BRI Perbankan

2 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI Anti Ribet dan Anti Drama

April 05, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
2 Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI Anti Ribet dan Anti Drama

Sebagai salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia, Bank BRI selalu mengutamakan kenyamanan para nasabahnya. Salah satu kemudahan tersebut bisa dilihat dengan fitur layanan ATM pada berbagai macam jenis tabungan. Hanya saja kadang memang akan ada sedikit kendala yang menyebabkan uang hilang di ATM BRI. Apabila anda mengalami kejadian tersebut maka tidak perlu merasa khawatir ada cara mengurus uang hilang di atm BRI.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang yang kehilangan uang di ATM BRI, ketika kesalahan tersebut diurus dengan benar maka uang tersebut akan kembali saling beberapa waktu. Selain itu ada beberapa opsi cara yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan. Mulai datang langsung ke kantor BRI terdekat atau dengan menggunakan cara online seperti menghubungi call center.

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM BRI Dijamin Kembali

Kehilangan uang baik dalam jumlah sedikit ataupun banyak tentu akan menimbulkan kepanikan. Namun panik saja tentunya tidak akan menemukan solusi. Sebaiknya anda cari tahu cara untuk mengembalikan uang yang hilang di ATM BRI tersebut. Daripada penasaran langsung saja yuk simak beberapa ulasan terkait cara atau tips untuk mengurus uang hilang pada ATM BRI di bawah ini!

1. Berkunjung ke Kantor Bank BRI Terdekat

Cara mengambil uang di ATM yang hilang pertama dan mudah adalah dengan berkunjung ke kantor Bank BRI terdekat. Namun sebelum berangkat ke sana pastikan terlebih dahulu bahwasanya Anda telah mempersiapkan berbagai macam persyaratan yang akan diperlukan. Beberapa diantaranya seperti:

  • KTP
  • Kartu ATM
  • Buku Rekening atau Tabungan
  • dan beberapa persyaratan lain

Apabila semuanya sudah disiapkan, maka Anda bisa langsung pergi ke kantor Bank BRI terdekat. Sesampainya disana sampaikan kepada satpam apa yang hendak diperlukan kemudian ambil nomor antrian customer service atau CS. Duduk dan Tunggu dulu sampai nomor antrian Anda dipanggil. Jika sudah sampaikan keluhan yang anda alami yakni uang hilang di ATM.

Selanjutnya anda akan diminta untuk menjelaskan kronologis saldo hilang di BRI oleh customer service. Sampaikan kronologi tersebut secara jelas dan transparan. Seperti halnya dengan menyebutkan hari jam serta tempat kejadian Anda kehilangan saldo atau uang di ATM BRI. Kronologis atau Keterangan tersebut nantinya akan dicatat oleh pihak petugas customer service bank BRI.

Anda hanya perlu mengikuti instruksi dari pihak bank untuk pengurusan uang hilang tersebut. Jika sudah selesai maka tunggulah beberapa hari hingga proses pengembalian uang dari Bank BRI dilakukan. Waktu tersebut biasanya minimal 7 hari kerja. Bagaimana cukup mudah bukan? 

Baca juga: Posisi Memasukan Kartu ATM Mandiri

2. Bantuan Call Centre

Apabila anda tidak memiliki waktu cukup banyak untuk datang ke kantor Bank BRI maka bisa menggunakan opsi dengan menghubungi pihak call center. Namun pastikan terlebih dahulu bahwasanya Anda masih memiliki pulsa untuk menghubungi pihak call center tersebut. Selain itu siapkan beberapa dokumen tambahan yang mungkin nantinya akan diperlukan seperti, kartu ATM buku rekening tabungan, pulsa dan juga KTP.

Jika sudah dipastikan bahwasanya pulsa Anda aman maka Segera hubungi pihak call center Bank.  Sampaikan ke pihak tugas tersebut bahwasanya Anda kehilangan uang di ATM dan ingin memblokirnya sebagai keamanan saldo berikutnya. Selanjutnya sampaikan data rekening yang sudah terdaftar misalnya dengan menyebutkan nomor rekening serta nama yang ada pada kartu ATM guna mempermudah proses pemblokiran.

Tunggu beberapa saat hingga proses pemblokiran kartu berhasil. Jika sudah dilakukan biasanya anda akan disarankan datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat. Jangan lupa juga untuk membawa berbagai macam persyaratan seperti di atas. Sampaikan semua kejadian kepada pihak customer service bank BRI serta jumlah Nominal uang yang hilang. Jika sudah sampaikan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan dan tunggu hingga uang tersebut kembali.

Penyebab Uang di ATM Bisa Hilang

Mungkin ada sedikit penasaran Mengapa uang yang ada di ATM BRI bisa hilang. Pada dasarnya skala kemungkinan bisa saja terjadi termasuk kehilangan uang. Namun untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab uang hilang di ATM seperti yang ada di bawah ini.

1. Skimming

Penyebab uang hilang pertama dikarenakan karena aktivitas skimming. Mungkin belakangan ini Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah skimming. Skimming adalah salah satu tindak kejahatan yang mana menyerang dunia perbankan. Melalui aktivitas tersebut nantinya para pelaku skimming bisa mengambil uang di ATM. 

Sebenarnya tidak hanya anda saja yang akan mengalami kerugian namun pihak bank juga ikut imbasnya. Pasalnya para nasabah nanti akan mempertanyakan keberadaan uang yang hilang pada ATM tersebut. Bahkan buruknya para nasabah juga akan mempertanyakan Seperti apa sistem keamanan dari bank yang mereka gunakan untuk menabung.

Baca juga: Contoh Nomor Rekening Bank Jatim

2. Tidak Penipuan Lainya

Hilangnya uang di ATM berikutnya disebabkan karena adanya tindakan penipuan lain. Beberapa tindak penipuan lainnya seperti melalui SMS maupun panggilan yang mana akan menyuruh para nasabah BRI nya untuk datang ke ATM dengan alih-alih untuk mengambil hadiah atau promo. Apabila nasabah menuruti maka bisa jadi uang yang ada di dalam ATM akan berkurang atau. Jadi sebaiknya selalu berhati-hati ya.

3. Biaya Administrasi

Hilangnya uang pada ATM bukan hanya soal penipuan atau skimming saja. Biaya administrasi juga akan mengurangi saldo pada ATM. Biaya administrasi tersebut akan dipotong setiap bulannya dari rekening bank. Sedangkan untuk biaya administrasi akan berbeda tergantung dengan jenis kartu dan tabungan masing-masing nasabah.

4. System Error

Penyebab lainnya yang menjadikan uang pada ATM bisa hilang adalah karena sistem sedang error. Misalnya saja Anda sedang melakukan setor tunai ke ATM namun sistemnya sedang error. Padahal Anda sudah memasukkan uang kepada dalam mesin ATM tersebut. Selanjutnya Anda melakukan pengecekan saldo namun saldo tersebut sudah  belum bertambah.

Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwasanya uang Anda tertelan di ATM. Apabila mengalami masalah seperti ini maka tidak perlu merasa khawatir lagi karena bisa meminta bantuan CS Bank BRI untuk mengatasinya. Apabila jumlah nominal yang disebutkan benar dan juga kronologi kejadian dapat diterima maka selang 7 hari uang yang tertelan tersebut bisa kembali dan bertambah ke saldo rekening Anda.

Baca juga: Contoh mToken Bri

5. Auto Debet

Mungkin saja Anda lupa bahwasanya memiliki tagihan autodebet sehingga menganggap uang yang hilang di ATM karena bukan karena hal tersebut. Namun sebenarnya transaksi autodebet ini juga akan mengurangi saldo yang ada pada tabungan sehingga bisa jadi salah satu penyebab hilangnya uang di ATM. Oleh sebab itu pastikan terlebih dahulu penyebab uang yang ada di atm hilang sebelum mengajukan klaim.

Ketika Anda kehilangan uang di ATM maka tidak perlu takut atau panik terlebih dahulu. Cari tahu penyebabnya terlebih dahulu kemudian gunakan cara mengurus uang hilang di ATM BRI tadi. Mintalah bantuan customer service bank BRI untuk mengurusnya. Jangan lupa cari tau informasi cara mengecek saldo atm BRI yang hilang terlebih dahulu.

Tidak ada komentar