BSI Perbankan

Cara Transfer BSI ke DANA Lewat ATM atau BSI Mobile

Maret 01, 2024
0 Komentar
Beranda
BSI
Perbankan
Cara Transfer BSI ke DANA Lewat ATM atau BSI Mobile

Saat ini transaksi menggunakan dompet digital semakin marak, seperti penggunaan aplikasi DANA. Banyak pengguna DANA yang kemudian top up saldonya dengan cara transfer dari rekening bank lain. Salah satunya dengan cara transfer BSI ke DANA melalui ATM maupun aplikasi BSI Mobile.

BSI (Bank Syariah Indonesia) sendiri merupakan hasil merger beberapa perbankan syariah, yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah. Ketiganya digabung menjadi satu sejak 2021 lalu untuk memberikan pengalaman perbankan syariah secara lebih maksimal.

Salah satunya yaitu memberi pengalaman transfer atau top up saldo ke berbagai jenis dompet digital, termasuk DANA. Caranya pun sangatlah mudah. Tinggal ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara Transfer BSI ke DANA

Ada dua cara untuk transfer uang dari rekening BSI ke DANA, yaitu offline dan online. Jika mengandalkan cara offline, Anda bisa datang ke ATM BSI terdekat dan langsung transfer melalui ATM. Sedangkan jika ingin transfer secara online, Anda bisa mengandalkan aplikasi BSI Mobile.

1. Cara Transfer BSI ke DANA Lewat ATM

Saat ini BSI memiliki lebih dari 1.785 ATM yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Baik itu di kantor cabang BSI maupun di tempat-tempat umum lainnya. Jadi, Anda pasti bisa menemukannya dengan mudah. Cara transfer uang dari ATM BSI ke DANA juga sangat mudah, yaitu:

a. Buka Aplikasi DANA

Sebelum berangkat ke ATM BSI terdekat, buka aplikasi DANA terlebih dahulu melalui smartphone Anda. Kemudian, tekan menu "Isi Saldo" dan klik "Tampilkan Semua Bank" atau pilih "Bank Lain". Nanti akan tampil nomor akun DANA Anda. Salin atau catat nomor tersebut untuk keperluan transfer.

b. Pastikan Saldo Rekening BSI Cukup

Sebelum transfer uang dari rekening BSI ke DANA, pastikan bahwa saldo rekening BSI Anda mencukupi minimal nominal transfer, yaitu Rp10.000. Pastikan juga masih ada saldo untuk membayar biaya admin. Berapa biaya transfer BSI ke DANA? Nominalnya hanya Rp500 per transfer.

Pertimbangkan juga minimum saldo BSI yang harus mengendap di rekening, yaitu Rp50.000. Jadi, minimal Anda harus memiliki saldo rekening BSI sebesar Rp60.500 sebelum transfer saldo senilai Rp10.000 ke akun DANA. Jangan sampai saldo BSI Anda kurang dari nominal tersebut.

Baca juga: Tabel Pinjaman KUR BRI

c. Mulai Transfer dari ATM BSI ke DANA

Setelah memastikan jumlah saldo BSI Anda cukup, langsung datang ke mesin ATM BSI terdekat dari tempat tinggal Anda. Jangan lupa membawa kartu ATM BSI yang masih aktif dan berisi saldo minimum di atas. Kemudian, lakukan transaksi di ATM dengan cara berikut.

  • Masukkan kartu ATM BSI ke mesin ATM dan ketik PIN-nya.
  • Tekan menu "Transaksi Lainnya". Kemudian, pilih "Transfer" dan klik "Ke Bank Lain".
  • Ketikkan kode bank Permata (013) sebagai kode bank tujuan, kemudian diikuti dengan nomor akun DANA yang ingin Anda transfer. Contoh: nomor DANA yang ingin ditransfer adalah 0123456789, maka ketik 0130123456789.
  • Ketik jumlah nominal yang ingin ditransfer ke akun DANA. Misalnya, Rp10.000.
  • Kemudian, klik sumber pembayaran dan akhiri dengan menekan "Ya" untuk konfirmasi.
  • Tunggu beberapa saat sampai mesin ATM menampilkan notifikasi hasil transaksi.

d. Cek Saldo DANA

Untuk memastikan proses transaksi berhasil atau tidak, langsung cek saldo akun DANA Anda. Caranya, buka aplikasi DANA di smartphone dan lihat jumlah saldonya. Apakah ada penambahan atau tidak. Cek juga di bagian notifikasi, apakah ada pemberitahuan uang masuk atau tidak.

Jika dananya tidak masuk, biasanya karena transaksi tersebut masih pending. Jadi, tunggu beberapa saat lagi. Tapi jika sampai waktu 24 jam belum masuk, segera hubungi tim Customer Service DANA melalui telepon ke nomor 1500 445.

2. Cara Transfer BSI ke DANA Lewat Aplikasi BSI Mobile

Selain top up melalui transfer ATM, Anda juga dapat isi ulang saldo Dana menggunakan aplikasi BSI Mobile. Cara ini jauh lebih praktis, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Cukup menggunakan perangkat smartphone dan jaringan internet. Berikut tutorialnya.

a. Pastikan Anda Sudah Aktivasi BSI Mobile

Sebelum transfer melalui aplikasi BSI Mobile, tentu Anda harus aktivasi BSI Mobile terlebih dahulu di smartphone Anda. BSI Mobile merupakan layanan mobile banking dari BSI untuk memudahkan nasabah BSI dalam bertransaksi digital. Cara mengaktifkannya sangatlah mudah, yaitu:

  • Download aplikasi BSI Mobile di App Store atau Google Play.
  • Klik "Aktivasi" untuk memulai registrasi akun
  • Baca syarat dan ketentuan yang ditampilkan di layar, lalu tekan "Setuju"
  • Lengkapi formulir registrasi dengan mengisi data diri Anda. Mulai dari nomor HP aktif, NIK (nomor KTP), tanggal lahir, dan nomor rekening BSI Anda.
  • Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP Anda.
  • Verifikasi sidik jari atau wajah dan klik "Selanjutnya" untuk verifikasi akun.
  • Cek SMS dari nomor 3339 yang masuk ke nomor HP Anda, lalu klik URL pada SMS tersebut untuk verifikasi akun. Nanti Anda akan langsung diarahkan ke aplikasi BSI Mobile.
  • Buatlah PIN BSI Mobile (6 digit angka) dan buat kata sandi baru untuk log in akun BSI Mobile.

b. Login ke Akun BSI Mobile dan Pastikan Saldo Cukup

Setelah berhasil mendaftarkan akun BSI Mobile, sekarang coba akses kembali akun Anda. Caranya, buka aplikasi BSI Mobile di smartphone. Lalu login akun Anda dengan memasukkan kata sandi yang telah dibuat. Anda juga bisa login akun dengan cara verifikasi sidik jari atau wajah.

Jika sudah berhasil masuk akun BSI Mobile, perhatikan jumlah saldo rekening BSI Anda. Pastikan jumlahnya mencukupi untuk transfer ke DANA. Mulai dari minimum top up DANA sebesar Rp10.000, biaya admin Rp500, serta saldo BSI yang mengendap sebesar Rp50.000.

Baca juga: Syarat Pinjam KUR BRI

c. Mulai Top Up atau Transfer ke DANA

Setelah memastikan jumlah saldo rekening BSI Anda mencukupi, sekarang Anda bisa langsung mentransfernya ke akun DANA. Caranya:

  • Buka aplikasi BSI Mobile dan masukkan password.
  • Klik menu "Top Up e-Wallet". Kemudian pilih jenis dompet digital, yaitu "DANA".
  • Masukkan nomor akun/ ID DANA yang akan ditransfer. Biasanya berupa nomor HP yang didaftarkan pada aplikasi DANA. Lalu klik "Selanjutnya"
  • Masukkan nominal top up/ transfer saldo yang akan dikirim ke akun DANA.
  • Kemudian, masukkan PIN BSI Mobile dan klik "Selanjutnya" untuk konfirmasi transaksi.
  • Nanti akan muncul bukti transaksi di layar.
  • Cek aplikasi DANA Anda untuk memastikan apakah saldonya telah masuk atau belum.

Sekarang tidak perlu bingung lagi bagaimana cara transfer BSI ke DANA atau bagaimana cara top up saldo DANA dari BSI. Langsung ikuti tutorial di atas. Mulai dari yang paling cepat dan praktis, yaitu melalui aplikasi BSI Mobile atau dengan transaksi melalui ATM BSI terdekat.

Selain menyiapkan jumlah minimal transfer sebesar Rp10.000, pastikan juga saldo di rekening BSI Anda cukup untuk membayar biaya admin. Sebab, top up saldo DANA dari BSI tidaklah gratis. Namun, biaya adminnya sangatlah kecil, yaitu hanya Rp500 per transfer.

Tidak ada komentar