Bank BTN Perbankan

Suku Bunga KPR BTN, Pengertian dan Hal yang Mempengaruhinya

Agustus 01, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BTN
Perbankan
Suku Bunga KPR BTN, Pengertian dan Hal yang Mempengaruhinya

Faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengambil kredit rumah di Bank BTN adalah suku bunga KPR BTN. Walaupun, Bank BTN sendiri sudah cukup terbuka dengan informasi dan simulasi produk KPRnya. Namun, banyak nasabah yang kurang informasi mengenai suku bunga ini. 

Karena itu, jika Anda ingin membeli rumah dengan sistem KPR, lebih baik untuk mempelajari dengan detail mengenai suku bunga. Bank BTN bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bank penanggung jawab. Karena Bank BTN memiliki pengalaman yang mumpuni dalam proses pembayaran ini. 

Pengertian Suku Bunga KPR BTN 

Sebelum mengetahui hal yang mempengaruhi besaran KPR, para nasabah harus mengetahui lebih dahulu. Apa yang dimaksud dengan suku bunga KPR?. Sebenarnya, tidak hanya Bank BTN saja yang memiliki program KPR, banyak bank di Indonesia yang juga menyediakannya. 

Suku bunga pada KPR merupakan besaran balas jasa yang diberikan oleh debitur KPR yang harus dibayarkan pada pihak bank. Tidak heran, jika harga rumah bisa menjadi lebih tinggi jika dibayar dengan metode pembayaran KPR. 

Namun, hal ini bukan sesuatu yang merugikan karena para debitur KPR memiliki waktu yang lebih panjang untuk menyelesaikan pembayaran. Dalam waktu bersamaan masih bisa memanfaatkan rumah tersebut. 

Baca juga: Daftar Kode Bank BTN

Suku Bunga KPR BTN 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, suku bunga bisa dibilang balas jasa debitur pada Bank BTN sebagai penyedia kredit. Bank BTN sebagai bank yang diasosiasikan oleh negara pastinya akan mempermudah nasabah untuk memperoleh hunian dengan program ini. 

Tidak heran, jika besar dari suku bunga yang diberikan oleh KPR BTN termasuk yang paling rendah dibandingkan bank lain yang beroperasi di Indonesia. Suku bunga yang diberikan oleh Bank BTN mulai dari 5,46% saja sampai dengan 11,59% yang merupakan rate tertingginya. 

Pemberian besar KPR ini tergantung dengan program dan posisi debitur sendiri sebagai nasabah Bank BTN. Misalnya saja, bagi konsumen yang memiliki fixed income dan dipilih oleh BTN maka bisa mendapatkan besaran suku bunga 5,46% saja secara fixed selama 1 tahun. 

Untuk nasabah BTN dengan payroll yang kolektif misalnya saja pegawai BUMN, ASN maupun anggota TNI dan Polri. Maka, bisa mendapatkan suku bunga 8,88% yang fixed selama 3 tahun. Untuk memastikan besaran bunga yang Anda dapatkan Anda harus mengetahui hal yang mempengaruhinya. 

Hal yang Mempengaruhi Suku Bunga KPR BTN 

Bank BTN memberikan program KPR BTN pada para nasabah yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Tidak heran, jika ada perbedaan suku bunga antar bank atau antar program yang diberikan oleh Bank BTN. Jangan salah paham, hal ini bukan berarti Bank BTN tidak adil dalam menentukan suku bunga. 

Namun, karena memang ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besar suku bunga KPR. Untuk informasi yang lebih jelas, berikut adalah pembahasannya yang lengkap : 

Baca juga: Call Center Bank BTN

1. Harga Rumah yang Akan Dibeli 

Hal pertama yang mempengaruhi besarnya suku bunga adalah harga dari rumah yang akan dibeli dengan program KPR. Tentu saja, harga rumah yang mahal akan berbeda program KPR nya dengan harga rumah yang relatif lebih rendah. 

Misalnya, untuk plafon pembayaran antara Rp250.000.000 sampai dengan Rp1.000.000.000. Maka, suku bunga yang dikenakan adalah 8,88% selama 2 tahun. Sedangkan, untuk rumah yang harganya dibawah Rp250.000 akan dikenakan suku bunga fixed 9,46% fixed selama dua tahun. 

2. Kebijakan dari Pemerintah 

Sebagai Bank BUMN, Bank BTN akan terdampak langsung oleh kebijakan dari pemerintah dalam bidang perbankan. Penentuan bunga deposito pada dasarnya tidak boleh melebihi ketentuan dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. 

Bank Indonesia sebagai bank nasional memiliki wewenang untuk mengatur peredaran uang dengan menaikkan suku bunga atau menurunkan dengan politik diskonto. Kebijakan ini pun bisa mempengaruhi tinggi dan rendahnya suku bunga yang akan diberikan pada periode tertentu. 

3. Waktu Cicilan Untuk Melunasi KPR 

Keuntungan program KPR adalah Anda memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pembayaran. Namun, jangka waktu Anda untuk melunasi pembayaran KPR itu ternyata bisa mempengaruhi suku bunga yang diberikan juga. 

Untuk durasi pembayaran 1 sampai dengan 5 tahun para nasabah akan mendapatkan bunga fixed mulai dari 5,46% sampai dengan 8,99%. Sedangkan, untuk pembayaran 10 tahun ke atas akan dikenakan suku bunga fixed mulai dari 9,99% sampai dengan 11,59%. 

Baca juga: Jam Buka Bank BTN

4. Profesi dan Penghasilan Debitur 

Pada dasarnya, Bank BTN berharap Anda bisa mendapatkan rumah impian Anda dengan mudah dan tanpa dibayangi dengan beban cicilan yang berat. Karena itu, suku bunga yang diberikan oleh Bank BTN juga bergantung dengan profesi dan penghasilan Anda sebagai debitur. 

Besaran suku bunga bisa disesuaikan dengan rentang waktu dan kemampuan bayar dari para nasabah. Hal ini penting untuk memperkecil kemungkinan gagal bayar atau Anda kekurangan uang untuk membayar suku bunga. 

Mulai sekarang Anda jangan sembarangan mengambil program KPR di bank atau lembaga keuangan lain. Jika ingin mengambil KPR di Bank BTN pastikan sudah mencari informasi suku bunga KPR BTN. Berikut dengan kemampuan yang mempengaruhinya, seperti yang dijelaskan di atas. 

Tidak ada komentar