BRI Perbankan

Posisi Kartu ATM BRI Saat Mengambil Uang yang Benar, Pemula Harus Tahu!

April 05, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
Posisi Kartu ATM BRI Saat Mengambil Uang yang Benar, Pemula Harus Tahu!

Anda masih pemula dalam menggunakan kartu ATM BRI, masih bingung posisi yang benar untuk menggunakannya khusus pengambilan uang? Simak jawabannya terkait posisi kartu ATM BRI saat mengambil uang yang benar di bawah ini.

Sekilas Tentang BRI

Berdiri sejak tahun 1895 di Purwokerto, PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk atau yang lebih dikenal dengan singkat BRI yakni perusahaan perbankan di bawah naungan BUMN Badan Usaha Milik Negara. Sama halnya seperti perusahaan perbankan lain yang menyediakan berbagai jenis jasa keuangan selain kegiatan utamanya menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya ke masyarakat.

Selaku pengguna kartu ATM BRI penting sekali untuk tahu posisi yang tepat terutama saat ingin mengoperasikannya di mesin ATM.

Posisi Memasukkan Kartu ATM BRI Saat Mengambil Uang yang Benar

Pada dasarnya posisi kartu ATM yang benar ini tidak hanya berlaku ketika Anda melakukan pengambilan uang saja, tetapi ini juga berlaku untuk semua operasi penggunaan ATM di mesin ATM. Mengetahui posisi ATM yang benar dan tepat menjadi poin penting, sebab inilah yang menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan kegiatan transaksi atau pengambilan uang dengan unit ATM.

Setidaknya dengan mengetahui posisi kartu ATM yang tepat dapat menghindari dari adanya kesalahan atau bahkan kegagalan akses karena posisi kartu ATM yang salah. Meski pada dasarnya di setiap unit mesin ATM, Anda sendiri dapat melihat petunjuk posisi ATM yang benar, biasanya petunjuk ini dapat Anda lihat di dekat lubang kartu ATM, yang biasanya petunjuk yang diberikan berupa gambar atau stiker.

Baca juga: Cara Beli Token Listrik di BSI Mobile

Mengenai posisi kartu ATM sebetulnya hampir semua Bank memiliki aturan yang sama terkait posisi ATM yang benar dalam menggunakannya di mesin ATM. Yang mana rincian detail terkait gambar posisi kartu atm yang benar tentang  letak posisi kartu ATM yang benar ialah sebagai berikut:

  • Gambar garis hitam atau disebut juga dengan Magnetic stripe pada kartu ATM berada di posisi bawah.
  • Gambar garis hitam atau yang disebut dengan Magnetic stripe berada di bagian sebelah kanan.
  • Selanjutnya logo Bank ada di bagian posisi atas tepat di depan samping kanan.
  • Sementara logo jenis jaringan posisi berada di atas bagian samping kiri.
  • Lalu posisi kartu yang yang terdapat Chip berada di atas dan di bagian depan
  • Posisi kartu yang ada chip di atas dan bagian depan.

Demikianlah gambaran rincian secara detail mengenai penggunaan kartu ATM. Namun bagi sebagian para pemula mungkin masih merasa bingung mengenai posisi kartu ATM BRI yang benar itu bagaimana.

Lebih detailnya saat Anda memasukan kartu debit dari BRI Banking memiliki posisi sama seperti rincian di atas yang mana logo Bank BRI pada kartu ATM terletak di sebelah kanan bawah saat dimasukan ke dalam mesin serta posisi bagian depan kartu berada di atas saat di masukkan ke dalam mesin ATM.

Gambaran ini bisa Anda praktekkan langsung, dan bila perlu agar semakin jelas dan benar Anda bisa bertanya langsung pada orang yang sering menggunakan kartu ATM.

Perlu Anda ingat rincian gambaran tersebut berlaku untuk posisi kartu ATM lainnya semisalnya posisi kartu atm bca yang benar

Panduan Cara Mengambil Uang yang Aman

Setelah Anda mengetahui bagaimana posisi kartu ATM BRI yang benar dalam menggunakannya, kini sebagai pemula pun wajib tahu mengenai panduan cara mengambil uang yang benar dan tepat di bawah ini:

Baca juga: Cara Mendapatkan Kartu ATM Seabank

1. Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Bagi Anda yang pemula dalam soal mengambil uang di ATM BRI, Anda dapat mengikuti tutorial langkah di bawah ini:

  • Pertama silahkan kunjungi lokasi mesin ATM terdekat dari lokasi Anda
  • Kemudian masukkan kartu debit ke dalam mesin ATM dengan posisi kartu ATM BRI yang benar saat dimasukkan ke dalam lubang kartu yang terletak di sebelah kanan layar ATM. Posisikan ATM seperti yang dijelaskan di atas. Meski demikian setiap kartu ATM memiliki petunjuknya di bagian ujung. Jadi, pastikan Anda memasukan kartu ATM dengan ujung yang pas dan tidak terbalik.
  • Mengingat saat ini sudah banyak mesin ATM yang memiliki lubat memasukan kartu di bawahnya.
  • Setelah Anda berhasil memasukan kartu ATM tersebut ke dalam mesin, jangan lupa untuk memasukkan nomor PIN ATM. Waspadai untuk melakukan kesalahan, sebab jika 3 kali melakukan kesalahan memasukan PIN, akan secara otomatis kartu ATM Anda terblokir.
  • Silahkan pilih bahasa yang Anda gunakan, ada dua opsi pilihan bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, silahkan pilih bahasa yang dimengerti.
  • Kemudian pilih menu ‘Tarik Tunai’, di sini Anda bisa pilih nominal yang tersedia di layar untuk mengambil uang tersebut atau dengan memasukan nominal jumlah uang yang ingin Anda tarik.
  • Selanjutnya pilih rekening tabungan, jika ada pilihan tersebut Anda bisa pilih cetak struk lalu cetak jika menginginkannya setelah tarik tunai.
  • Jika selesai di dalam layar mesin ATM akan keluar pertanyaan  “Apakah anda ingin melakukan transaksi lain?” jika dirasa memang cukup silahkan pilih ‘Tidak’
  • Kemudian ambil kartu dari mesin ATM dan transaksi pun selesai.

Nah itulah sejumlah langkah yang Anda ikuti untuk melakukan pengambilan uang di mesin ATM BRI dengan benar dan tepat.

Baca juga: Kenapa M Banking BCA Tidak Bisa Dibuka?

2. Cara Mengambil Uang Jika ATM Rusak

Lantas bagaimana cara mengambil uang jika ATM rusak atau sedang pemeliharaan? Tenang saja Anda dapat mengambil uang dengan cara mudah dan praktis melalui sejumlah cara.

Salah satunya Anda bisa melakukan pengambilan uang tanpa kartu dengan BRImo. Jika Anda melakukan nya dengan BRImo, pastikan Anda sudah memiliki akun BRImo. Lebih jelasnya sebagai berikut ini:

  • Pertama dari perangkat Anda dengan koneksi internet yang stabil silahkan buka aplikasi BRImo, kemudian lakukan login ke akun BRImo atau M Banking BRI dengan menggunakan User ID dan password.
  • Selanjutnya setelah berada di beranda dashboard, silahkan pilih menu Tarik Tunai.
  • Jangan lupa untuk memilih rekening sumber dana
  • Selanjutnya masukan nominal yang Anda ingin tarik tunai.
  • Kemudian tunggu hingga Anda mendapatkan kode untuk melakukan penarikan uang di ATM.
  • Setelah mendapatkan kode barulah Anda kunjungi lokasi ATM BRI terdekat.
  • Kemudian untuk memulainya tekan tombol bagian kiri bawah mesin
  • Lalu pilih menu Tarik Tunai
  • Di sini Anda silahkan isi kode yang diterima tadi.
  • Lalu masukkan nomor ponsel yang sudah Anda daftarkan di aplikasi BRImo.
  • Ikuti instruksinya hingga transaksi selesai dan Anda bisa mengambil uang tersebut.
  • Transaksi selesai dan uang kamu sudah bisa kamu ambil
  • Langkah-langkah tersebut sangat mudah untuk Anda ikuti dan terapkan dalam melakukan pengambilan uang tunai. Jadi, kini tidak ada lagi alasan lain untuk melakukan penarikan uang tunai, tanpa ATM Anda sudah bisa melakukannya.

Demikianlah penjelasan terkait posisi kartu ATM BRI saat mengambil uang yang benar, dengan demikian Anda tidak akan lagi salah posisi meletakkan kartu ATM.

Tidak ada komentar