Bank BJB Perbankan

Bank BJB Adalah: Pengertian, Produk, Kelebihan dan Cara Mendaftarnya

Juni 17, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank BJB
Perbankan
Bank BJB Adalah: Pengertian, Produk, Kelebihan dan Cara Mendaftarnya

Bank BJB adalah Bank yang berada di bawah naungan pemerintah Jawa Barat dan Banten. Bank ini berkantor pusat di Bandung. Bank BJB didirikan sejak bulan Mei tahun 1961 dengan bentuk PT, yang selanjutnya berkembang menjadi Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD.

Saat ini, Bank BJB telah memiliki 65 kantor cabang, cabang pembantu sebanyak 314 kantor, kantor kas sebanyak 349, 1.529 ATM dan juga 5 kantor wilayah. Pada bulan November 2007, Bank ini memiliki nama Bank Jabar Banten namun di tanggal 2 Agustus 2010 berubah nama menjadi Bank BJB.

Produk Bank BJB yang Wajib Diketahui

Bank BJB juga hampir sama dengan bank lainnya, yang memiliki beberapa program. Dimana program tersebut dapat digunakan oleh masyarakat Jawa Barat. Berikut beberapa produk yang disediakan oleh Bank BJB yang wajib Anda ketahui:

1. Tabungan

Ketika nasabah menggunakan Bank BJB, juga bisa melakukan penabungan. Dimana, hal ini akan memudahkan para nasabah ketika akan menyimpan uang di bank. Nasabah juga akan diberikan tabungan yang menarik seperti BJB Tandamata. 

Tabungan Tandamata merupakan tabungan dengan suku bunga kompetitif serta perhitungan bunga harian. Menariknya, terdapat banyak jenis tabungan Tandamata yang bisa dipilih nasabah sesuai dengan keinginannya. 

2. Deposito

Deposito saat ini seringkali diminati oleh banyak masyarakat, sebab memiliki manfaat yakni simpan jangka panjang dengan hasil yang cukup memuaskan. Beragam pilihan deposito bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan keinginannya.

Menariknya, deposito juga dapat dijadikan sebagai agunan atau jaminan kredit. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menggunakan deposite pada salah satu bank. Bank BJB menyediakan deposito seperti BJB Deposito Suka-suka, BJB Deposito Valas dan BJB Deposito Diskonto.

Baca juga: Cara Daftar BJB Mobile Banking

3. Giro

Giro adalah salah satu produk dalam bank, dimana proses penarikannya bisa dilakukan kapan saja hanya dengan selembar cek. Menariknya, para nasabah juga dapat melakukan simpanan dengan sistem Giro pada BJB.

BJB menawarkan 2 variasi untuk giro yakni BJB Giro valas yang memiliki beberapa mata uang asing. Selain BJB Giro Valas terdapat BJB Giro Perorangan yang mampu perjalanan bisnis para nasabah dengan lebih mudah.

4. Kredit

Ketika akan mendirikan suatu usaha, banyak masyarakat yang mengajukan pinjaman modal kepada Bank. Menariknya, para nasabah juga dapat mengajukan kredit atau pinjaman ketika menggunakan BJB. Menariknya, terdapat beberapa pilihan kredit yang disediakan BJB untuk para nasabahnya.

Pengajuan kredit di BJB terbilang cukup mudah, sehingga banyak orang yang memilihnya untuk mengatasi permasalahan keuangan. Pilihan kredit di BJB bervariasi seperti BJB Kredit Guna Bhakti, BJB KPR, BJB KPPB dan juga BJB KPB.

5. BJB SiMuda

Bagi para pelajar atau mahasiswa, tetap dapat menabung di BJB. Sebab, bank BJB adalah bank yang memiliki program SiMuda sehingga dapat menjadi pilihan simpanan untuk pelajar dan mahasiswa. Berbagai fitur menarik juga disediakan oleh BJB.

BJB SiMuda juga menawarkan investasi yang cukup menarik, sehingga dapat dicoba oleh berbagai kalangan pelajar. Hal ini tentu memudahkan para nasabah untuk menentukan tujuan tabungan seperti pendidikan, wisata, pensiun dan masih banyak lagi.

Kelebihan Bank BJB Adalah?

Bank BJB memiliki berbagai kelebihan yang akan menguntungkan bagi para nasabahnya. Selain itu, Bank BJB juga memiliki berbagai fitur yang sangat menarik sehingga sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa kelebihan Bank BJB yang wajib Anda ketahui:

1. Biaya Administrasi Terjangkau

Ketika memilih Bank, banyak aspek yang harus diperhatikan salah satunya biaya administrasi saat melakukan transaksi. Ketika menggunakan Bank BJB, nasabah akan merasakan biaya administrasi yang cukup terjangkau. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menggunakan Bank BJB.

Baca juga: Daftar Limit Transfer BJB ke Bank Lain

2. Program Tabungan Memiliki Layanan E-Banking

E-Banking merupakan sebuah layanan yang dapat memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi secara online melalui smartphone. Dengan hadirnya program ini, memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja.

3. Nasabah Memiliki Hak Untuk Menikmati Berbagai Fasilitas

Sama halnya dengan bank pada umumnya, nasabah bank BJB juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas seperti ATM dan juga kartu debit. Dimana kartu ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi baik sesama bank maupun bank yang berbeda.

4. Nasabah Berkesempatan Mendapatkan Hadiah

Bank BJB memiliki program undian nasional Simpeda yang dapat diikuti oleh nasabahnya. Terlebih tabungan Simpeda memiliki respon positif dari pengguna bank ini. Pada tahun 2021, Bank ini juga mengadakan undian dengan total hadiah hingga Rp 3 miliar.

Syarat Buka Rekening BJB

Untuk membuka rekening BJB hampir sama dengan bank pada umumnya, namun calon nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah ketika akan membuka rekening BJB, yakni :

  • Mengisi formulir untuk membuka rekening BJB
  • Melampirkan fotocopy identitas seperti KTP, sementara untuk warga negara asing dapat dapat berupa paspor, kartu izin tinggal terbatas (KITAS)
  • Bagi KTP yang berdomisili di wilayah kantor cabang wajib melampirkan dokumen keterangan domisili atau surat keterangan lainnya
  • Jika memiliki NPWP bisa dilampirkan
  • Untuk rekening non perorangan dapat melampirkan dokumen kepemilikan dan juga legalitas perusahaan.

Cara Mendaftar BJB Secara Online

Ketika malas mendaftarkan bank secara offline, calon nasabah juga dapat mendaftarkan bank BJB secara online. Namun, sebelum itu calon nasabah harus mengetahui langkah-langkah mendaftarnya. Berikut cara mendaftarkan Bank BJB Secara Online

  1. Buka website https://eform.bankbjb.co.id
  2. Kemudian Anda akan diarahkan ke tampilan menu utama dan nasabah dapat mengklik menu Simpanan
  3. Ketika nasabah melihat menu Giro Perorangan, Giro Non perorangan dan BJB Tandamata dapat memilih menu BJB Tandamata. Kemudian klik menu Daftar Rekening
  4. Ketika sudah berhasil mengklik menu tersebut, Anda akan diarahkan pada layar yang berupa informasi persyaratan dan ketentuan lalu klik menu Proses
  5. Selanjutnya centang kalimat Setuju
  6. Kemudian isikan data diri pada halaman yang tersedia, jika telah selesai klik Preview
  7. Periksa seluruh data yang diisikan, kemudian klik captcha dan Submit
  8. Nasabah akan mendapatkan nomor registrasi yang dapat dibawa ke bank BJB terdekat untuk dicetak menjadi rekening.

Apakah Bank Ini Menyediakan BJB Mobile Banking ?

Sama halnya dengan bank lainnya, BJB juga menyediakan layanan secara digital. Dimana para nasabah dapat mendownload aplikasi BJB di PlayStore maupun AppStore untuk menikmati berbagai layanan hanya bermodalkan smartphone dan internet.

Layanan BJB Mobile Banking juga dapat nasabah nikmati selama 24 jam, sehingga lebih fleksibel. Menariknya, para nasabah juga dapat menikmati berbagai fitur yang terdapat pada Layanan tersebut. Terlebih berbagai fitur disediakan dengan menarik serta mudah untuk dipahami.

Beragam kelebihan dan fasilitas menarik menjadi salah satu alasan banyak orang menggunakan Bank BJB. Sehingga tidak heran jika banyak orang mencari Bank BJB. Terlebih Bank BJB adalah Bank milik BUMD Jawa Barat.

Tidak ada komentar