Finance

Tabel Pinjaman Pegadaian Terbaru 2024, Sesuai Jaminan yang Diberikan !

Januari 01, 2024
0 Komentar
Beranda
Finance
Tabel Pinjaman Pegadaian Terbaru 2024, Sesuai Jaminan yang Diberikan !

Banyak orang dan mungkin termasuk Anda yang tidak asing dengan lembaga Pegadaian. Tabel pinjaman Pegadaian pun banyak dicari untuk menyesuaikan besaran pinjaman yang bisa diambil. Sebagai lembaga primadona masyarakat untuk melakukan pinjaman. 

Pegadaian menawarkan berbagai produk pinjaman dengan berbagai jaminan. Mulai dari emas, mobil, rumah, dan berbagai barang berharga lainnya. Tentu saja, setiap barang berharga memiliki ketentuan pinjaman yang berbeda. 

Karena itu, tabel yang digunakan juga berbeda pula. Karena itu, sebelum mengajukan pinjaman dengan barang berharga tertentu. Pastikan, Anda sudah melihat informasi pada tabel yang benar. 

Tentang Lembaga Pegadaian

Sebelum mencari tahu tabel pinjaman Pegadaian yang sesuai dengan jaminannya, ada baiknya untuk Anda mengetahui mengenai lembaga Pegadaian itu sendiri. Pegadaian merupakan lembaga yang termasuk dalam BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. 

Sesuai dengan namanya, Pegadaian bergerak di bidang jasa pinjam meminjam dan menerima barang sebagai jaminan dari para peminjamannya. Ada berbagai barang yang bisa digadaikan di lembaga ini. 

Mulai dari perhiasaan, sampai dengan barang rumah tangga seperti elektronik. Bahkan, untuk pinjaman yang bernilai besar bisa menggunakan sertifikat rumah dan kendaraan. 

Baca juga: Contoh Nota Kredit: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya Lengkap

Tabel Pinjaman Pegadaian Sesuai dengan Jaminannya 

Sesuai dengan yang disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis barang yang bisa menjadi jaminan di Lembaga Pegadaian. Setiap jaminan tentu saja menggunakan tabel yang berbeda, berikut adalah tabel untuk masing-masing barang yang bisa menjadi jaminan di Pegadaian: 

1. Jaminan Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang sudah lama dimanfaatkan masyarakat. Ternyata, untuk mencairkan emas menjadi dana yang bisa digunakan. Seseorang tidak harus langsung menjual emas tersebut, emas tersebut bisa digadaikan melalui lembaga Pegadaian. 

Emas yang diterima oleh lembaga ini bisa berupa emas batangan atau emas dalam bentuk perhiasaan. Pinjaman dengan jaminan emas terbilang sebagai pinjaman dengan plafon tinggi bahkan bisa mencapai Rp100 juta. 

Tentu saja, hal ini disesuaikan juga dengan nilai emas yang akan digadaikan. Berikut adalah tabel Pegadaian jika berdasarkan jaminan emas: 

Melalui tabel tersebut, Anda bisa mengetahui berapa besar pinjaman yang Anda dapatkan. Tenor angsuran, bahkan sampai dengan berapa kali angsuran yang perlu Anda lakukan. Pinjaman emas cenderung akan mempertimbangkan berbagai tambahan biaya lain. 

Misalnya, pada emas dalam bentuk perhiasaan biaya pembuatan emas, bentuk dan ornamen tambahan pada emas. Bisa jadi mengurangi atau menambah nilai emas sebelum digadaikan. 

Baca juga: Pinjaman 200 Ribu Langsung Cair

2. Jaminan Sertifikat Rumah 

Jika Anda membutuhkan pinjaman dengan plafon yang besar bahkan sampai ratusan juta. Sekaligus, dengan tenor pembayaran yang lama. Maka, menjaminkan sertifikat rumah pada lembaga Pegadaian bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Anda bisa mendapatkan pinjaman sampai Rp200.000.000 tergantung dengan nilai sertifikat rumah tersebut. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tabel pinjaman Pegadaian dengan jaminan sertifikat rumah: 

Bisa dilihat dari tabel tersebut, bahwa cicilan terbesar hanya sekitar Rp8.000.000 saja. Dengan tenor yang cukup panjang, selain itu juga dengan pinjaman yang cukup besar. 

3. Jaminan Motor dan Mobil 

Menggunakan motor dan mobil sebagai jaminan pinjaman Pegadaian, bukan berarti mobil dan motor Anda akan ditahan oleh pihak Pegadaian. Biasanya yang ditahan hanyalah surat kepemilikan dari kendaraan tersebut yaitu BPKB. 

Jadi, Anda masih bisa menggunakan kendaraan yang Anda gadaikan. Namun, tentu saja jika Anda tidak tepat dalam memenuhi kewajiban membayar angsuran. Maka, kendaraan Anda akan kehilangan surat kepemilikan. 

Tentu saja, hal itu akan mempengaruhi banyak hal. Mulai dari pengurusan surat-surat, sampai dengan harga jual yang akan menurun drastis jika kendaraan dijual tanpa adanya surat kepemilikan. 

Untuk besaran pinjaman yang bisa didapatkan dengan jaminan ini informasinya ada pada tabel di bawah ini:

Dari tabel di atas, jangka waktu yang bisa didapatkan oleh peminjam cukup lama, bahkan bisa mencapai 3 tahun. Pinjaman yang didapatkan juga cukup besar, mulai dari RP3 juta sampai dengan Rp100 juta. 

Namun, hal ini bergantung juga dengan nilai kendaraan yang digadaikan. Selain itu, apakah memang kendaraan memenuhi standar untuk menjadi jaminan pegadaian. 

Baca juga: Cara Cek Angsuran Kredit Plus di Berbagai Platform

Kelebihan Mengajukan Pinjaman di Pegadaian 

Sebenarnya, selain Pegadaian ada lembaga pinjam meminjam lain yang bisa Anda manfaatkan. Namun, Pegadaian terbilang sebagai pilihan yang menguntungkan bagi Anda. Karena lembaga peminjaman ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh lembaga lain. 

Tidak heran, statusnya sebagai BUMN membuat lembaga ini memiliki kemampuan lebih dalam memberikan keringanan pada masyarakat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah berbagai kelebihan yang bisa didapatkan jika meminjam dari lembaga ini: 

  • Persyaratan yang mudah dan cepat. 
  • Tenor pinjaman yang fleksibel bahkan bisa diperpanjang. 
  • Akses pembayaran angsuran yang luas dan kapan saja. 
  • Pinjaman bisa diajukan bahkan secara online atau langsung di kantor cabang. 
  • Kantor cabang Pegadaian tersebar di seluruh Indonesia dan bisa ditemukan dengan mudah. 
  • Tidak ada penalti bagi para peminjam, jadi pinjaman bisa dilunasi kapan saja dan di mana saja. 
  • Bunga pinjaman terbilang ringan jika dibandingkan dengan lembaga yang lain. 
  • Ada berbagai barang berharga yang bisa diajukan sebagai pinjaman. 

Kelebihan-kelebihan di atas mungkin tidak akan Anda dapatkan jika mengajukan pinjaman di lembaga lain. Karena lembaga lain yang merupakan badan swasta memiliki ketentuan tersendiri yang tidak selalu mengikuti ketentuan negara. 

Pastikan Anda melihat tabel pinjaman Pegadaian yang tepat sebelum mengajukan pinjaman. Karena setiap jaminan memiliki ketentuan yang berbeda. Jadi, Anda harus menyesuaikannya dengan jaminan yang Anda miliki. Jadi, Anda bisa memenuhi ketentuan yang sudah diberikan Pegadaian. 

Tidak ada komentar