Bank BJB Perbankan

Kode Bank BJB: Fungsi dan Cara Menggunakannya Lengkap

Mei 26, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BJB
Perbankan
Kode Bank BJB: Fungsi dan Cara Menggunakannya Lengkap

Kode Bank BJB merupakan informasi yang penting bagi para nasabah bank ini. Kode bank ini merupakan informasi vital sebagai informasi dan identitas dari Bank BJB sendiri. Selain itu, sebagai sarana bagi Anda yang merupakan nasabah Bank BJB untuk melakukan transaksi. 

Pada beberapa transaksi, Anda sebagai nasabah tidak bisa melakukannya begitu saja dan membutuhkan verifikasi dan kode pengenal dari Bank BJB. Hal inilah yang dinamakan sebagai kode bank, masing-masing bank di Indonesia pasti memiliki kodenya sendiri-sendiri. 

Kode bank ini dibutuhkan dalam berbagai transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Namun, transaksi yang paling umum adalah ketika melakukan transfer. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah informasi selengkapnya mengenai kode bank dari Bank BJB ini.

Kode Bank BJB Adalah

Merupakan hal yang wajar jika Bank BJB dan juga bank lainnya membutuhkan kode bank untuk membedakan sistemnya. Untuk Bank BJB sendiri kode yang digunakan adalah 110, kode ini merupakan identitas dari Bank BJB ketika melakukan transaksi. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap bank yang beroperasi di Indonesia pasti memiliki kode bank. Sistem kode bank memang diterapkan pada seluruh bank yang beroperasi di negara ini sebagai identitas dan kode pengenal masing-masing penyedia layanan keuangan. 

Secara sederhana, pengertian kode bank BJB adalah serangkaian angka yang membentuk kode. Kode ini menjadi identitas Bank BJB dalam melakukan transaksi. Terutama, pada transaksi yang melibatkan bank lain, di mana setiap bank membutuhkan pembeda tersendiri pada sistemnya. 

Penggunaan dari kode bank sendiri sebenarnya cukup luas, namun untuk nasabah sendiri. Kode bank ini paling banyak digunakan saat transaksi transfer. Terutama, jika Anda ingin mengirimkan dana dari bank lain menuju Bank BJB. 

Kode ini diperlukan sebagai kode pengenal bank agar dana yang dikirimkan bisa sampai di rekening yang tepat. Walaupun berasal dari sistem dan penyedia layanan finansial yang berbeda. Kode ini juga mulai dilibatkan dalam pembayaran tagihan dan e-commerce. 

Hal ini mengingat, e-commerce mulai menggunakan sistem multi platform untuk pembayaran. Untuk memberikan pilihan lebih banyak bagi para pelanggan untuk melakukan transaksi diantara banyaknya pilihan pembayaran untuk transaksi. 

Baca juga: Kantor Bank BJB Terdekat

Fungsi Kode Bank BJB

Kode bank bukan sekedar serangkaian angka yang tidak ada artinya. Tentu saja, ada tujuannya mengapa sistem ini diberlakukan untuk aktivitas transaksi perbankan di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai fungsi dari kode bank khususnya untuk Bank BJB dalam transaksinya:

1. Identitas Bank BJB dalam Melakukan Transaksi 

Seperti yang Anda ketahui, di Indonesia ada banyak layanan perbankan yang beroperasi. Mulai dari bank milik negara yang berstatus BUMN. Sampai dengan bank milik swasta juga beroperasi di Indonesia. Bank BJB yang merupakan singkatan Bank Jawa Barat juga termasuk di antaranya. 

Bank BJB sendiri berstatus sebagai Bank BUMD yang didirikan untuk mendukung perekonomian di wilayah Jawa Barat. Sebagai bank yang beroperasi di Indonesia, terutama sebagai Bank BUMD, BJB sangat rawan dan sulit dibedakan dengan bank BUMD dan bank lain yang beroperasi di Indonesia. 

Karena itu setiap layanan akan diberi kode bank yang berbeda. Untuk Bank BJB sendiri kodenya adalah 110 dan bank lain mendapatkan kode bank yang berbeda. Misalnya saja seperti kode Bank DKI adalah 111 dan wilayah lain serta bank lain yang memiliki kode yang berbeda. 

2. Membedakan Tujuan Transaksi dengan Bank yang Lain 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kode bank BJB ini seringkali digunakan untuk transfer antar bank yang berbeda. Dengan adanya kode bank ini, maka tujuan transaksi transfer yang dilakukan antar bank akan semakin jelas tujuannya. 

Karena kombinasi nomor rekening saja tidak cukup untuk menjadi tujuan transaksi. Maka dari itu, ditambahkan kode bank agar tujuan transaksi semakin spesifik. Hal ini pun mengurangi kemungkinan error ketika sedang melakukan transaksi. 

Baca juga: Bank BJB Adalah: Pengertian, Produk, Kelebihan dan Cara Mendaftarnya

3. Lebih Mudah untuk Bertransaksi Antar Bank 

Dengan adanya kode bank di Indonesia, semakin mudah bagi Anda sebagai nasabah untuk bertransaksi sekalipun dengan bank yang berbeda. Karena sistem keuangan tidak akan bingung menentukan asal dan tujuan transaksi. 

Kode bank sudah menjadi identitas bank dan menjadi semacam alamat untuk melakukan transaksi. Dengan begitu, kesalahan dan error dalam transaksi bisa diminimalisir. 

Dari fungsi kode bank ini bisa dilihat, bahwa kode bank untuk Bank BJB memiliki peranan yang sangat penting. Tidak hanya untuk Bank BJB saja, sepertinya kode bank juga mempengaruhi alur transaksi dengan bank lain secara keseluruhan. 

Cara Menggunakan Kode Bank BJB untuk Transaksi 

Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, Anda tentu harus mengetahui bagaimana cara memanfaatkan kode bank dari Bank BJB ini untuk melakukan transaksi. Utamanya untuk transaksi transfer antar bank di mana kode ini sangat dibutuhkan. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara untuk menggunakan kode bank ini. Terutama, untuk transfer yang dilakukan dari bank lain:

1. Transaksi Melalui ATM 

ATM merupakan media yang paling sering digunakan oleh para nasabah Bank BJB untuk melakukan transaksi transfer. Jika ingin mengirim uang dari rekening bank lain ke Bank BJB bisa melakukan cara di bawah ini:

  • Datangi mesin ATM dari Bank yang ingin digunakan di area Anda. 
  • Masukkan kartu ATM dan kode keamanan untuk mengakses rekening.
  • Pilih menu ‘Transfer’ untuk mengirim uang. 
  • Kemudian, tuliskan nominal uang yang akan ditransfer. 
  • Pada kolom tujuan rekening, ketik angka ‘110’ terlebih dahulu diikuti dengan nomor rekening Bank BJB yang menjadi tujuan. 
  • Konfirmasi transfer yang akan dilakukan. 
  • Setujui transaksi sampai transfer berhasil dilakukan. 
  • Setelah melakukan transaksi ini para nasabah akan mendapatkan struk. Struk ini bisa menjadi tanda bukti fisik bahwa transaksi antar ATM sudah dilakukan. 

2. Transaksi Melalui Mobile Banking

Selain menggunakan ATM ada cara yang lebih praktis lagi untuk melakukan transfer. Walaupun menggunakan layanan mobile. Beberapa layanan mobile banking masih membutuhkan kode bank untuk transfer antar rekening. Jika Anda memanfaatkan mobile banking langkahnya sebagai berikut : 

  • Buka aplikasi mobile banking sesuai dengan bank yang digunakan pada perangkat. 
  • Login dengan akun mobile yang sudah didaftarkan. 
  • Pilih menu ‘Transfer’ pada tampilan utama mobile banking. 
  • Pilih Bank BJB sebagai bank tujuan transfer. 
  • Masukkan kode bank 110 lalu diikuti dengan nomor rekening tujuan. 
  • Masukkan nominal yang akan dikirimkan pada rekening Bank BJB. 
  • Konfirmasi transaksi maka transfer akan segera dilakukan. 

Karena dilakukan secara online, Anda tidak akan mendapatkan struk seperti transaksi di ATM. Namun, jangan khawatir Anda tetap mendapatkan tanda transfer berhasil di aplikasi Anda. Pemberitahuan tersebut bisa didownload atau screenshot sebagai bukti transfer yang sah. 

Dengan informasi mengenai kode Bank BJB di atas para nasabah tidak perlu bingung lagi mengenai transaksi berbeda bank. Keberadaan kode ini juga sangat penting untuk kemudahan transaksi, jadi diharapkan para nasabah untuk mengetahuinya dan tahu cara memanfaatkannya. 

Tidak ada komentar