BWS Perbankan

Bank BWS Adalah, Sejarah, Informasi dan Kinerjanya Lengkap

Juni 30, 2023
0 Komentar
Beranda
BWS
Perbankan
Bank BWS Adalah, Sejarah, Informasi dan Kinerjanya Lengkap

Bukan hanya masyarakat kelas atas saja, saat ini hampir semua orang sudah akrab dengan yang namanya bank. Bahkan, di setiap daerah sudah berdiri beberapa bank milik negara maupun swasta dan bank BWS adalah salah satunya.

Sama seperti bank-bank lainnya, BWS merupakan sebuah singkatan dari PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. Salah satu bank swasta ini berhasil melebarkan sayapnya dan hadir di beberapa daerah di Indonesia. Silakan simak artikel ini untuk mengetahui sejarah bank BWS lebih lanjut.

Sejarah Singkat Bank BWS

Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, bank BWS merupakan singkatan dari PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. Sesuai dengan namanya, bank ini pertama kali berdiri pada tahun 1906 silam. Tentunya, bank ini tidak langsung memiliki nama BWS.

Pada awal ia berdiri, bank yang sekarang Anda kenal sebagai bank BWS ini memiliki nama Himpoenan Saudara. Nama ini yang kemudian menjadi cikal bakal Bank Woori Saudara.

Lalu, bagaimana proses berubahnya Himpoenan Saudara menjadi bank BWS seperti sekarang? Simak rangkumannya berikut ini:

1. Bank Saudara

Himpoenan Saudara yang berdiri berkat 10 orang saudagar ini kemudian menjadi badan hukum pada tahun 1975 dengan nama PT Bank Tabungan Himpunan Saudara 1906.

Pada tahun 1993, bank ini kemudian menjadi bank umum dengan nama PT Bank Tabungan HS 1906 dan berubah menjadi Bank Saudara setelah ditetapkan sebagai perusahaan terbuka pada tahun 2006.

Terakhir yaitu pada tepatnya pada tahun 2008, bank ini akhirnya memperoleh izin sebagai bank devisa.

Baca juga: Bank Woori Saudara

2. Bank Woori

Jika Himpoenan Saudara berdiri pada tahun 1906, Bank Woori baru berdiri pada tahun 1995 dengan nama PT Bank Korea Commercial Surya atau kemudian disingkat menjadi BKCS.

Setelah beberapa tahun berdiri, kemudian pada tahun 2000 PT BKCS merger dengan PT Hanil Tamara Bank. Setelah itu, BKCS berganti nama menjadi PT Bank Hanvil Indonesia.

Tidak lama setelah itu, bank satu ini kembali berganti nama menjadi PT Bank Woori Indonesia pada tahun 2005 silam. Nama ini menjadi nama yang mereka gunakan hingga sekarang meski masih harus melewati beberapa proses lagi.

3. Proses Merger

Anda pasti bingung, sebelumnya dikatakan bahwa Himpoenan Saudara merupakan cikal bakal dari berdirinya bank BWS di Indonesia. Tapi dari dua poin di atas, seperti yang Anda lihat bahwa Himpoenan Saudara dan bank Woori tidak ada hubungannya sama sekali.

Hal tersebut terjadi karena ternyata bank Woori Indonesia baru bergabung atau melakukan merger dengan PT Bank Himpunan Saudara 1906 pada tahun 2014 lalu.

Penggabungan dua perusahaan itu baru efektif pada tanggal 30 Desember 2014, sehingga PT Bank Himpunan Saudara 1906 berganti nama menjadi PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906.

Baca juga: Kode Bank BWS

Bank BWS Adalah Bank Swasta Nasional

Saat ini, di Indonesia memang cukup banyak bank dengan nama-nama yang berbeda. Bukan namanya saja, tapi ternyata bank juga dibagi ke dalam dua bagian yaitu bank pemerintah dan bank swasta.

Jika bank pemerintah merupakan bank yang dikelola oleh pemerintah (BUMN), maka bank swasta merupakan bank yang dikelola oleh perusahaan swasta atau perorangan.

Bank swasta juga tentu tidak sedikit jumlahnya. Bank BWS juga menjadi salah satunya. Bank BWS yaitu bank swasta yang merupakan anak dari Woori Bank. Woori Bank Indonesia sendiri berkantor pusat di Jakarta.

Saham bank BWS sebagian besar dimiliki oleh Woori Bank Korea, salah satu bank terbesar di Korea Selatan. Sebagian saham lainnya dikelola oleh PT Bank Himpunan Saudara 1906.

Pada tahun 2021 lalu, bank BWS telah berhasil mendirikan 29 kantor cabang serta 121 kantor cabang pembantu. Bukan itu saja, bank satu ini juga telah memiliki 24 kantor cabang pembantu bergerak serta ada 132 unit ATM yang tersebar di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Sumatera.

Kinerja dan Pencapaian Bank BWS

Sejak berdiri, BWS telah melakukan berbagai kinerja dengan baik sebagai bank swasta. Misalnya hingga September tahun 2020 lalu, bank BWS telah berhasil menyalurkan kredit hingga mencapai Rp 29,81 triliun. Angka tersebut ternyata lebih besar 13,33% dari tahun sebelumnya yaitu Rp 26,3%.

Pada tahun yang sama, bank BWS telah mengalami kenaikan aset sebanyak 0,88% dan menjadi Rp 39,41 triliun. Bukan itu saja, pendapatan bunga mereka juga meningkat di tahun 2020 hingga mencapai angka Rp 1,81 triliun.

Berkat kinerjanya sebagai bank cukup mumpuni, bank BWS berhasil membawa pulang berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan yang bank BWS terima yaitu peringkat satu dari Anugerah Perbankan Indonesia tahun 2015.

Bank BWS meraih penghargaan tersebut dari kategori Bank BUKU II Aset sebesar Rp 10 triliun sampai Rp 25 triliun ke atas. Penghargaan tersebut digelar oleh Majalah Economic Review bersama Perbanas Institute.

Baca juga: Kantor Bank Mayora Terdekat

Apakah Bank BWS Aman?

Bank menjadi perusahaan yang erat kaitannya dengan keuangan masyarakat. Jadi, tidak heran jika Anda bertanya-tanya apakah bank BWS sudah terjamin keamanannya.

Jawabannya, bank BWS adalah bank resmi yang pastinya aman untuk Anda gunakan. Bank ini telah beroperasi cukup lama dan sudah mengantongi izin usaha. Jadi, Anda tidak perlu khawatir transaksi Anda tidak aman di bank ini.

Terlebih, baru-baru ini, BWS meluncurkan WON by BWS melalui aplikasi mobile banking mereka. Layanan ini bisa membantu Anda membuka rekening bank BWS secara online yang tentunya akan membuat siapapun merasa lebih praktis dan mudah.

Tujuan dari peluncuran WON by BWS ini yaitu untuk menjaga rasa nyaman dan aman yang berbeda dari setiap nasabahnya. Jadi memang betul, bank BWS adalah bank yang sudah resmi dan pastinya aman untuk bertransaksi.

Tidak ada komentar