BRI Perbankan

7 Cara Mengecek Nomor Rekening BRI, Penting untuk Transaksi!

Desember 22, 2023
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
7 Cara Mengecek Nomor Rekening BRI, Penting untuk Transaksi!

Cara mengecek nomor rekening BRI perlu Anda ketahui. Apalagi, semua transaksi BRI membutuhkan nomor rekening. Misalnya, saat hendak melakukan transfer.

Layaknya bank lain, BRI juga tidak menampilkan nomor rekening pada kartu ATM. Maka dari itu, Anda membutuhkan cara lain untuk melihatnya. Salah satu caranya adalah melalui buku tabungan. Namun, ada cara praktis yang bisa Anda lihat pada artikel ini.

Mengenal Nomor Rekening

Berdasarkan KBBI, nomor rekening memiliki definisi nomor yang dipakai untuk memasukkan atau menarik uang di bank. Namun, definisi ini sebenarnya bisa meluas lagi. Nomor rekening merupakan nomor penting yang berguna dalam semua aktivitas keuangan bank. 

Setiap nasabah memiliki nomor rekening yang berbeda dan memiliki kode unik. Ketika membuka akun bank, Anda akan mendapat nomor rekening beserta buku tabungannya. Apa saja fungsi nomor rekening?

  • Menjadi media atau alat transaksi perbankan
  • Mengirim uang kepada orang lain
  • Bisa menerima dan menyimpan uang
  • Menjadi syarat pengajuan kredit
  • Sebagai syarat pengajuan program lainnya
  • Merupakan alat pembayaran

Cara Mengecek Nomor Rekening BRI

BRI merupakan bank besar milik pemerintah. Bank ini menjadi lembaga keuangan dengan kegiatan utama menghimpun, menyalurkan, dan memberikan pelayanan produk terkait dana masyarakat.

Untuk menjalankan visi tersebut, salah satu misi BRI adalah memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat. Pelayanan ini tidak terbatas pada kegiatan transaksi saja, melainkan juga kemudahan dalam pengecekan nomor rekening. Berikut beberapa cara cek nomor rekening Bank BRI.

Baca juga: Cara Ganti PIN ATM BRI

1. Melalui Mesin ATM

BRI menjadi bank pemerintah dengan skala cakupan yang sangat besar. Maka dari itu, tak heran jika gerai atau mesin ATM BRI ada dimana-mana.

Bila memiliki cukup banyak waktu untuk ke luar rumah, maka Anda bisa cek nomor rekening melalui mesin ATM. Carilah mesin ATM BRI terdekat, biasanya ada di minimarket atau supermarket. Kemudian, ikuti sejumlah langkah ini.

  • Pertama, masukkan kartu ATM ke mesin
  • Kemudian, pilih bahasa Indonesia supaya memudahkan Anda
  • Masukkan pin ATM, lalu pilih Transaksi Lain
  • Anda bisa menekan menu Mutasi Rekening
  • Tunggu beberapa saat sampai struk transaksi keluar
  • Anda akan menemukan informasi terkait nomor rekening di layar mesin ATM. Pastikan tidak sembarang orang melihatnya karena cukup beresiko
  • Catat nomor rekening yang muncul, lalu tekan Cancel agar kartu keluar
  • Jangan meninggalkan mesin ATM tanpa mengambil kartu Anda

2. Menggunakan SMS Banking

Sesuai namanya, SMS banking merupakan layanan perbankan secara online yang memanfaatkan fitur bawaan ponsel, yakni SMS. Pada layanan ini, nasabah dapat menggunakan aneka fitur. Misalnya, melihat informasi saldo, mutasi rekening, nomor rekening, bahkan tagihan kartu kredit.

Bukan hanya itu, SMS banking juga melayani aneka transaksi, seperti transfer uang, pembayaran pajak, internet, asuransi, air, dan lainnya. Tentu ini bisa Anda akses kapanpun selama memiliki pulsa.

Untuk melihat nomor rekening menggunakan SMS banking BRI, Anda bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah ini.

  • Pertama, buka menu SMS di ponsel
  • Kemudian, ketikkan SALDO + pin ATM Anda dan kirim ke 3300. Pastikan Anda memiliki cukup pulsa untuk melakukan aktivitas ini
  • Tunggu beberapa saat sampai ada SMS balasan berisi jumlah saldo dan nomor rekeningnya

3. Lewat Internet Banking

Cara mengecek nomor rekening BRI selanjutnya praktis karena menggunakan internet banking. Sesuai namanya, internet banking merupakan layanan perbankan online yang bisa diakses selama Anda memiliki jaringan internet.

Jangan khawatir, caranya terbilang praktis. Anda bisa mengikuti beberapa langkah ini.

  • Pertama, akses halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  • Kemudian, masukkan user ID beserta passwordnya. Lakukan validasi agar bisa masuk ke akun
  • Pada menu utama, pilih informasi rekening
  • Anda bisa menunggu beberapa saat sampai nomor rekening 15 digit muncul di layar

4. Menggunakan Aplikasi BRImo

Seiring berjalannya waktu, perbankan sudah mulai mengandalkan teknologi untuk berbagai kegiatan. Kini, segala transaksi menjadi lebih praktis berkat kehadiran aplikasi BRI Mobile atau BRImo.

Aplikasi ini sangat mudah penggunaannya. Selain itu, tampilannya juga sederhana. Untuk melihat nomor rekening menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut.

  • Pertama, buka aplikasi BRImo, kemudian login. Ada dua cara login, yaitu secara manual melalui username dan password atau secara otomatis lewat fingerprint
  • Anda bisa memilih opsi Rekening Lain di menu utama
  • Kemudian, akan ada informasi seputar nomor rekening BRI di layar
  • Anda bisa melihat nomor rekening yang terdiri dari 15 digit beserta jumlah saldonya

5. Melalui Struk Bukti Transfer

Cara mengecek nomor rekening BRI selanjutnya sangat mudah. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah menggunakan bank untuk transaksi. Saat melakukan transaksi, sebaiknya foto atau simpan struk bukti transfernya.

Anda bisa menemukan nomor rekening pada sttun tersebut. Biasanya, struk berisi detail transaksi, termasuk tanggal, lokasi transaksi, dan nomor rekening Anda.

6. Mengunjungi Kantor Cabang Bank BRI

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi kantor cabang terdekat. BRI sendiri memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketika datang, ambil nomor antrian terlebih dahulu. Kemudian, tanyakan langsung nomor rekening Anda kepada petugas customer service. Untuk melakukan cara ini, Anda perlu membawa kartu identitas yang masih berlaku.

7. Melalui Call Center BRI

Cara mengecek nomor rekening BRI ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke kantor cabang. Anda bisa langsung menghubungi call center BRI melalui berbagai platform.

BRI memiliki kontak email, WhatsApp, hingga FB Messenger. Untuk call centernya, bisa menghubungi 14017/1500017. Sementara, emailnya adalah callbri@bri.co.id.

Jika ingin menghubungi via FB Messenger, bisa mencari BANK BRI. Terakhir, bisa hubungi lewat WhatsApp di nomor 08121214017.

Baca juga: Bank BRI Tutup Jam Berapa?

Berapa Jumlah Nomor Rekening BRI?

Setiap bank tentu saja memiliki aturan nomor rekening yang berbeda. Ini merupakan angka unik yang hanya menjadi milik satu nasabah saja. Jadi, tidak mungkin dalam suatu bank nomor rekening antar nasabahnya sama.

BRI sendiri memiliki dua layanan berbeda, yakni BRI biasa dan BRI Syariah. BRI biasa berfokus pada pelayanan nasabah secara menyeluruh tanpa memperhatikan faktor lainnya. Sementara, BRI Syariah memberikan pelayanan nasabah sesuai hukum Islam atau berdasarkan standar syariah.

Untuk nomor rekening Bank BRI biasa, terdiri dari 15 digit angka. Sedangkan, BRI Syariah memiliki nomor rekening dengan 10 digit angka.

Tips Menyimpan Nomor Rekening BRI

Nomor rekening memang sangat penting untuk Anda ketahui. Maka dari itu, Anda harus mengingatnya atau menyimpannya dengan benar. Seperti yang Anda ketahui, nomor rekening memang tidak muncul pada kartu ATM.

Untuk menyimpannya, Anda bisa mengikuti sejumlah tips berikut.

  • Catat nomor rekening pada kertas, kemudian lipat yang rapi dan simpan di dompet
  • Foto nomor rekening BRI saat pihak teller memberitahu Anda nomor rekeningnya
  • Minta teller untuk mencatat nomor rekening dan menempelnya pada bagian belakang kartu ATM
  • Simpan nomor rekening menggunakan notes ponsel

Cara mengecek nomor rekening BRI ternyata ada banyak dan mudah Anda lakukan. Mengingat betapa pentingnya fungsi nomor rekening BRI, nasabah harus menyimpan nomor rekening dengan baik. Bisa menggunakan sejumlah tips di atas agar tidak lupa.

Tidak ada komentar