Finance

5 Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey dan Prosesnya Mudah

Januari 10, 2024
0 Komentar
Beranda
Finance
5 Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey dan Prosesnya Mudah

Koperasi simpan pinjam tanpa survey tentu sering menjadi pilihan banyak orang. Sebab prosesnya relatif cepat, sehingga cocok jika digunakan dalam situasi yang mendesak. Selain itu, proses pengajuan pinjaman di koperasi tidak memerlukan banyak persyaratan. 

Daftar Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey yang Prosesnya Cepat

Sebelum mengajukan pinjaman di koperasi, sebaiknya Anda mengetahui proses yang harus dilalui. Hal ini bertujuan agar proses pengajuan pinjaman lebih cepat. Berikut beberapa koperasi yang menawarkan layanan simpan pinjam tanpa survey, yakni:

1. Dolpheen Indonesia

Apabila ingin mengajukkan pinjaman tanpa jaminan, koperasi ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Sebab Dolphin Dana menyediakan pinjaman hingga Rp10.000.000 tanpa adanya agunan. Selain itu, proses pengajuan pinjaman di Dolphin Dana terbilang cukup mudah dan cepat. 

Tenor cicilan yang ditawarkan oleh Dolphin Dana juga beragam mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. Namun yang perlu Anda ketahui adalah besaran bunga di koperasi ini terbilang cukup besar yakni 14% ditambah 1% biaya lainnya, sehingga total bunga 15 %.

2. KSP Graha Mandiri

Kebutuhan yang datang secara tiba-tiba seringkali membuat pusing. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi sebab sudah ada koperasi yang menyediakan pinjaman dengan proses cepat. Salah satunya yaitu KSP Graha Mandiri. Koperasi ini menyediakan pinjaman tanpa survey langsung. 

Keberadaan koperasi ini tentu bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dana di situasi mendesak. Telah berdiri sejak tahun 1994 di Pekalongan membuat koperasi ini cukup populer di kalangan masyarakat. Terlebih koperasi ini menyediakan layanan simpan pinjam tanpa survey langsung.

Baca juga: Tabel Pinjaman Pegadaian Terbaru

3. Koperasi Swadharma

Daftar koperasi simpan pinjam tanpa survey yang selanjutnya adalah Koperasi Swadharma. Koperasi ini telah bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia atau BNI untuk memberikan pinjaman tanpa jaminan. Bahkan Anda yang menjadi pegawai BNI bisa mengajukan pinjaman hingga Rp100.000.000. 

Menariknya proses pengajuan pinjaman tidak terlalu lama. Bahkan proses pengajuan pinjaman tidak memerlukan survey langsung ke rumah nasabah. Bunga yang ditawarkan oleh bank ini juga tidak terlalu besar yakni 17 % per tahunnya, sehingga tidak heran jika koperasi ini sering dipilih oleh masyarakat.

4. Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati

Koperasi yang menyediakan layanan simpan pinjam tanpa survey, tentu lebih menguntungkan. Sebab petugas koperasi tidak perlu datang langsung ke rumah Anda untuk survey. Tentu saja keberadaan koperasi ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan biaya. 

Menariknya lagi koperasi ini juga menyediakan pinjaman secara online, sehingga prosesnya lebih mudah. Selain itu, persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di koperasi ini tidak terlalu banyak. Hal inilah yang menyebabkan banyak masyarakat menyukai KSP Sahabat Mitra Sejati. 

5. Koperasi SIGAP Prima Astrea

Jika koperasi pada umumnya terbuka untuk masyarakat, maka berbeda dengan koperasi ini yang menyediakan pinjaman untuk karyawan dan security perusahaan SIGAP Prima Astrea. Bahkan koperasi ini menyediakan pinjaman tanpa adanya jaminan dan juga survey.

Salah satu hal yang menarik dari koperasi ini adalah menawarkan pinjaman secara online. Dengan adanya layanan ini, maka nasabah tidak perlu menunggu petugas untuk melakukan survey. Hal inilah yang menyebabkan koperasi SIGAP Prima Astrea cukup populer bagi para karyawannya.

Baca juga: Pinjaman 200 Ribu Langsung Cair

Keuntungan Menggunakan Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengajukan pinjaman di koperasi yang tidak melakukan survey ke rumah nasabah. Hal inilah yang menyebabkan banyak nasabah lebih menyukai koperasi daripada meminjam uang di lembaga lainnya, berikut beberapa keuntungannya:

1. Tidak Memerlukan Jaminan

Umumnya koperasi yang meminjamkan uang tanpa survey tidak meminta jaminan dari nasabah. Hal inilah yang menyediakan banyak masyarakat lebih menyukai koperasi. Kondisi ini tentu berbeda dengan ketentuan mengajukan pinjaman uang di bank. Dimana bank selalu meminta jaminan dari nasabah.

Besaran uang yang dapat dipinjam oleh nasabah, biasanya tergantung ketentuan dari koperasi. Hal ini berbeda dengan bank yang menyediakan pinjaman sesuai dengan nilai jaminan. Semakin besar nilai jaminan yang Anda berikan, maka semakin besar pinjaman yang Anda dapatkan.

2. Proses Pengajuan Cepat

Saat ini sudah banyak koperasi yang memberikan pinjaman tanpa survey. Menariknya koperasi tanpa survey mampu memproses pinjaman nasabah dengan cepat. Bahkan sudah banyak koperasi yang menyediakan pendaftaran secara online, sehingga nasabah tidak perlu datang ke koperasi.

Meskipun terdengar menguntungkan, namun usahakan untuk selektif dalam memilih koperasi. Sebab sudah banyak koperasi yang menyediakan simpan pinjam dengan proses yang panjang dan bunga yang besar. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih koperasi yang tepat dan terpercaya.

3. Lebih Aman

Saat ini sudah banyak situs pinjaman online yang menyediakan pinjaman dalam jumlah besar. Namun, beberapa kasus menyebutkan bahwa bunga pinjaman online lebih besar. Apabila nasabah tidak mampu membayar cicilan, mayoritas suku bunga akan bertambah besar.

Selain itu, situs pinjaman online yang tidak terdaftar OJK sering menyebarkan data milik nasabah. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan koperasi simpan pinjam yang telah legal dan tidak merugikan nasabah. Terlebih koperasi yang legal pasti memberikan banyak keuntungan untuk nasabah.

Baca juga: Contoh Nota Kredit Lengkap

Tips Mengajukan Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman di koperasi, Anda harus memperhatikan banyak hal. Tujuannya agar koperasi yang dipilih sesuai dengan keinginan dan tidak merugikan. Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum mengajukan pinjaman di koperasi, yakni:

1. Perhatikan Suku Bunga yang Ditawarkan

Suku bunga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum memilih koperasi. Sebab semakin besar suku bunga yang ditawarkan maka semakin besar pula jumlah uang yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih koperasi yang memiliki suku bunga rendah.

2. Perhatikan Layanan yang Tersedia

Umumnya koperasi yang telah legal menyediakan banyak layanan. Hal ini dibuat agar nasabah dapat menggunakan layanan yang sesuai dengan kebutuhannya. Bahkan sudah banyak koperasi yang menyediakan layanan simpan pinjam secara online, baik melalui aplikasi ataupun situs resmi.

3. Perhatikan Ulasan dari Pelanggan Lainnya

Biasanya nasabah akan memberikan ulasan kepada koperasi yang digunakan untuk melakukan simpan pinjam uang. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari tahu kualitas dari suatu koperasi. Apabila ulasan dari nasabah cukup baik, maka Anda bisa mengajukan pinjaman di koperasi tersebut.

4. Perhatikan Plafon Koperasi

Saat akan mengajukan pinjaman uang di koperasi, perhatikan Plafon yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Sebab beberapa koperasi biasanya memiliki batasan dana. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui plafon yang tersedia di koperasi tersebut.

Berbagai informasi ini bisa Anda pelajari dengan baik. Tujuannya agar Anda bisa memilih koperasi simpan pinjam tanpa survey dengan benar. Sebab koperasi yang tepat akan memberikan banyak keuntungan, baik bagi nasabah, petugas koperasi ataupun pihak-pihak yang terkait.

Tidak ada komentar