BSI Perbankan

BSI Adalah Gabungan dari Bank Besar di Indonesia, Cek Info Lengkapnya!

September 08, 2023
0 Komentar
Beranda
BSI
Perbankan
BSI Adalah Gabungan dari Bank Besar di Indonesia, Cek Info Lengkapnya!

BSI adalah salah satu industri perbankan terkenal dan terbilang baru di Indonesia. BSI (Bank Syariah Indonesia) bukan satu-satunya di Indonesia, dan sama halnya dengan bank syariah lainnya, BSI juga mencerminkan aktivitas perbankan secara syariah.

Keunggulan bank syariah adalah aktivitas perbankan mengikuti syariat islam dan jauh dari riba.Bank Syariah Indonesia jadi bank yang turut berkontribusi dalam aktivitas ekonomi dan sistem industri yang halal. 

Disamping itu, Bank Syariah Indonesia tetap melakukan aktivitas perbankan seperti bank reguler, seperti tarik tunai, transfer, setor tunai, e-money, pembayaran, pinjaman bank, pembelian, dan lain sebagainya. Simak penjelasan lengkap terkait Bank Syariah Indonesia berikut ini. 

BSI Adalah Bank Syariah Paling Besar di Indonesia

BSI secara resmi terbentuk tanggal 1 Februari tahun 2021 yang mana sebelumnya, BSI sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 27 Januari 2021. BSI merupakan bank syariah paling besar yang ada di Indonesia. 

Bank ini hadir untuk menyediakan layanan perbankan dengan permodalan lebih baik, jangkauan lebih luas, serta pelayanan yang lebih lengkap sehingga harapannya adalah Bank Syariah Indonesia bisa maju dan bersaing. Berikut visi misi Bank Syariah Indonesia.

Visi Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia memiliki visi masuk dalam daftar Top 10 Islamic Bank pada tahun 2025. Dalam rangka mewujudkan visi besar tersebut, BSI terus mengembangkan dan melakukan perbaikan. Sementara ini, Top 10 Islamic Bank tahun 2021 dipegang oleh bank dari beberapa negara, yaitu:

  • Al Rajhi Bank 
  • Dubai Islamic Bank .
  • Kuwait Finance House 
  • Maybank Islamic Malaysia.
  • Qatar Islamic Bank 
  • Alinma Bank 
  • Abu Dhabi Islamic Bank 
  • Masraf Al Rayan 
  • CIMB Islamic Bank 
  • Al Baraka Banking Group 

Misi dari Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia memiliki tiga misi, yaitu yang pertama adalah memberikan akses solusi keuangan syariah di Indonesia. Diperinci, BSI memiliki misi untuk melayani hingga lebih dari 20 juta nasabah, masuk dalam top 5 bank berdasarkan nilai buku 50 T dan aset lebih dari 500 T pada 2025. 

Kedua, BSI ingin menjadi bank yang besar dan dapat memberikan nilai terbaik untuk para pemegang saham, mencakup menjadi top 5 bank yang profitable dengan PB lebih dari 2 dan Return on Equity (ROE) hingga 18%.

Misi ketiga adalah menjadi bank kebanggaan dan pilihan di Indonesia. Komitmen BSI, yaitu mengembangkan karyawan, memiliki nilai yang kuat, serta memberdayakan masyarakat. Nilai perusahaan sendiri yaitu AHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Baca juga: Cara Daftar Penerimaan Mahasiswa Baru BSI

BSI Adalah Gabungan dari Bank Besar Indonesia

Bagaimana sejarah BSI bisa terbentuk? BSI terbentuk dengan gabungan dari tiga bank besar BUMN di Indonesia, yaitu Bank Mandiri, BNI (Bank Negara Indonesia), dan BRI (Bank Rakyat Indonesia) sehingga terbentuk Bank Syariah Indonesia yang unggul. 

Jadi, pada struktur pemegang saham Bank Syariah Indonesia, yaitu pertama 51,47% dipegang oleh PT Bank Mandiri dengan nilai nominal rupiah sekitar 11,8 triliun. Kedua, saham terbesar dipegang oleh PT Bank Negara Indonesia, sekitar 23,24% atau nilai nominal sekitar 5,3 triliun. 

Pemegang saham ketiga adalah PT Bank Rakyat Indonesia dengan persentase saham sekitar 15,38% atau nilai nominal rupiah sekitar 3,5 triliun. Persentase sisanya dipegang oleh masyarakat 9,91%, yang mana rerata pemegang saham masing-masing tidak mencapai 5%. 

Produk Bank Syariah Indonesia

Produk BSI yaitu, BSI Tabungan Easy Mudharabah dan BSI Tabungan Easy Wadiah, keduanya berada dibawah platform Bank Mandiri. Jadi, nasabah bisa cek ketentuan lengkapnya pada laman resmi bank Mandiri. 

Namun, tetap untuk pembukaan rekening bisa melalui pihak BSI, bisa melalui cabang BSI terdekat, secara online melalui BSI Mobile atau Website BSI. Bagi Anda yang ingin membuka rekening, simak dulu info lengkap terkait BSI tabungan berikut ini. 

Baca juga: Kode Transfer BRI ke BSI

1. BSI Tabungan Easy Wadiah

Bagi Anda yang menggunakan Tabungan Easy Wadiah, maka akan mendapat beberapa benefit, seperti bebas biaya administrasi bulanan, gratis biaya tarik tunai dan transaksi di seluruh EDC bank di Indonesia, bank Mandiri, dan EDC jaringan PRIMA. 

Selain itu, Anda dapat membuka rekening atau transaksi lainnya secara online melalui BSI Net Banking atau BSI Mobile. Jika ingin membuka rekening pribadi maka Anda perlu setoran awal minimal Rp100.000, sedangkan jika non perorangan setoran awalnya minimal Rp1.000.000. 

2. BSI Tabungan Easy Mudharabah

Berbeda dengan Wadiah, Mudharabah memberlakukan biaya administrasi Rp10.000 per bulannya. Sementara fasilitas kartu debit sama, yaitu BSI Debit GPN dan Visa. Begitu pula dengan setoran awalnya, yaitu pribadi Rp100.000 dan non pribadi Rp1.000.000.

Easy Mudharabah juga memiliki keunggulan, yaitu bisa transaksi online menggunakan BSI Mobile atau BSI Net Banking, bebas biaya tarik tunai maupun transaksi di seluruh EDC pada Bank di Indonesia, serta penggunaan ATM bisa di seluruh ATM BSI, Mandiri, Bersama, Prima, berlogo Visa, dan ATM Link

3. BSI Tabungan Junior

Mungkin Anda jarang menemukan tabungan junior, memang tidak semua bank menyediakan layanan ini. Namun, BSI punya tabungan junior. Dengan tabungan jenis ini, anak usia dibawah 17 tahun sudah bisa belajar menabung dan punya rekening tabungan BSI. 

Meskipun untuk anak-anak, layanan ini juga mencakup fasilitas berupa buku tabungan kartu ATM GPN dan visa yang bisa Anda gunakan di seluruh Indonesia. Keunggulan Bank Tabungan Junior BSI adalah bisa akad mudharabah atau pun akan wadiah yad dhamanah.

Baca juga: Cara Transfer BRI Ke BSI

4. BSI Tabungan Bisnis

Produk BSI Tabungan Bisnis adalah salah satu layanan yang berlaku dengan akan mudharabah muthlaqah. Tabungan ini berarti pemberi modal hanya mengontrol kelancaran pemberian modal dan proses bagi hasil. Sementara itu, penerima modal bebas menentukan dan melakukan jenis usaha. 

Fasilitas BSI Bisnis hampir sama dengan layanan lain, tetapi proses pembukaan rekening online masih dikembangkan. Ada aturan dalam menggunakan tabungan bisnis, yaitu setoran pertama minimal 1 juta rupiah dan saldo bulanan paling sedikit 10 ribu rupiah per hari dan 10 juta per bulan. 

Keunggulan lainnya adalah nasabah bisa dapat benefit transfer gratis apabila memenuhi saldo minimum Rp10.000.000. Selain untuk badan usaha, tabungan ini juga bisa untuk badan hukum dengan syarat melampirkan dokumen terkait. 

5. BSI Tabungan Mahasiswa

Anda bisa membuat BSI tabungan mahasiswa jika sudah memasuki usia 17 tahun dengan status sebagai pelajar. Beberapa ketentuan jenis tabungan ini bisa berbeda mengikuti ketentuan dari perjanjian kerjasama antara institusi dengan Bank Syariah Indonesia

Contoh, biaya administrasi bulanan, nominal minimum ketika setoran awal dan saldo bulanan. Sementara itu, Gratis untuk biaya setor tunai, serta tarik tunai di ATM dan Teller. Pendaftaran jenis tabungan ini bisa dilakukan secara bersamaan oleh instansi. 

Jadi, BSI adalah bank syariah terbesar di Indonesia yang merupakan hasil gabungan Bank Mandiri, BNI, & BRI. BSI memiliki izin resmi untuk menerapkan kegiatan perbankan dan berdasarkan syariat Islam. Anda pun bisa melakukan transaksi layaknya bank pada umumnya.

Tidak ada komentar