Bank BJB Perbankan

Syarat Buka Rekening BJB Secara Online dan Offline (2024)

Januari 01, 2024
0 Komentar
Beranda
Bank BJB
Perbankan
Syarat Buka Rekening BJB Secara Online dan Offline (2024)

Ada beberapa syarat buka rekening BJB yang perlu Anda ketahui. Bank yang merupakan milik pemerintah di Provinsi Jawa Barat serta Banten ini memiliki kantor pusat yang berada di Bandung. Jika Anda berniat membuka rekening BJB, sebaiknya memperhatikan beberapa syaratnya.

BJB merupakan salah satu dari 10 bank terbesar dengan kinerja yang baik di Indonesia. Bank ini menerapkan nilai-nilai budaya perusahaan yang membuat seluruh nasabah menjadi semakin nyaman.

Apa Saja Syarat Buka Rekening BJB?

Terkait dengan pembukaan rekening di Bank BJB, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah sebelum dapat membuka rekening. 

Perorangan

Syarat-syarat tersebut meliputi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Melakukan pengisian formulir untuk membuka rekening.
  • Melampirkan fotokopi identitas diri, bisa berupa KTP bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) atau paspor, KITAP, maupun KITAS bagi WNA.
  • Melampirkan dokumen yang menerangkan domisili maupun surat keterangan tertentu bagi KTP yang domisilinya tidak sesuai dengan kantor cabang.
  • Melampirkan fotokopi dari NPWP (jika punya).

Lembaga

Bagi rekening non perorangan harus melampirkan legalitas perusahaan atau lembaga dan juga dokumen kepemilikan.

Untuk lebih lengkapnya mengenai syarat buka rekening BJB atas nama lembaga adalah sebagai berikut:

  • Melampirkan dokumen identitas diri, bisa KTP, SIM, paspor, KITAP, atau KITAS.
  • Menyiapkan beberapa dokumen penting seperti Akta Pendirian Perusahaan dan juga Perubahan terakhirnya, SIUP, dan NPWP lembaga.
  • Sediakan untuk biaya meterai.
  • Setoran awalnya minimal sebesar Rp5.000.000.
  • Mengenai bunga yang ditentukan sesuai dengan yang telah berlaku.

Ada sejumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan mendaftar rekening atas nama lembaga. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

  • Ada valas maupun mata uang pilihan yang tersedia.
  • Suku bunganya kompetitif sehingga bisa membuat investasi menjadi semakin lancar.
  • Simpanan akan aman serta terjamin.
  • Biaya administrasi yang dikenakan tergolong ringan.
  • Ada laporan mengenai rekening keuangan setiap bulannya yang bisa mempermudah Anda untuk memantau pengeluaran.
  • Ada fasilitas Internet Banking Corporate yang ditujukan untuk transaksi dengan fitur seperti Payment and Purchase sampai dengan Cash Distribution.
  • Terdapat layanan berupa Transaksi Real Time On-Line dan juga Automatic Fund Transfer.

Cara Membuka Rekening BJB Online dan Offline

Baik itu rekening atas nama perorangan maupun lembaga tetap menggunakan cara yang sama baik itu secara langsung datang ke bank atau melalui ponsel maupun PC secara daring.

Setelah mengumpulkan beberapa dokumen penting sebagaimana disebutkan di atas, selanjutnya adalah melakukan pembukaan rekening. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, cara membuka rekening BJB ada dua, yaitu secara online dan offline. Berikut lebih lengkapnya:

Baca juga: Cara Mengambil Uang di Atm BJB

Pendaftaran rekening bank secara online akan menguntungkan bagi Anda yang tidak punya waktu untuk pergi ke kantor cabang. Cara melakukan pendaftaran rekeningnya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  1. Klik tautan https://eform.bankbjb.co.id/.
  2. Setelah berhasil membuka halaman, selanjutnya pilih menu "Simpanan".
  3. Disitu akan muncul menu "BJB Tandamata, Giro Perorangan, dan juga Giro Non Perorangan".
  4. Anda bisa memilih menu "BJB Tandamata".
  5. Kemudian pilih "Daftar Sekarang".
  6. Setelah itu akan muncul informasi mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran rekening, selanjutnya klik "PROSES".
  7. Langkah selanjutnya adalah centang bagian yang menyatakan Anda telah membaca, mengerti, serta menyetujui sejumlah syarat di atas. Klik "SETUJU".
  8. Lakukan pengisian data diri dengan lengkap, pengisian tersebut meliputi nama, alamat, pekerjaan, dan lain sebagainya sebagaimana yang diminta oleh sistem.
  9. Apabila semua data sudah diisi, selanjutnya pilih "Preview" untuk mengecek dengan teliti data yang sudah Anda masukkan.
  10. Jika semua data telah terisi dengan benar, selanjutnya masukkan kode captcha lalu pilih "Submit".
  11. Anda akan memperoleh nomor registrasi.
  12. Langkah terakhirnya adalah membawa nomor registrasi dan persyaratannya ke kantor bank yang terdekat untuk kemudian diterbitkan oleh pihak bank.

Itu adalah langkah-langkah membuka rekening secara online. Di sisi lain jika Anda ingin melakukan pendaftaran secara offline, maka tinggal membawa semua persyaratan di atas ke bank terdekat untuk pendaftaran.

Sekarang pertanyaannya adalah mengenai setoran awal. Buka rekening di Bank BJB berapa? Jika atas nama lembaga adalah sebesar Rp5.000.000, maka untuk rekening perorangan adalah minimal Rp20.000 saja dengan saldo minimalnya juga Rp20.000.

Baca juga: Kode Bank BJB

Apa Visi dan Misi BJB?

Sebagai bank yang besar, tentunya BJB memiliki beberapa visi dan misi penting untuk dicapai. Beberapa visi dan misi dari BJB adalah sebagai berikut.

  • Berkontribusi serta berpartisipasi menjadi penggerak serta pendorong untuk laju perekonomian daerah.
  • Sebagai partner utama bagi pemerintah daerah dalam hal pengelolaan keuangan.
  • Memberikan pelayanan yang ramah dan berkualitas untuk semua nasabah.
  • Memberikan manfaat yang berkelanjutan dan terbaik untuk seluruh stakeholders.
  • Meningkatkan inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat lewat digitalisasi perbankan.

Ada sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh BJB sehingga dijadikan pilihan bagi banyak nasabah. Ini akan menguntungkan bagi siapapun yang suka dengan fasilitas menarik ketika membuka rekening.

Keunggulan-keunggulannya mulai dari kemudahan dalam proses transaksi BPD se-Indonesia, memiliki setoran awal yang terjangkau, suku bunga hariannya ringan atau kompetitif, memiliki biaya administrasi yang ringan, bebas biaya transaksi antar rekening untuk semua kantor cabang bank. 

Jadi, setelah mengetahui syarat buka rekening BJB, cara, serta berbagai keunggulannya tersebut, Anda pasti sudah tertarik untuk mendaftar kan? Segera siapkan sejumlah dokumen lalu lakukan pendaftaran sesuai dengan keinginan Anda, yaitu secara online atau offline.

Tidak ada komentar