BNI Perbankan

3 Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit BNI dengan Mudah

Januari 22, 2024
2 Komentar
Beranda
BNI
Perbankan
3 Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit BNI dengan Mudah

Untuk melengkapi kebutuhan transaksi tertentu, biasanya dibutuhkan informasi tentang nomor kartu debit. Namun, tidak semua orang tahu di mana letak nomor kartu debit tersebut. Apalagi, jika kartu debitnya hilang. Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor kartu debit BNI? Simak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Nomor Kartu Debit BNI

Sebelum membahas cara mengecek nomor kartu debit BNI, ketahui terlebih dahulu apa itu nomor kartu debit. Perlu diingat, nomor kartu debit harus dirahasiakan. Berbeda dengan nomor rekening tabungan yang boleh dibagikan kepada siapapun. Supaya lebih jelas, baca penjelasan di bawah ini.

1. Pengertian Nomor Kartu Debit BNI

Sesuai namanya, nomor kartu debit BNI adalah deretan angka yang terdapat pada kartu debit atau kartu ATM BNI. Jadi, jangan bingung antara nomor kartu debit dan nomor kartu ATM. Karena keduanya sama saja. Jumlah nomor kartu debit/ ATM BNI terdiri dari 16 digit angka.

Jika kartu debit/ ATM BNI Anda masih tersimpan dengan baik, coba perhatikan kartu tersebut dengan seksama. Biasanya deretan angka kartu debit terletak pada tampilan depan kartu debit. Letaknya tepat di bawah chip kartu debit dan di atas keterangan tanggal kadaluarsa kartu.

2. Fungsi Nomor Kartu Debit BNI

Tentu bukan tanpa alasan mengapa banyak orang bertanya cara mengetahui nomor kartu debit BNI. Sebab, kartu tersebut memegang peranan penting dalam transaksi perbankan. Mengutip dari website resmi BNI, nomor kartu debit BNI berfungsi untuk beragam keperluan, antara lain:

  • Pendaftaran layanan digital berlangganan, seperti layanan streaming dari Netflix, MolaTV dan sebagainya.
  • Registrasi, aktivasi, dan validasi layanan BNI Mobile Banking untuk mempermudah transaksi perbankan secara online.
  • Sebagai bukti dan penunjuk identitas pemilik kartu debit/ ATM yang sah.
  • Kelengkapan data saat menggunakan metode pembayaran kartu debit di aplikasi e-commerce, Google Play, dan sebagainya.

3. Pentingnya Merahasiakan Nomor Kartu Debit BNI

Sebelumnya telah disebutkan jika nomor kartu debit BNI harus dijaga kerahasiaannya. Jangan sampai orang lain tahu deretan angka yang tertera pada kartu debit BNI Anda. Namun beda halnya dengan nomor rekening tabungan yang boleh disebarluaskan kepada siapa saja. Berikut alasannya:

Fungsi nomor rekening yaitu sebagai nomor tujuan transaksi. Jika orang lain ingin transfer uang ke rekening Anda, tentu Anda perlu memberitahu nomor rekening Anda. Lagi pula, rekening tabungan tidak dapat dibobol hanya dengan mengetahui nomor rekeningnya.

Fungsi nomor kartu debit/ ATM yaitu sebagai penunjuk identitas nasabah serta menjadi salah satu syarat aktivasi aplikasi Mobile Banking. Karena itu wajib dirahasiakan agar orang lain tidak berupaya membobol rekening Anda melalui aplikasi Mobile Banking atau lainnya.

Cara Mengetahui Nomor Kartu Debit BNI

Mengingat pentingnya nomor kartu debit di atas, sekarang Anda mungkin bertanya-tanya, nomor debit BNI lihat dimana? Jika kartu debit/ ATM BNI tiba-tiba hilang, apakah masih bisa mengecek deretan angka 16 digit tersebut? Tentu bisa. Langsung saja ikuti tutorialnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI

1. Cek di Kartu Debit/ATM BNI

Cara termudah untuk mengecek nomor kartu debit BNI yaitu dengan melihat kartu debit BNI Anda. Atau mungkin Anda lebih familiar dengan menyebutnya kartu ATM yang biasa digunakan untuk tarik tunai ke ATM. Yap, pada dasarnya, kartu debit dan kartu ATM itu sama saja.

  • Coba ambil kartu debit/ kartu ATM BNI Anda.
  • Lihat bagian depan kartu yang memuat informasi dan identitas pemilik kartu.
  • Perhatikan 16 digit angka yang tertera di bagian depan, tepat di bawah chip dan di atas tanggal kadaluarsa kartu. Itulah nomor kartu debit BNI Anda.

2. Cek di Aplikasi Mobile Banking BNI

Bagi Anda yang baru kehilangan kartu debit BNI pasti kebingungan bagaimana cara mengecek nomor kartu tersebut. Tenang saja, karena masih ada cara mengetahui nomor kartu debit BNI tanpa kartu, yaitu dengan mengeceknya di aplikasi Mobile Banking BNI.

Perlu diketahui, cara ini hanya dapat dilakukan oleh nasabah BNI yang telah mengunduh dan mengaktivasi akun Mobile Banking BNI. Jika di HP Anda sudah terpasang aplikasi Mobile Banking BNI dan terhubung dengan akun Anda, maka langsung ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi M-Banking BNI yang ada di HP Anda.
  • Masuk ke akun M-Banking Anda dengan menuliskan username dan password ke kolom yang tersedia.
  • Klik menu "Administrasi" pada layar.
  • Selanjutnya, pilih tulisan "Blokir Kartu Debit" untuk mengetahui nomor kartu debit.
  • Lalu, pilih rekening tabungan yang ingin Anda ketahui nomor debitnya dan klik "Lanjut"
  • Nantinya, akan tampil nomor kartu debit secara otomatis pada layar HP Anda.

Catat nomor kartu tersebut atau screenshoot tampilan layar untuk menyimpannya di galeri HP. Tapi, ingat untuk senantiasa berhati-hati dan menjaga kerahasiaan nomor kartu debit tersebut. Jangan sampai orang lain menyalahgunakannya.

Baca juga: Cara Setor Tunai BNI Lewat Teller dan Mesin ATM

3. Cek ke Kantor Cabang BNI

Karena cara kedua hanya berlaku untuk nasabah yang telah mendaftar akun M-Banking, lantas bagaimana dengan nasabah belum punya M-Banking BNI? Mau cek di kartu, eh kartu debitnya hilang. Mau cek di aplikasi Mobile Banking BNI, tapi belum daftar. Bagaimana solusinya?

Anda bisa melihatnya di buku tabungan BNI. Tapi, Anda perlu datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengeceknya. Nanti ada petugas customer service BNI yang akan membantu dan memberitahu nomor kartu debit BNI Anda. Caranya sangatlah mudah, yaitu:

  • Kunjungi kantor cabang BNI terdekat yang ada di tempat tinggal
  • Ambil nomor antrian untuk layanan Customer Service.
  • Tunggu sebentar hingga nomor antrian Anda dipanggil.
  • Jika sudah dipanggil, masuk ke ruangan atau kubikel petugas Customer Service yang ditunjuk.
  • Sampaikan pada Customer Service yang bertugas bahwa Anda ingin mengetahui berapa nomor kartu debit BNI Anda.
  • Nantinya Anda diminta menyerahkan beberapa berkas, seperti KTP dan buku tabungan.
  • Setelah itu, petugas akan menginformasikan nomor kartu debit Anda.
  • Catat nomor kartu debit tersebut di HP atau buku catatan.

Jika Anda melakukan cara yang ketiga ini, sebaiknya sekalian cetak ulang kartu debit Anda. Prosesnya pun cepat dan mudah. Cukup sampaikan kepada petugas customer service bahwa Anda ingin cetak ulang kartu debit. Misalnya, karena kartu yang lama hilang atau rusak.

Nantinya customer service akan memprosesnya saat itu juga. Tunggu sebentar dan Anda pun bisa mendapatkan kartu debit baru lengkap dengan informasi nomor kartu debit yang tertera pada kartu. Biasanya Anda perlu membayar biaya sekitar Rp25.000 untuk mencetak kartu debit baru.

Jika sudah mendapatkan kartu debit yang baru, pastikan untuk menyimpannya secara hati-hati. Jangan sampai hilang atau rusak lagi. Begitu pula dengan nomor kartu debit yang tercantum pada kartu debit tersebut. Jaga kerahasiaannya dan jangan sampai orang lain tahu.

Ada beberapa cara mengetahui nomor kartu debit BNI yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mengecek kartu debit, melihatnya di aplikasi Mobile Banking, atau bertanya pada customer service di kantor cabang BNI. Ikuti tutorial di atas untuk mencoba salah satu atau semua cara tersebut.

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    28 Januari, 2024
    Selamat siang .bagaimana cara ingin mengetahui no debit yg hilang ..dan Agara aman .mohon bantuannya ..
    1. Maulana Ibrahim
      Maulana Ibrahim
      04 Februari, 2024
      Saya sarankan untuk mengujungi pihak di kantor bank yang bersangkutan agar ditangani dengan lebih aman.