Bank Permata Perbankan

Bukti Transfer Bank Permata Asli dan Cara Melihatnya

Oktober 25, 2023
0 Komentar
Beranda
Bank Permata
Perbankan
Bukti Transfer Bank Permata Asli dan Cara Melihatnya

Bank Permata merupakan salah satu bank milik swasta yang cukup populer di kalangan masyarakat. Sebab bank ini memiliki produk layanan yang bervariasi. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mencari cara melihat bukti transfer Bank Permata melalui Mobile X.

Mengenal Lebih Dekat dengan Bank Permata

Bank Permata mulai beroperasi pada tanggal 5 Januari 1955. Bank yang satu ini memiliki banyak program layanan, sehingga ansbaha bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, banyak manfaat yang bisa diperoleh nasabah ketika memilih Bank Permata untuk memenuhi kebutuhan transaksi.

Fasilitas yang diperoleh nasabah juga beragam, sehingga hal ini cukup menguntungkan. Alasan inilah yang membuat banyak masyarakat mempercayakan kegiatan transaksinya dengan Bank Permata. Terlebih Bank Permata telah mendapatkan izin OJK dari pemerintah, sehingga cukup aman digunakan.

Bagi Anda yang akan bergabung menjadi nasabah Bank Permata, bisa mendatangi kantor Bank Permata terdekat. Sebab Bank Permata memiliki kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah. Sehingga hal ini memudahkan nasabah saat akan melakukan transaksi.

Bukti Transaksi Bank Permata Yang Asli

Saat melakukan transaksi di Bank Permata, nasabah pasti akan mendapatkan bukti transfer. Bukti transfer ini memiliki fungsi yang beragam. Sehingga Anda harus memastikan bahwa memiliki bukti transfer saat dengan melakukan transaksi.

Namun, saat mendapatkan bukti transfer pastikan bahwa bukti yang diperoleh benar. Sebab saat ini banyak oknum yang membuat bukti transfer palsu. Sehingga kondisi ini dapat merugikan beberapa pihak salah satunya nasabah yang melakukan transaksi.

Bukti transfer dapat dijadikan sebagai bukti akurat bahwa Anda telah melakukan transaksi pada suatu bank. Ketika melakukan transaksi, usahakan untuk menyimpan bukti transfer. Hal ini bertujuan untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kode Bank Permata Syariah

Cara Melihat Bukti Transfer Bank Permata dengan Mudah

Hampir sama dengan bank pada umumnya, Bank Permata juga memiliki aplikasi Mobile X. Dimana aplikasi ini dibuat untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Berikut cara melihat bukti transfer Bank Permata melalui aplikasi Permata Mobile X, yakni:

  • Buka aplikasi Permata Mobile X yang terdapat di smartphone
  • Selanjutnya login dengan memasukkan password
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda diarahkan pada halaman beranda
  • Kemudian pilih menu tampilkan akun 
  • Pilih rekening yang digunakan untuk transfer
  • Tunggu beberapa saat sampai saldo Anda akan ditampilkan 
  • Selain saldo, Anda juga dapat mengetahui tampilan mutasi dari rekening 
  • Jika akan mencari bukti transfer, pilih bulan transfer pada tampilan mutasi rekening
  • Kemudian screenshot bukti transfer tersebut sebagai syarat pembayaran yang sah
  • Bagikan kepada bank tujuan untuk menunjukkan bahwa Anda telah mengirim uang ke orang tersebut.

Tips Membedakan Bukti Transfer Asli dan Palsu

Karena maraknya oknum yang sering memalsukan bukti transfer, Anda harus bijak dan pandai membedakan bukti transfer asli dan palsu. Berikut beberapa tips membedakan bukti transfer asli dan palsu, yakni:

Baca juga: Tabel Pinjaman KTA Permata Bank

1. Tulisan Tidak Rapi

Karena banyaknya bank yang menggunakan aplikasi mobile, membuat beberapa oknum sengaja memalsukan bukti transfer untuk menipu orang lain. Agar tidak tertipu dengan oknum yang tidak bertanggung jawab, usahakan untuk teliti dalam melihat bukti transfer yang dikirim oleh rekan Anda.

Umumnya bukti transfer palsu memiliki tulisan yang tidak rapi, sehingga Anda harus meneliti tulisan pada bukti transfer. Meskipun menggunakan bukti transfer secara nyata, masih banyak oknum yang bisa memasukannya. Sehingga Anda harus waspada terhadap tindakan tersebut.

2. Nomor Rekening Tidak Lengkap

Pada saat melakukan transaksi baik secara online dan offline, Anda akan mendapatkan bukti transfer. Namun, saat mendapatkan bukti transfer dari orang lain pastikan bahwa nomor rekening lengkap. Sebab jika nomor rekening tidak lengkap, bisa saja bukti transfer tersebut palsu.

Jika melakukan transaksi secara online perhatikan bukti transfer dengan seksama. Sebab banyak aplikasi yang sering digunakan untuk mengedit bukti transfer palsu. Sehingga kondisi ini dapat merugikan Anda, terlebih jika nominal transfer cukup besar.

3. Font Tidak Jelas

Apabila melakukan transaksi secara online dan offline, maka bukti transfer Bank Permata memiliki font yang jelas. Namun, jika bukti transfer yang didapatkan tidak jelas Anda perlu waspada. Font bukti transfer biasanya akan jelas dan terlihat rapi.

Setelah menerima bukti transfer dari siapapun, usahakan untuk melihat fotonya terlebih dahulu. Selain itu, lihat tanggal transfer. Jika bukti transfer dikirimkan lewat smartphone, mintalah bukti tersebut secara keseluruhan. Jangan pernah menerima bukti transfer, yang hanya difoto sebagian saja.

Baca juga: Kode Bank Permata ke DANA

Manfaat Bukti Transfer atau Transaksi

Sebelum melakukan transaksi baik antar sesama bank maupun bank lain, Anda harus mengetahui fungsi dari bukti transfer. Jika bekerja di bagian keuangan, bukti transfer menjadi salah satu syarat sah kegiatan transaksi. Sehingga keberadaannya harus disimpan dengan baik, agar tidak hilang.

Dengan adanya bukti transfer, staff keuangan bisa menggunakannya untuk laporan akhir bulan. Sehingga tidak heran jika staff keuangan selalu menyediakan tempat kosong untuk menyimpan bukti transfer. Hal ini dilakukan agar bukti transfer tidak hilang, sehingga saat dibutuhkan bisa dicari dengan mudah.

Saat terjadi kesalahan dalam bentuk tulisan, bukti transfer dapat diajukan sebagai bukti yang kuat. Sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan oleh semua orang, terutama staff keuangan. Selain itu, bukti transfer juga dapat menghindari duplikasi data keuangan.

Berbagai macam informasi tentang bukti transfer Bank Permata tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi saat akan mengirim uang ke orang lain. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan simpan bukti transfer tersebut dengan baik agar saat dibutuhkan mudah untuk dicari.

Tidak ada komentar