BRI Perbankan

3 Cara Bikin Rekening BRI Online dari HP dengan Mudah

Desember 30, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
3 Cara Bikin Rekening BRI Online dari HP dengan Mudah

Sejalan dengan kemajuan teknologi, saat ini Anda bisa membuka rekening bank tanpa harus pergi ke Bank terkait. Salah satunya yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang telah berinovasi dalam memanfaatkan era untuk memudahkan nasabahnya yaitu mewujudkan cara bikin rekening BRI online.

BRI sendiri memiliki variasi jenis tabungan untuk nasabah seperti BRI BritAma, BritAma X, BritAma Valas, BritAma Rencana, BritAma Bisnis, BRI Simpedes, Simpedes TKI, Bri Junio, BRI Simpel, TabunganKu BRI, dan Tabungan Haji BRI. Berikut cara membuat rekening BRI online untuk Anda.

Cara Bikin Rekening BRI Online

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank terbesar yang dipercaya masyarakat di Indonesia. Bank pelat merah ini selalu memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk berbisnis, termasuk transaksi online. Buka rekening BRI juga mudah secara online

“Bagaimana cara daftar rekening BRI online?” merupakan pertanyaan yang sering muncul dan ditanyakan oleh nasabah maupun calon nasabah.  Pasalnya, pada zaman dahulu nasabah atau calon nasabah harus pergi ke bank untuk membuka rekening. Selain sering harus antri panjang, prosesnya juga memakan waktu.

Untuk memudahkan pembukaan rekening tanpa harus ke kantor BRI, Anda bisa menggunakan cara bikin rekening BRI online.Terdapat tiga cara untuk membuka akun rekening BRI secara online, yaitu lewat aplikasi eform resmi BRI di eform.bri.co.id, BRImo, LinkAja dan sebagainya.

1. Cara Membuka Rekening Lewat Website BRI.co.id

Anda dapat membuka rekening BRI secara online dengan mengisi formulir resmi website BRI. Ada beberapa tabungan yang bisa dibuka dengan cara ini, misalnya Simpedes,  SIMpedes TKI, BritAma, dan Junio. Semua bisa dipakai oleh kalangan pelajar maupun masyarakat umum.

Meskipun pendaftaran dilakukan secara online, Anda tetap harus pergi ke kantor BRI untuk melakukan aktivasi akun. Pembukaan rekening BRI secara online dengan menggunakan formulir elektronik adalah sebagai berikut:

  1. Buka eform.bri.co.id di komputer atau smartphone Anda.
  2. Pilih Membuka Tabungan, Lalu pilih Bantuan.
  3. Pilih metode atau jenis rekening.
  4. Selanjutnya Klik "Buka Rekening" atau "Daftar".
  5. Klik "Daftar/Registrasi".
  6. Baca syarat dan ketentuan, lalu centang kotak "Saya setuju" dan klik untuk melanjutkan ke operasi berikutnya.
  7. Klik 'Buka Rekening' dan pilih 'YA' jika Anda sudah memiliki rekening BRI dan klik 'TIDAK' jika Anda belum memiliki rekening.
  8. Isi formulir pembukaan rekening dengan benar.
  9. Maka Halaman konfirmasi dan nomor referensi akan muncul setelah mengisi formulir. Nomor referensi ini dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivasi pendaftaran di kantor BRI terdekat.

2. Cara Bikin Rekening Bri Online Lewat BRImo

BRImo adalah aplikasi resmi dari bank yang memudahkan nasabah dalam menggunakan fitur-fiturnya. Fitur menariknya antara lain cek saldo, menambahkan e-wallet, membayar dengan kartu kredit, membayar tagihan dan lainnya.

Jika Anda ingin membuka rekening dengan BRImo, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh aplikasi BRImo dari Play Store untuk pengguna Android dan dari App Store untuk pengguna iOS.
  2. Buka aplikasi Brimo dan klik "Daftar"
  3. Membuat kata sandi.
  4. Masukkan kode OTP yang sudah dikirim ke nomor Anda melalui pesan SMS.
  5. Login dengan username dan password yang Anda terima saat membuka rekening BRI secara online.
  6. Klik "Buka Akun Rekening Baru.
  7. Baca persyaratannya dan klik "Saya setuju" untuk melanjutkan proses selanjutnya
  8. Unggah foto dokumen persyaratan seperti foto KTP, foto wajah, NPWP, dan foto tanda tangan calon nasabah.
  9. Pada halaman registrasi, klik Next/Selanjutnya.
  10. Buat PIN BritAmax untuk login ke aplikasi online banking
  11. Pilih lokasi kantor BRI terdekat di mana Anda bisa mencetak buku untuk membuka akun rekening BRI secara online. Klik Kirim/Send untuk melanjutkan pembukaan akun online
  12. Masuk ke akun BRImo Anda untuk melakukan setoran pertama Anda
  13. Setelah sukses, kembali ke menu utama
  14. Klik "Akun/Rekening" lalu "Buka Rekening" untuk meninjau halaman "Buka Rekening" dan selesaikan proses pembukaan rekening BRI online.

3. Bikin Rekening Lewat LinkAja

Anda dapat membuka rekening BRI melalui Link Aja. Metode ini sangat nyaman. Pastikan Anda sudah mengunduh dan mendaftarkan aplikasi LinkAja dari Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

  1. Masukkan detail untuk membuka rekening BRI online dengan layanan ini.
  2. Pembukaan rekening ini dapat dilakukan secara instan melalui autentikasi online tanpa harus datang ke kantor BRI.
  3. Setelah informasi lengkap dan konfirmasi melalui video call dengan customer service BRI dan pembukaan rekening berhasil, Anda dapat melakukan setoran minimal sesuai jenis tabungan yang dibuka dalam waktu 90 hari agar rekening tabungan tetap aktif sejak rekening tabungan dibuka.
  4. Transaksi perbankan juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi BRImo.

Buka Rekening BRI Online Apakah Dapat Kartu ATM?

BRI memiliki beberapa persyaratan bagi Anda yang ingin mengambil kartu ATM setelah melakukan registrasi online. Berikut persyaratan untuk mendapatkan kartu ATM BRI setelah melakukan registrasi online: Kartu identitas sah atau KTP asli dan nomor akun rekening.

Setelah itu Anda harus mengisi formulir pendaftaran di bank terdekat. Apabila semua syarat di atas telah dipenuhi, Anda bisa mengambil nomor antre untuk Customer Service (CS) dan menyerahkan berkas disana. Nanti petugas akan memproses dan kartu ATM Anda akan segera diberikan.

Apa Saja Syarat Buka Rekening BRI?

Pembukaan rekening BRI memerlukan beberapa persyaratan dan dokumen yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Dokumentasi lengkap membuat pembukaan rekening BRI Anda menjadi mudah dan cepat. Persyaratan umum pembukaan rekening BRI adalah:

  1. Kartu Tanda Pengenal (KTP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI) atau paspor untuk Warga Negara Asing (WNA).
  2. Umur minimal 17 tahun.
  3. Membayar setoran awal sesuai dengan jenis tabungan yang dipilih.
  4. Khusus untuk BritAma Bisnis, Anda harus menyertakan Surat Izin Usaha (SIUP), anggaran dasar dan akta pendirian.
  5. Khusus untuk BRI Simpedes Usaha, Anda harus menyediakan NPWP.
  6. Mengisi formulir pada aplikasi untuk membuka rekening BRI.

Apa Saja Jenis Rekening di BRI dan Bagaimana Setoran Awalnya?

Anda dapat memilih antara berbagai tabungan yang ditawarkan oleh BRI sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda membuka rekening BRI, ada baiknya mengetahui tabungan apa yang ingin Anda gunakan. Berikut penjelasan yang Anda butuhkan

1. BritAma

BritAma merupakan produk tabungan BRI yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, didukung dengan layanan perbankan online dan sistem online real time yang memungkinkan nasabah bertransaksi dimanapun dan kapanpun.

Setoran awal dari tabungan ini yaitu Rp250.000 (classic) dan Rp500.000 (gold) dengan setoran selanjutnya minimal Rp10.000. Saldo mengendap di tabungan ini minimal yaitu Rp50.000 dengan biaya kartu bulanan yaitu Rp2.000 (classic) dan Rp6.500 (gold).

2. Simpedes

Jenis tabungan Simpedes adalah simpanan bagi masyarakat dalam mata uang Indonesia Rupiah (Rp) yang dapat dibantu pelayanannya di KC/KCP/UnitKantor Perbendaharaan/Teras BRI dimana penyetoran dan penarikannya tidak dibatasi frekuensi atau jumlahnya sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Setoran awal dari tabungan ini yaitu Rp100.000 dengan setoran selanjutnya minimal Rp10.000. Saldo mengendap di tabungan ini minimal yaitu Rp50.000 dengan biaya kartu bulanan yaitu Rp5.500.

Demikian tadi cara bikin rekening BRI online. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil agar proses registrasi berjalan lancar dan bebas error. Selamat menikmati kemajuan teknologi

Tidak ada komentar