BCA Perbankan

Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka? Ini Dia Permasalahannya!

April 05, 2023
0 Komentar
Beranda
BCA
Perbankan
Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka? Ini Dia Permasalahannya!

Ketika aplikasi M Banking BCA tidak bisa dibuka tentu pemiliknya akan panik. Padahal penyebab M Banking BCA tidak bisa dibuka ada banyak mulai dari penyebab sepele hingga masalah serius. Pertanyaan kenapa M Banking BCA tidak bisa dibuka kerap muncul seiring dengan maraknya penipuan bermoduskan bank BCA.

Penipu sering kali mengincar M Banking nasabah BCA agar bisa diakses jarak jauh. Hal inilah yang membuat nasabah BCA sering panik ketika merasa M Banking BCA yang mereka pegang tidak bisa diakses. Aplikasi M Banking BCA memang bisa saja sulit diakses atau berhenti begitu saja sehingga membuat pengguna merasa kebingungan. Berikut jawaban lengkapnya.

5 Alasan Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka

Ada beberapa jenis permasalahan terhadap M Banking BCA yang akan dipecah satu persatu. Tiap masalah M Banking yang tidak bisa dibuka biasanya menunjukkan kode tertentu seperti 205, 209 dan 101. Jadi, di bawah ini akan dibahas mengenai satu persatu masalah dari M Banking BCA yang tidak bisa dibuka lengkap dengan cara mengatasinya:

1. M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka 205

Peringatan yang tertulis di M Banking dengan kode 205 dimana ada tulisan juga unable to authenticate your identity yakni karena data yang dipakai tidak autentik untuk membuka M Banking. Aplikasi terhubung langsung dengan perangkat HP dan nomor yang didaftarkan sebagai nomor M Banking oleh BCA, pada intinya error 205 terjadi karena aplikasi tidak bisa mengenali nomor HP.

Cara mengatasinya agar nomor bisa terdeteksi adalah dengan memindah kartu SIM dari lokasi sebelumnya, biasanya pada HP terdapat dua tempat kartu SIM. Apabila cara ini tidak berhasil coba instal ulang aplikasi M Banking  lalu lakukan tahapan sampai ke tahap mengisi ulang nomor PIN M Banking. Biasanya dua cara di atas bisa memperbaiki M Banking tanpa harus menghubungi pihak Bank BCA.

Baca juga: Cara Top Up MTIX lewat BRImo

2. M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka 209

Selanjutnya M Banking tidak bisa dibuka dengan menunjukkan kode 209 akan dibahas di sini. Jangan panik karena pengguna M Banking BCA dengan kode 209 error hanya perlu verifikasi ulang biasanya ini terjadi ketika nasabah mengganti nomor HP lama ke nomor baru atau mengganti perangkat sehingga perlu pengulangan verifikasinya.

Cara mengatasinya coba buka aplikasi BCA Mobile kemudian klik ikon (i) yang terletak di pojok kanan atas. Nantinya akan muncul laman baru kemudian klik verifikasi ulang setelah itu bawa ke menu berikutnya lalu klik simpan. Anda selanjutnya mendapat perintah untuk memasukkan enam digit pin ATM BCA lalu klik ok dan tunggu sampai verifikasi selesai. Masukkan kode akses lalu tekan ok dan selesai.

3. M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka 101

Masalah kode error 101 hampir sama dengan 205 yakni berkaitan dengan kartu yang tidak terdeteksi. Masalahnya ada banyak mulai dari kartu SIM yang dipakai tidak diletakkan ke bagian SIM 1 dan SIM yang digunakan untuk melakukan kegiatan aktivasi ternyata tidak dipasang pada ponsel yang saat ini dipergunakan untuk transaksi.

Bisa saja kartu SIM ternyata diblokir oleh provider tanpa Anda sadari, ketika kartu sudah tidak aktif maka perlu diaktifkan kembali dengan menghubungi atau ke gerai provider terdekat. Pastikan bahwa SIM Card sudah aktif dan letakkan di posisi slot satu supaya bisa teridentifikasi dengan mudah. Lakukan verifikasi ulang dengan nomor HP yang akan digunakan.

Mengatasi masalah error pada M Banking BCA juga bisa diatasi dengan memasukkan nomor ATM yang digunakan. Cara yang satu ini tergolong paling mudah dan paling sederhana, jadi jangan panik dulu coba kenali satu persatu apa saja permasalahan yang terjadi pada M Banking BCA apakah bisa diatasi sendiri atau perlu menghubungi Halo BCA.

Baca juga: Kartu ATM BNI Tidak Bisa Digunakan

4. M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka Hari Ini

Ketika aplikasi mengalami pembaruan terkadang aplikasi tidak bisa digunakan terlebih dahulu dalam satu hari penuh. Apabila masalah terjadi bagi seluruh nasabah BCA maka akan dituliskan keterangan bahwa tidak bisa melakukan transaksi di hari tersebut dan dituliskan kapan bisa kembali membuka M Banking BCA dan bisa dipakai secara normal.

BCA terus meningkatkan pelayanan baik pelayanan secara langsung atau lewat digital seperti M Banking yang dipakai oleh banyak nasabah. Peningkatan pelayanan secara online kerap kali membutuhkan waktu perbaikan sistem sehingga tidak bisa dibuka.

Jaringan internet tidak stabil juga bisa menjadi kendala M Banking BCA tidak bisa dibuka sama sekali. Coba buka di jam tertentu saat jaringan stabil dan pindah dari posisi sebelumnya. Pertanyaan kenapa M Banking BCA tidak bisa dibuka sering kala titik permasalahannya adalah kekuatan jaringan yang lemah.

5. Tidak Bisa Daftar M Banking BCA

Aplikasi M Banking BCA saat pertama kali mendaftar sering mengalami masalah seperti tidak bisa verifikasi. Ada banyak permasalahan contohnya nomor HP yang digunakan tidak bisa terkoneksi dengan internet atau nomor HP ada di perangkat lain sehingga verifikasi gagal dilakukan.

Periksa juga pengaturan yang ada di HP apakah kartu yang dipakai menerima transaksi finansial atau tidak. Caranya buka menu setting kemudian pilih security lalu pilih unknown source dan cek apakah sudah ada tanda centang atau belum, jika belum coba pilih tanda centang agar  M Banking BCA bisa dipakai.

Bagi pengguna kartu dua SIM pastikan bahwa nomor yang dipakai untuk mendaftar ada di SIM 1 karena pengaturan telepon, sms dan lainnya ada di default SIM 1. Aplikasi akan gagal mengirim pesan karena terdapat dua nomor yang terdaftar, untuk pengguna android bisa memilih opsi pengaturan lalu pilih kartu SIM kemudian pilih pesan SMS dan opsi SIM 1. Jika tidak berhasil lagi SIM 2 untuk sementara dicabut dahulu.

Baca juga: Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI

6. BCA Punya Keamanan Ketat

BCA merupakan bank yang punya sistem pengamanan ketat dan pelayanan customer service yang responsif. Ada baiknya untuk menjalankan seluruh aturan keamanan supaya M Banking tidak mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan punya niat jahat.

Modus penipuan sekarang sangat beragam dengan mengincar M Banking sebagai media utamanya. BCA terus mengamankan aplikasi layanan Banking supaya nasabah juga merasa aman dan transaksinya terjamin.

Kenapa M Banking BCA tidak bisa dibuka adalah masalah yang kerap terjadi. Fokus utama permasalahan ini ada dua jaringan internet yang tidak stabil dan SIM 1 yang tidak terbaca oleh sistem karena diletakkan di slot kedua atau nomornya ternyata sudah tidak aktif karena diblokir provider.

Tidak ada komentar