BRI Perbankan

Syarat Pinjam KUR BRI Tanpa Jaminan dan Cara Pengajuannya

September 10, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Syarat Pinjam KUR BRI Tanpa Jaminan dan Cara Pengajuannya

Kini rencana mengembangkan usaha bisa jadi lebih mudah dengan adanya beragam produk pinjaman. Salah satunya yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BRI. Pinjaman KUR BRI apakah pakai jaminan? Tidak. Cukup penuhi beberapa syarat pinjam KUR BRI yang berlaku.

KUR BRI termasuk layanan pinjaman tanpa jaminan dari Bank Negara, sehingga tidak perlu memakai jaminan, seperti BPKB atau sertifikat tanah. Nilai plafon pinjamannya termasuk tinggi, bunga rendah, dan tenornya lumayan panjang. Baca artikel berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Jenis-Jenis dan Syarat Pinjam KUR BRI

BRI menyediakan tiga jenis KUR yang bisa Anda manfaatkan sebagai modal usaha. Mulai dari KUR Mikro, Kecil, dan TKI. Apa saja perbedaan ketiganya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. KUR Mikro Bank BRI

Sesuai namanya, jenis pinjaman ini ditujukan bagi para pemilik usaha mikro, yaitu pengusaha dengan kekayaan bersih maksimal Rp50 juta per tahun. KUR Mikro Bank BRI memberikan maksimum pinjaman hingga sebesar Rp50 juta per debitur dengan ketentuan berikut.

a. Jenis Pinjaman

  • KUR Mikro Bank BRI terdiri dari dua jenis pinjaman, yaitu:
  • Kredit Modal Kerja (KMK) dengan batas waktu pinjaman maksimal selama 3 tahun.
  • Kredit Investasi (KI) dengan batas waktu pinjaman maksimal selama 5 tahun.

b. Nilai Pinjaman

Setiap debitur KUR Mikro Bank BRI dapat mengajukan dana pinjaman sampai Rp50 juta dengan suku bunga sebesar 6% per tahun. Nilai tersebut sudah bebas dari segala bentuk biaya administrasi dan provisi.

c. Syarat Debitur

  • Debitur atau orang yang mengajukan pinjaman KUR Mikro Bank BRI harus memenuhi syarat berikut.
  • Debitur merupakan individu (perorangan) yang memiliki usaha mikro secara produktif.
  • Telah menjalankan usahanya secara aktif paling sedikit selama 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lainnya, kecuali layanan kredit konsumtif, seperti kepemilikan kartu kredit atau pengajuan KPR dan KKB.

d. Syarat Administrasi

Debitur yang ingin mengajukan KUR Mikro BRI perlu menyiapkan berkas administrasi berupa KTP, Kartu Keluarga, dan surat izin usaha.

Baca juga: Cara Mengecek Tabungan BRI Simpel Simpanan Pelajar

2. KUR Kecil Bank BRI

Banyak orang menganggap pengusaha mikro dan kecil sama saja. Padahal, keduanya berbeda. Karena itulah, BRI menyediakan jenis pinjaman yang berbeda untuk keduanya. Ada KUR Mikro BRI untuk pengusaha mikro dan KUR Kecil BRI bagi para pemilik usaha kecil.

Umumnya pengusaha kecil memiliki omset dan jumlah kekayaan lebih banyak dari pengusaha mikro, yaitu antara Rp50-500 juta. Karena itu pula, nilai plafon pinjaman KUR Kecil BRI lebih besar dari KUR Mikro, yaitu maksimal Rp500 juta per debitur. Berikut ketentuan selengkapnya.

a. Jenis Pinjaman

  • KUR Kecil BRI juga terbagi dalam dua jenis pinjaman, yaitu:
  • Kredit Modal Kerja (KMK) dengan batas waktu pinjaman maksimal selama 4 tahun
  • Kredit Investasi (KI) dengan batas waktu pinjaman maksimal selama 5 tahun

b. Nilai Pinjaman

Nilai pinjaman KUR Kecil BRI yaitu mulai dari Rp50-Rp 500 juta dengan suku bunga sebesar 6% per tahun.

c. Syarat Debitur

  • Hampir sama dengan debitur KUR Mikro, orang yang dapat mengajukan KUR Kecil BRI juga harus memenuhi beberapa persyaratan berikut.
  • Debitur merupakan individu (perorangan) yang memiliki usaha kecil produktif dan layak.
  • Telah menjalankan usahanya secara aktif paling sedikit selama 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lainnya, kecuali layanan kredit konsumtif, seperti kepemilikan kartu kredit atau pengajuan KPR dan KKB.

d. Syarat Administrasi

Calon debitur KUR Kecil BRI harus menyiapkan beberapa dokumen data diri, seperti KTP dan kartu keluarga. Debitur juga wajib memiliki surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin sejenis lainnya yang dapat dipersamakan.

Baca juga: Cara Bikin Rekening BRI Online

3. KUR TKI Bank BRI

Jenis pinjaman KUR BRI yang ketiga ini khusus ditujukan untuk para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) yang bekerja ke luar negeri. Debitur boleh mengajukan pinjaman hingga Rp25 juta untuk membiayai keberangkatannya ke negara penempatan. Berikut syarat dan ketentuannya.

a. Nilai Pinjaman

KUR TKI Bank BRI menawarkan nominal pinjaman hingga maksimum Rp25 juta. Suku bunganya sebesar 6% per tahun, serta bebas dari biaya administrasi dan provisi. Jenis KUR ini memiliki batas waktu pinjaman hingga 3 tahun atau sesuai kontrak kerja.

b. Syarat Debitur

Orang yang dapat mengajukan KUR TKI BRI yaitu individu (perorangan) calon TKI. Mereka adalah Warga Negara Indonesia yang akan bekerja ke berbagai negara penempatan. Mulai dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, hingga Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, dan Taiwan.

c. Syarat Administrasi

Debitur yang ingin mengajukan KUR TKI BRI perlu menyiapkan lebih banyak dokumen administrasi. Mulai dari KTP, Kartu Keluarga, visa, paspor, serta surat perjanjian kerja resmi dengan pengguna jasa dan surat perjanjian penempatan kerja.

Baca juga: Kantor Bank BCA Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI 2023

Setelah mengetahui syarat pinjam KUR BRI, sekarang ketahui juga bagaimana langkah-langkah pengajuan jenis pinjaman tersebut. Cara pengajuannya termasuk mudah, karena calon debitur dapat mengajukan KUR BRI secara online.

Meski begitu, pemohon tetap perlu menjalankan survei langsung setelah berhasil mendaftar secara online. Nantinya, calon debitur juga harus datang ke kantor BRI terdekat untuk penandatanganan dokumen dan proses selanjutnya. Daripada penasaran, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Daftar Online

Langkah pertama, yaitu daftar akun nasabah KUR BRI terlebih dahulu. Masuk ke halaman https://kur.bri.co.id, kemudian pilih menu Daftar. Masukkan akun Google Anda dan tunggu proses verifikasi dari pihak BRI yang dikirim melalui email terdaftar.

2. Login Akun

Setelah berhasil mendaftar akun, login ke halaman https://kur.bri.co.id/ dengan menggunakan email dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Lalu, klik "Ajukan Pinjaman KUR" untuk mengajukan pinjaman usaha. Nanti akan muncul informasi syarat dan ketentuan selengkapnya.

Baca ketentuan tersebut secara teliti, kemudian klik tulisan “Saya adalah nasabah BRI”. Selanjutnya, klik “Setuju dan Ajukan Pinjaman” dan akhiri dengan menekan tombol "I’m not a Robot".

3. Isi Formulir Pendaftaran

Nantinya Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi formulir pendaftaran. Masukkan identitas diri, data usaha, dan nomor rekening BRI. Lalu, unggah beberapa dokumen administratif, seperti scan KTP, pas foto, foto tempat usaha, dan surat izin usaha. 

4. Isi Data Pengajuan

Lengkapi data pengajuan pinjaman yang Anda inginkan. Mulai dari nominal pengajuan dan tenor cicilannya. Setelah itu, klik Hitung Angsuran untuk mengetahui aturan jumlah angsuran yang harus dibayar. Akhiri dengan klik Ajukan Pinjaman.

5. Tunggu Konfirmasi dari BRI

Nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak. Jika disetujui, nantinya pihak BRI akan survei ke tempat Anda untuk verifikasi data. Berapa lama proses pinjaman KUR BRI cair? Biasanya prosesnya membutuhkan waktu 7-14 hari setelah survei.

Ternyata syarat pinjam KUR BRI tergolong mudah. Apalagi, calon debitur tidak perlu memberikan jaminan apapun. Cara pengajuannya juga cukup mudah, karena Anda dapat mulai mengajukan secara online. Tinggal menunggu survei dan melanjutkan proses ke kantor cabang BRI terdekat.

Tidak ada komentar