BWS Perbankan

Kode Bank BWS: Cara Transfer dan Biaya Administrasi Bank Woori Saudara

April 05, 2023
0 Komentar
Beranda
BWS
Perbankan
Kode Bank BWS: Cara Transfer dan Biaya Administrasi Bank Woori Saudara

Mungkin Anda salah seorang yang ingin melakukan transfer sejumlah uang ke BWS Bank Woori Saudara, akan tetapi masih belum tahu kode Bank BWS yang sebenarnya. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas perihal kode dan cara transfernya yang baik dan benar.

Daripada penasaran berapa kode, cara transfer dan biaya admin silahkan simak pembahasannya sekarang.

Tentang Bank Woori Saudara

Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama bank satu ini, PT. Bank Woori Saudara Indonesia Tbk atau yang lebih dikenal dengan singkatannya yakni BWS. Pertama kalinya mendapatkan pengakuan dan pengesahan dari Pemerintah kolonial Belanda di tahun 1913 bulan Oktober tanggal 4 sebagai Vereeniging.

Asal muasal Bank ini berawal dari 10 saudagar di Pasar Baru yang mendirikan organisasi simpan pinjam yakni Himpoenan Soedara. Bank Woori Saudara  sendiri adalah anak usaha Woori Bank yang berpusat di Jakarta.

Sebagai lembaga bank yang ada di Indonesia, BWS Bank Woori Saudara termasuk ke dalam lembaga keuangan dalam jaringan ATM Bersama. Dengan demikian, para pemilik ATM BWS dapat melakukan transaksi di 17.000 lebih mesin ATM yang tersebar di Indonesia. Dalam melakukan transaksi maupun transfer ke rekening Woori Saudara, maka Anda perlu memasukkan kode (BWS) Bank Woori Saudara.

Bank Woori Saudara memang tidak sepopuler Bank-bank besar yang banyak dikenal masyarakat seperti halnya BRI, BNI atau Mandiri. Hal ini karena Bank Woori Saudara hanyalah Bank khusus WNI yang ada di Korea. Meski begitu, pemilik ATM BWS pun dapat melakukan kegiatan transaksi di mesin berlogo ATM Bersama, sebab tadi Bank Woori Saudara sudah tergabung ke dalam layanan ATM Bersama.

Anda yang berada di artikel ini, pasti sedang mencari kodenya bukan? Dengan demikian Anda berada di tempat yang tepat untuk menemukan kode Bank yang Anda cari ini. Langsung saja simak berikut ini mengenai kode BWS.

Baca juga: Bukti Transfer M Banking BNI Asli

Berapa Kode Bank BWS dan Fungsinya?

Kode bank biasanya berupa tiga digit nomor atau angka yang dibutuhkan dalam melakukan pengiriman antar Bank. Setiap Bank yang ada di Indonesia sudah pasti memiliki kode Bank masing-masing yang tentunya berbeda-beda, begitu pula dengan Bank yang bernama Bank Woori Saudara.

Seperti bank pada umumnya seperti Bank BNI, Mandiri dan sejenisnya, Bank ini memiliki no kode bank berjumlah 3 digit, 3 digit itu apa saja angkanya? BWS atau Bank Woori Saudara ini memiliki kode berupa angka 212.

Kode angka inilah yang dimasukkan di awal nomor rekening tujuan BWS Bank Woori Saudara, saat Anda melakukan transfer ke rekening bank BWS menggunakan layanan mesin mesin ATM.

Pada dasarnya kode bank ini memiliki fungsi utama sebagai kode input awal bank kepada si penerima, termasuk saat melakukan akses layanan perbankan, terutama dalam melakukan transfer uang dengan jumlah tertentu. Selain memudahkan transaksi kode BWS pun digunakan sebagai identitas Bank itu sendiri.

Cara Transfer Bank Woori Saudara (BWS)

Setelah mengetahui kode Bank Woori Saudara, tentu rasanya akan kurang jika masih belum tahu mengenai cara transfer yang baik dan benar. Maka dari itu, simak dua metode caranya di bawah ini.

1. Cara Transfer ke Bank Woori Saudara dari Rekening Bank Lain

Bila Anda ingin melakukan transfer ke rekening Bank WSB dari rekening lainnya melalui jaringan ATM, sejumlah procedure dibawah ini dapat Anda ikuti:

  • Pertama silahkan datang ke mesin ATM rekening Anda
  • Kemudian masukkan ATM tersebut ke mesin dan masukkan data nomor PIN jangan sampai salah ya.
  • Kemudian di menu utama pilih transaksi lainnya
  • Selanjutnya pilih opsi ‘Transfer’ kemudian klik Anta Bank Online
  • Di sinilah Anda masukkan kode Bank rekening tujuan yang tak lain adalah rekening Bank Woori Saudara (BWS) yang tak lain kode BWS adalah angka 212.
  • Kemudian tekan Daftar Kode Bank BWS yang ada di bagian kanan bawah untuk memastikannya.
  • Untuk melangsungkan proses transfer silahkan masukkan nomor rekening Bank Woori Saudara yang Anda tuju tersebut, pastikan mengisinya dengan benar barulah tekan Benar.
  • Setelahnya masukkan nominal uang yang ingin Anda kirimkan ke rekening tersebut, lalu pilih Benar.
  • Selanjutnya periksa data transaksi secara teliti mengenai nomor rekening, rekening asal, nama pemilik hingga jumlah transfer.
  • Jika menurut Anda sudah sesuai, silahkan tekan Ya.
  • Jika selesai, Struk bukti transfer tersebut akan keluar dari mesin ATM

Nah itulah sejumlah langkah yang dapat Anda ikuti untuk melakukan transfer ke rekening BWS dari rekening Bank yang berbeda.

Baca juga: Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

2. Transfer ke Sesama Rekening BWS dengan Internet Banking

Jika di atas merupakan cara transfer ke BWS dari bank lain, maka kini  metode cara yang dapat Anda lakukan ialah transfer ke rekening BWS dari rekening BWS atau sesama rekening BWS. Di mana Anda pun bisa melakukannya melalui Internet Banking Woori Saudara, yang tentunya caranya lebih mudah untuk Anda lakukan.

Namun, sebelum itu, pastikan Anda telah melakukan registrasinya terlebih dahulu barulah bisa akses internet banking dan melakukan kegiatan bank dengan mudah dan praktis.

Adapun langkah-langkah yang dapat dikuti untuk melakukan transfer dengan Internet Banking ialah sebagai berikut ini:

  • Pertama silahkan Login ke akun Internet Banking Woori Saudara yang sudah Anda miliki sebelumnya.
  • Setelah berhasil masuk ke halaman awal, pilihlah opi menu Transfer.
  • Di sini Anda bisa memilih untuk melakukan Transfer Segera / Terjadwal.
  • Selanjutnya masukkan Sandi atau PIN ATM.
  • Kemudian klik Rekening Penarikan dan Rekening yang akan digunakan tersebut.
  • Selanjutnya masukkan sandi rekening
  • Di kolom rekening Deposito, masukkan nomor Rekening Tujuan yang Anda maksud tersebut
  • Jangan lupa untuk memasukan nominal transfer yang ingin Anda kirimkan, kemudian pilih opsi Konfirmasi.
  • Selanjutnya periksa rincian transaksi yang muncul di layar, pastikan data benar.
  • Jika sudah tinggal klik Transfer Sekarang.
  • Kemudian Anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, masukkan kode keamanan atau tepatnya password.
  • Untuk melangsungkan proses transfer, pilih Konfirmasi dan  transaksi akan berhasil.
  • Melakukan transfer ke sesama Bank Woori Saudara, Anda memang tidak diharuskan untuk mengisi kode transfer Bank BWS, jadi caranya sangat mudah.

Berapa Nominal Biaya Administrasi Transfer Antar Bank BWS

Pada dasarnya transfer uang ke rekening tujuan Bank Woori Saudara (BWS) sangat bervariatif, umumnya menggunakan M-Banking maupun Internet Banking sangatlah murah dan terjangkau.

Sementara jika Anda melakukan kirim uang dari rekening bank lain ke BWS di jaringan ATM akan terkena potongan biaya admin sebanyak Rp. 6.500. Sementara jika melakukan transfer di ATM ke sesama BWS - Bank Woori Saudara Anda tidak akan terkena biaya admin, yakni gratis.

Setiap media transfer memiliki biaya administrasinya masing-masing, jadi tidak dapat disamaratakan nilai adminnya.

Nah dengan mengetahui kode Bank BWS, cara transfer hingga biaya administrasi, kini Anda dapat melakukan kegiatan transfer semakin dapat Anda lakukan dengan mudah.

Tidak ada komentar