian yang sesungguhnya.

Pihak customer service biasanya juga akan menanyakan kejadian sebelumnya saat bertransaksi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab uang hilang di ATM BNI. Setelah mendengarkan seluruh kronologi, nantinya pihak customer service akan mengidentifikasi penyebab uang hilang dan memberi solusi.

5. Ikuti Seluruh Instruksi

Setelah menceritakan kronologi kehilangan uang dengan seksama, nantinya Anda harus menyerahkan buku rekening BNI, ATM dan dokumen penunjang. Cara mengurus uang hilang di ATM BNI ini harus dilakukan sesuai prosedur.

Setelah menyerahkan buku tabungan BNI, ATM dan dokumen penunjang lainnya, Anda bisa menunggu proses penanganan. Jika proses berhasil dilakukan pihak bank BNI akan memberikan informasi dan uang akan dikembalikan oleh pihak BNI maupun pihak lain yang bertanggung jawab penuh. 

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank BNI Akibat Pencurian

Pencurian uang yang dilakukan pihak tertentu pada ATM BNI memang meresahkan nasabah. Hal ini bisa Anda atasi dengan melakukan beberapa tahapan atau cara. Berikut beberapa cara yang bisa Anda tempuh jika uang di ATM BNI hilang akibat dicuri orang:

Baca juga: Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

1. Blokir ATM

Cara mengurus uang hilang di ATM BNI berikutnya yaitu melakukan pemblokiran. Hal ini bertujuan agar tidak kehilangan uang untuk kesekian kalinya. Uang di ATM yang pernah dicuri biasanya berpotensi mengalami kejadian serupa di lain waktu.

Memblokir ATM BNI tergolong sangat mudah lantaran bisa memanfaatkan layanan dari bank bersangkutan. Waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan pemblokiran ATM juga sangat singkat sehingga efisien terhadap waktu dan tenaga.

2. Urus Surat Kehilangan

Setelah Anda memblokir ATM BNI, langkah berikutnya yang harus ditempuh yaitu membuat surat kehilangan. Surat ini berguna sebagai alternatif lain untuk mengurus uang hilang di ATM BNI. Nantinya Anda akan diminta untuk menceritakan kronologi saat mengetahui uang di dalam ATM BNI hilang.

Setelah mengetahui kronologi, nantinya pihak kepolisian akan mengeluarkan surat bukti kehilangan. Pastikan menggunakan surat tersebut sesuai dengan tujuan pengurusan. Hindari menceritakan kronologi secara berlebihan maupun berbohong. Pastikan mengurus surat kehilangan secepat mungkin.

3. Buat Kartu Baru

Setelah mendapatkan surat kehilangan dari pihak kepolisian, Anda juga harus membuat kartu baru. Pengurusan kartu baru bisa dilakukan di cabang terdekat kantor BNI. Pengurusan kartu baru juga bertujuan agar uang tidak dicuri orang lagi. Pembuatan kartu ATM menjadi cara mengurus uang hilang paling efektif. 

Anda juga harus menyiapkan KTP untuk membuat kartu ATM BNI baru. Dengan membuat kartu ATM baru, nantinya Anda tidak perlu khawatir uang hilang karena dicuri orang. Pastikan menjaga privasi kartu ATM BNI dengan seksama, hal ini bertujuan agar uang tidak dicuri oleh orang lagi.

Nah itulah beberapa cara mengurus uang hilang di ATM BNI yang bisa Anda tempuh. Pastikan pengurusan uang dilakukan dengan cepat sehingga uang bisa kembali lagi. Perhatikan kondisi mesin ATM BNI sebelum bertransaksi dan hindari transaksi jika terdapat kamera atau scan di dalamnya.

Tidak ada komentar