BRI Perbankan

Cara Memasukkan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM yang Benar

April 11, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Cara Memasukkan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM yang Benar

Bagaimana cara memasukkan kartu ATM BRI? Ada cara yang tepat agar ATM bisa masuk dan selanjutnya bisa untuk bertransaksi. Tak jarang nasabah meletakkan kartu ATM dengan posisi yang salah sehingga kartu ditolak dan tidak bisa melanjutkan proses transaksi. 

Bagi nasabah yang sering melakukan transaksi mungkin sudah paham memasukkan kartu ATM yang benar. Namun, bagi yang pertama kali atau jarang bertransaksi mungkin tidak tahu atau lupa. Berikut penjelasan lengkap cara memasukkan kartu ATM, kendala yang mungkin terjadi, berikut solusinya. 

Cara Memasukkan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM

Sebenarnya pada mesin ATM BRI, biasanya sudah tertera gambar posisi memasukkan kartu ATM BRI yang benar. Namun, adakalanya gambar sudah mulai pudar sehingga tidak terlihat oleh nasabah. Tak hanya itu, terkadang nasabah juga masih bingung karena contoh gambar yang tertera berbeda. 

Contoh, di gambar menggunakan contoh kartu ATM BRItama, tetapi realitanya menggunakan Simpedes sehingga menimbulkan kebingungan nasabah. Berikut penjelasan cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM, baik memasukkan kartu ATM Simpedes, BRItama dan jenis lainnya. 

  1. Siapkan kartu ATM BRI, jenis BRI apapun caranya sama. Baik BRItama, BRItama Bisnis, Britama X, Simpedes, maupun BRI Junio. Baik warna biru maupun warna hitam. 
  2. Perhatikan kartu ATM, pegang dan posisikan kartu ATM dengan garis hitam atau magnetic strip berada di bawah. 
  3. Pada saat yang sama dengan poin dua, posisi bagian atas berupa chip di sebelah kanan, ada logo, dan nomor kartu.
  4. Masukkan kartu ATM, pastikan bagian chip sebelah kanan berada di posisi atas yang masuk terlebih dahulu ke mesin ATM. 
  5. Jika berhasil layar ATM akan menampilkan pilihan bahasa, perintah memasukkan PIN, dan transaksi berhasil hingga selesai. 

Apakah Cara Memasukkan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM BRI Sama dengan Mesin ATM Link?

ATM Link sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, tidak harus BRI, Anda bisa menggunakan ATM Link yang biasanya berwarna merah. Transaksi apapun bisa dilakukan melalui ATM Link atau ATM Bank Himbara. Apakah cara memasukkan kartu ATM berbeda jika di mesin ATM Link? Sama. 

Anda bisa menerapkan cara seperti pada langkah-langkah memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM BRI. Bagaimana dengan proses transaksinya? Proses transaksi, seperti tarik tunai, transfer, cek saldo, dan lain-lain tetap sama. 

Namun, yang berbeda adalah biaya. Berlaku sejak Juni 2021, berdasarkan situs resmi BRI biaya transaksi di ATM Link untuk cek saldo adalah Rp2.500, tarik tunai Rp5.000, dan transfer Rp4.000. Sementara itu, di ATM BRI sendiri, gratis melakukan transaksi tarik tunai dan cek saldo. 

Baca juga: 8 Jenis Kartu ATM Bank Permata

Masalah dan Solusi Seputar Memasukkan Kartu ATM ke Mesin ATM 

Terkadang muncul masalah ketika melakukan transaksi menggunakan kartu ATM. Masalah bisa muncul karena error pada mesin ATM atau human error alias kesalahan dari nasabah sendiri, seperti salah kartu ATM, misal proses memasukkan kartu yang keliru. 

Apakah bisa disebabkan hal lain? Bisa juga karena memang dari kartu yang rusak, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan masalah yang mungkin terjadi seputar kartu ATM, memasukkan kartu, berikut solusi yang tepat. 

1. Apa yang Terjadi Jika Posisi Kartu ATM Terbalik? 

Masalah yang seringkali terjadi dan tidak disadari nasabah adalah kartu terbalik. Hal ini bisa berupa garis hitam berada di atas dan chip berada dibawah, selain itu bisa juga bagian chip sudah benar diatas, namun posisi ketika memasukkan tidak didahulukan bagian chip. Apa yang terjadi? 

Ada tiga kemungkinan yang terjadi, pertama kartu tidak bisa masuk karena ATM memiliki sensor sehingga kartu dengan posisi salah akan otomatis tertolak alias Anda tidak bisa memasukkan kartu. Kedua, kartu tetap masuk tetapi mesin ATM langsung mengeluarkan kembali kartu Anda. 

Ketiga, kartu ATM tertelan. Hal ini bisa terjadi ketika Anda memasukkan kartu ATM dalam kondisi kartu ATM rusak atau mesin ATM yang memang error. Memang biasanya ada pemberitahuan ketika ATM error, tapi tak menutup kemungkinan ATM rusak ketika nasabah menggunakannya. 

Baca juga: Syarat Pinjam KUR BRI Tanpa Jaminan

2. Bagaimana Jika Kartu ATM Terlanjur Tertelan?

Bagaimana solusi jika kartu ATM BRI terlanjur tertelan? Jangan panik, pertama Anda bisa memblokir kartu untuk menghindari penyalahgunaan kartu. Anda bisa mengurus blokir kartu ATM dengan beberapa cara, pertama hubungi Call Center resmi BRI melalui nomor 1500 017 atau 1407.

Cara kedua, apakah Anda pengguna BRI Mobile? Jika iya, Anda bisa memblokir melalui aplikasi tersebut. Cukup melalui smartphone dengan menggunakan akses internet, Anda bisa menggunakan fitur layanan nasabah, kemudian disable kartu. 

Cara ketiga, untuk mengganti kartu yang tertelan dengan kartu ATM BRI yang baru adalah dengan datang langsung ke cabang bank BRI. Proses ini membutuhkan dokumen, seperti KTP. Selain itu, Anda akan dikenakan biaya sekitar 10 hingga 20 ribu rupiah, tergantung jenis kartu ATM BRI Anda.

3. Bagaimana Jika Kartu ATM Rusak?

Meskipun Anda telah menerapkan cara memasukkan kartu ATM BRI yang benar, apabila kartu rusak maka bisa jadi mesin ATM menolak dan Anda tidak dapat melakukan transaksi menggunakan kartu ATM. Kerusakan semacam apa? Bisa rusak fisik, misal patah, mengelupas, atau ada goresan.

Bisa juga kartu telah kadaluarsa atau pihak bank menetapkan ketentuan baru kartu ATM. Contoh, sebelumnya ada himbauan untuk nasabah BRI untuk mengganti kartu ATM lama yang masih menggunakan magnetic strip beralih ke kartu ATM dengan chip.

Selain itu, bisa rusak non fisik seperti kartu terblokir atau error. Anda bisa memperbaiki Kartu ATM yang rusak dengan mengganti kartu melalui bank BRI dengan membawa beberapa dokumen, seperti kartu ATM yang lama atau rusak, kartu identitas, dan buku tabungan.

Baca juga: ATM Bank BRI Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

4. Posisi Memasukkan Kartu ATM BRI Sudah Benar, Tapi Tertolak

Masalah ini sepele tetapi tak jarang terjadi, yaitu posisi kartu sudah benar, tapi tertolak. Kenapa? Bisa jadi karena human error. Seseorang bisa mempunyai beberapa kartu ATM, terkadang juga memiliki ukuran, desain, dan warna yang mirip sehingga salah memasukkan kartu ATM dari bank atau kartu yang lain. 

Jika Anda bertransaksi di ATM BRI menggunakan kartu bank lain maka mesin ATM menolak. Bagian untuk memasukkan kartu ATM tidak akan terbuka menerima kartu selain ATM BRI. Lantas jika ternyata kartu berhasil masuk, apakah berisiko mengalami bahaya tertentu? 

Selama Anda tidak melakukan transaksi, seperti tarik tunai atau transfer maka tidak masalah karena kartu akan tertolak. Namun, bisa bermasalah, jika ternyata ada tindak kriminal, misal skimming atau pencurian data pada magnetic strip, atau melakukan tukar kartu dan mengintip pin kartu ATM Anda. 

Pastikan Anda menerapkan cara memasukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM dengan benar untuk menghindari kartu tertolak atau bahkan kartu tertelan. Perhatikan pula kartu yang Anda masukkan, jangan sampai salah pilih kartu agar proses transaksi Anda aman dan cepat. 

Tidak ada komentar