CIMB Niaga Perbankan

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank CIMB Niaga Praktis dan Mudah

Agustus 30, 2023
0 Komentar
Beranda
CIMB Niaga
Perbankan
Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank CIMB Niaga Praktis dan Mudah

Sistem pembayaran ATM memang sangat membantu pada konsumen bank. Selain membayar sesuatu, ATM juga bisa untuk transfer, setor tunai, dan melakukan pembelian. Namun bagaimana jika uang dalam ATM tiba-tiba hilang? Anda harus pahami dulu cara mengurus uang hilang di ATM Bank CIMB Niaga.

Tak sedikit adanya pelaporan beberapa konsumen juga pada bank lainnya bahwa telah terjadi kehilangan uang secara tiba-tiba dari ATM. Padahal ATM tengah dibawa oleh konsumen dan tidak ada pula yang mengetahui sandi ATMnya. Apakah Anda juga pernah dengar masalah serupa ini?

Cara Mengurus Uang Hilang di ATM Bank CIMB Niaga 

Jika Anda menemukan kasus serupa atau kasus seperti kartu CIMB Niaga hilang mesin, Anda harus bertindak cepat dan tepat untuk menghindari hal-hal lain yang bisa saja merugikan Anda. Bank CIMB Niaga sendiri tentu memiliki aturan bagaimana cara pengaduan.

Pengaduan ini dapat Anda lakukan selaku konsumen dari PT CIMB Niaga Auto Finance atau bisa juga perwakilan Anda dengan arahan dari Anda. Pastikan jika memang Anda sudah memeriksa bahwa ada yang salah pada kartu, sandi, jumlah uang, atau lainnya, dan barulah lakukan pengaduan seperti ini:

1. Secara Lisan ke Bank

Jika Anda ingin menjelaskan kronologi secara lisan untuk memudahkan pihak Bank CIMB Niaga dan Anda dalam berkomunikasi, Anda bisa menggunakan pengaduan secara lisan saja. Pengaduan dengan lisan ini dapat Anda lakukan melalui dating ke bank ataupun telepon.

Jika Anda melakukannya dengan datang ke bank, pastikan Anda telah membawa segala bukti terkait masalah yang Anda adukan. Kemudian datanglah pada satpam bank dan utarakan tentang pengaduan Anda. Bank akan memberikan arahan kepada customer service yang ada.

Dalam meja customer service, ceritakan kronologi kejadian secara lengkap dan tepat agar pihak bank bisa menganalisa cara mengurus uang hilang di ATM Bank CIMB Niaga Anda. Anda bisa datang pada jam kerja bank yakni jam 08.30 – 15.00 WIB, Hari Senin sampai Jumat.

Baca juga: ATM Bank CIMB Niaga Terdekat

2. Secara Lisan Melalui Telepon

Jika Anda tidak ingin mengantri atau tidak ingin repot keluar rumah, Anda juga bisa melakukan pengaduan dengan cara menghubungi call center Bank CIMB Niaga. Anda dapat menelpon melalui 0804 1090 909 pada hari kerja Senin sampai Jumat dan jam 08.30 sampai 17.30 WIB.

Berikan data Anda dengan benar termasuk nomor rekening dan juga kronologi Anda kehilangan uang. Konfirmasi juga kebenaran data yang diberikan pihak bank apakah benar Anda atau bukan. Selanjutnya, bank akan menganalisa masalah yang sedang terjadi.

Pengduan secara lisan dengan datang ke bank ataupun melalui telepon akan ditangani dengan 5 hari kerja. Jika penanganannya ternyata membutuhkan lebih dari 5 hari maka pihak bank akan menghubungi Anda untuk melanjutkan pada pengaduan tertulis.

3. Pengaduan Tertulis

Selain dengan lisan, Anda juga bisa membuat pengaduan secara tertulis. Pengaduan tertulis dibuat oleh Anda dan dikirimkan ke info@cnaf.co.id dengan melampirkan pula nama sekaligus kontak Anda untuk bisa dihubungi oleh pihak bank.

Pengaduan secara tertulis akan bank selesaikan dalam kurun waktu berkisar 20 hari jam kerja. Dan bank akan menghubungi Anda kembali jika ternyata waktu 20 hari belumlah selesai.Jika diurutkan maka sebaiknya Anda melakukan pengaduan dengan Langkah:

  • Menghubungi Call Center lebih dulu.
  • Jika belum puas, email sekaligus pengaduan tertulis Anda.
  • Jika belum juga tuntas, datanglah ke kantor Bank CIMB Niaga terdekat Anda.

Hal yang Dibawa Saat Pengaduan

Saat Anda ingin melakukan pengaduan baik secara lisan ataupun tulisan, pastikan Anda telah memahami dengan baik kronologi kejadian yang mengakibatkan pertanyaan cara mengurus uang hilang di ATM Bank CIMB Niaga. Yang perlu Anda siapkan adalah:

  • Identitas Anda, bisa dengan SIM ataupun KTP ataupun kartu identitas lainnya.
  • Jika ada perwakilan, kartu identitas perwakilan Anda juga harus dibawa.
  • Surat Kuasa.
  • Jenis dan tanggal transaksi keuangan Anda.
  • Kronologi permasalahan Anda.
  • Data atau dokumen pendukung sebagai bukti dari pengaduan.

Jika bank memerlukan hal-hal lain, Anda akan diberitahu dan Anda bisa menyiapkannya sesuai dengan permintaan bank. Walaupun mungkin membutuhkan waktu, Anda harus bersabar dan mengikuti arahan dari Bank CIMB Niaga untuk memudahkan pengaduan Anda agar segera ditangani.

Baca juga: ATM Setor Tunai CIMB Niaga Terdekat

Tips Menghindari Skimming

Pengaduan pada bank bukan hanya karena kartu CIMB Niaga tertelan atau karena ingin membuat kartu baru saja. Pengaduan juga bisa terjadi ketika Anda kehilangan data Anda yang mengakibatkan terancamnya juga uang Anda yang ada dalam bank. 

Hal seperti ini marak terjadi sebagai kejahatan skimming atau tindakan pencurian informasi. Untuk mencegah adanya pencurian data ini, yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Pilih lokasi ATM yang memiliki petugas keamanan. Jika tidak ada, pilih lokasi yang ramai dan bukan sepi. Tempat ramai akan membuat perilaku kriminal cenderung urung beraksi.
  • Pastikan ATM tempat transaksi memiliki CCTV. Jika tidak maka sebaiknya Anda berpindah ke tempat yang memiliki CCTV.
  • Cek mesin ATM Anda sebelum bertransaksi. Pastikan tidak ada sesuatu yang menutup keyboard mesin. Jalur keluarnya uang juga harus bersih dari sesuatu yang menutupinya.
  • Demi keamanan lebih ekstra, sebaiknya Anda lakukan pergantian sandi berkala untuk ATM maupun ponsel Anda.

Dengan majunya teknologi, agar terhindar dari kasus hilang atau tertelannya ATM, Anda bisa mulai belajar cara transaksi tanpa kartu cimb niaga, sehingga transaksi bisa lebih praktis.

Jadi sudah paham cara mengurus uang hilang di ATM Bank CIMB Niaga bukan?

Tidak ada komentar