BRI Perbankan

2 Cara Ganti PIN ATM BRI dengan Mudah, Bisa Tanpa ke Bank!

Februari 13, 2024
0 Komentar
Beranda
BRI
Perbankan
2 Cara Ganti PIN ATM BRI dengan Mudah, Bisa Tanpa ke Bank!

Apakah Anda nasabah BRI? Tahukah Anda pihak BRI sendiri menyarankan penggantian PIN ATM secara berkala. Apakah Anda tahu cara ganti PIN ATM BRI? Jika belum artikel ini cocok untuk Anda yang ingin tahu cara ganti PIN ATM paling tepat, terperinci dan mudah. 

PIN ATM merupakan enam digit angka yang digunakan nasabah bank sebagai kunci keamanan data dan dana. Tiap orang yang memiliki ATM harus menjaga kerahasiaan PIN ATM. Mengganti PIN menjadi salah satu bentuk kewaspadaan terhadap kejahatan pembobolan data dan dana nasabah. 

Cara Ganti PIN ATM BRI

Jika Anda hendak mengganti PIN, berikut dua cara yang bisa Anda coba. Mengganti langsung di mesin ATM. Namun, jika tidak bisa mengurus sendiri lewat ATM maka Anda bisa mengurus perubahan PIN dengan datang ke Bank. 

Pergantian PIN juga tidak bisa dilakukan di ATM, tetapi harus di bank apabila kartu ATM Anda telah terblokir. Terkadang orang lupa PIN kemudian mencoba hingga 3 kali sampai terblokir sehingga harus mengganti PIN. 

Cara Ganti PIN ATM Paling Mudah, Mengganti Tanpa ke Bank BRI

Anda bisa mengganti PIN ATM secara berkala tanpa harus datang ke bank. Caranya adalah dengan ganti di ATM. Cukup siapkan kartu ATM BRI, langkah-langkah menggantinya cukup mudah dan singkat, serta hampir sama dengan transaksi lainnya. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut. 

  • Masukkan kartu ATM dengan bagian chip menghadap ke atas dan masuk lebih dulu
  • Pilih bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris atau Indonesia
  • Masukkan PIN ATM BRI yang lama, apabila PIN salah klik tombol kuning, biasanya dengan tulisan Clear atau Correction
  • Ketika muncul menu-menu transaksi, Klik menu transaksi lain
  • Klik ubah PIN
  • Ketik enam digit PIN ATM BRI yang lama
  • Ketik enam digit PIN ATM BRI yang baru
  • Konfirmasi atau ketik lagi enam digit PIN ATM BRI yang baru
  • Jika berhasil mengganti PIN maka akan tertera tulisan pada layar ATM 'Transaksi Berhasil'
  • Ambil struk bukti transaksi
  • Klik tombol 'Tekan Jika Tidak' jika Anda mengganti PIN saja atau selesai bertransaksi. Klik tombol 'Tekan Jika Ya' jika Anda ingin melanjutkan transaksi, misal menarik uang, setor tunai, transfer, dan lain-lain. 
  • Jika Anda selesai bertransaksi, ambil kartu ATM yang keluar.

Cara Ganti PIN Jika Kartu Terblokir

Apakah bisa mengganti PIN ATM BRI yang terblokir tanpa ke bank? Tidak bisa, Anda perlu mengganti PIN di Bank dengan bantuan customer service. Tidak perlu datang ke BRI pusat, Anda bisa mengurus melalui BRI Cabang. Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan buku tabungan, kartu ATM, dan KTP
  • Datang ke bank, ambil nomor antrian customer service
  • Ikuti arahan customer service, seperti mengisi dan menandatangani formulir sesuai data KTP dan Buku tabungan, serta membuat dan konfirmasi PIN baru.

Anda perlu mengingat nomor PIN Anda yang baru. Pada proses pembukaan ATM BRI yang terblokir dan pembuatan PIN baru, Anda perlu membayar biaya administrasi sekitar 5000 rupiah. Biaya tersebut biasanya langsung dibayarkan melalui tabungan. Cara ini juga berlaku untuk Anda yang lupa PIN ATM.

Cara Ganti PIN ATM BRI Bisa lewat BRImo?

Aplikasi BRImo merupakan aplikasi resmi dari BRI, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti, info saldo, info mutasi, buka rekening, transfer, tarik tunai tanpa kartu atau cardless, Brizzi, dompet digital, membayar tagihan, dan lain sebagainya. 

BRImo juga memiliki username, password sebelum masuk aplikasi, & PIN BRImo. Lantas, apakah PIN tersebut sama dengan PIN ATM? Tidak sama. Memang bisa digit dan angka keduanya sama, namun sistem layanan keduanya berbeda. 

Memang ada fitur ubah PIN pada aplikasi BRImo. Namun, hal tersebut hanya mengubah PIN aplikasi BRImo, bukan PIN kartu ATM. Jadi, tidak bisa ganti PIN ATM BRI lewat HP BRImo secara online, cara utama tetap dengan cara pertama, yaitu melalui mesin ATM BRI.

Baca juga: Bank BRI Tutup Jam Berapa?

Kapan Harus Mengganti PIN?

Adakalanya terjadi sesuatu yang memaksa nasabah harus mengganti PIN ATM. Seperti perlu mengganti PIN telah kadaluarsa, lupa PIN, mengganti PIN ATM karena ATM hilang atau karena orang lain telah mengetahui PIN sehingga khawatir terjadi pembobolan dana. 

Sebenarnya, tidak ada masalah pun perlu mengganti PIN secara berkala. Ketika Anda melakukan transaksi di ATM BRI, seperti penarikan uang, penyetoran, atau transfer, biasanya ATM BRI menawarkan penggantian PIN ATM, Anda bisa mengganti saat itu juga atau menundanya. 

Namun, bagaimana jika PIN kadaluarsa? Ketika PIN kadaluarsa, maka otomatis transaksi tidak bisa dilakukan. Pada layar ATM akan tertera bahwa transaksi Anda gagal karena PIN kadaluarsa. Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa langsung memperbarui PIN saat itu juga menggunakan mesin ATM.

Tips Ketika Mengganti PIN ATM BRI

Bagi nasabah baru mungkin masih awam dengan hal-hal seputar ATM, termasuk cara mengganti PIN ATM BRI. Oleh karena itu, ada tips ketika mengganti PIN ATM BRI, pastikan Anda memilih cara yang tepat dan cepat. 

Tak jarang prosesnya menjadi tidak efisien, karena persiapan tidak lengkap, nasabah tidak membawa buku tabungan atau nasabah tidak membawa KTP asli pemilik ATM yang sebenarnya. Tak hanya itu, persiapan PIN baru yang tepat juga penting.

Baca juga: Cara Mengecek Saldo BRI

1. Pilih Cara Ganti PIN ATM BRI yang Tepat 

Jika hanya mengganti PIN ATM BRI saja secara berkala, Anda tidak perlu ke bank, cukup menggunakan mesin ATM. Sedangkan, jika mengganti PIN dalam keadaan ATM terblokir maka langsung saja ke cabang bank BRI terdekat.

Jangan lupa untuk membawa dokumen pendukung yang sama dengan kartu ATM. Percuma jika Anda mencoba lewat mesin ATM karena transaksi apapun, termasuk fitur ubah PIN tidak akan berhasil selama kartu masih terblokir. Jadi, buka blokir terlebih dahulu, kemudian Anda bisa ganti PIN.

Lantas, bagaimana jika terblokir tapi ingat PIN? Anda tetap harus buka blokir ATM dulu. Namun, tidak perlu datang ke bank. Anda bisa buka blokir melalui bantuan call center resmi BRI. Jika sudah terbuka, ganti PIN bisa Anda lakukan di mesin ATM. 

2. Siapkan PIN ATM BRI 

Hal penting yang perlu Anda siapkan adalah PIN ATM. Pastikan enam digit PIN tidak terdiri dari angka yang berurutan, contoh 456789. Hindari juga dengan PIN berdasarkan tanggal lahir, nomor rumah, RT, RW, karena itu mudah ditebak. Selain itu, jangan gunakan PIN berulang, contoh 345345 atau 111111. 

PIN berulang masih sering digunakan dan harus Anda hindari. Sulit membuat PIN baru? Agar lebih mudah diingat, Anda bisa mengganti satu atau dua angka terakhir saja. Namun, tetap memakai angka acak antara 0-9, tidak urut & berulang, serta tidak menggunakan tanggal lahir atau semacamnya.

Penting untuk ganti PIN ATM BRI secara berkala dengan enam digit baru yang sulit ditebak. Ada 2 cara ganti PIN ATM BRI, jika Anda ingat PIN lama dan kartu tidak terblokir maka cukup ganti di mesin ATM. Jika terblokir dan lupa PIN, bawa KTP, buku rekening, dan kartu ATM ke customer service bank.

Tidak ada komentar